Manfaat Pepaya (Carica Papaya L) Bagi Tubuh Kita

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pepaya yang dalam bahasa latin disebut Carica papaya L adalah tanaman buah yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Selatan bagian utara.

Tanaman yang kalau masak daging buahnya berwarna orange kemerahan, berbiji banyak, dan berasa manis ini kemudian menyebar hingga ke Indonesia. Banyak orang yang memandang sebelah mata pada buah yang satu ini. Padahal banyak dari bagian tanaman ini yang bisa dimanfaatkan, dari daun hingga buahnya. Pepaya adalah buah sehat yang kaya akan vitamin. 

Berdasarkan  uji klinis, pepaya mengandung banyak manfaat, diantaranya :
  1. Menjaga Ginjal Sehat. Selain buahnya, biji pepaya juga mengandung nutrisi penting untuk kesehatan. Biji pepaya mengandung flavonoid dan phinotic, sebuah zat aktif yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal.
  2. Mencegah Serangan Jantung dan Stroke. Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah pepaya dapat mencegah oksidasi kolesterol dan dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.
  3. Mengatasi Masalah Uban. Biji pepaya sangat ampuh untuk mengobati uban, caranya adalah biji buah pepaya dikeringkan, ditumbuk halus lalu dicampur dengan minyak kelapa. Gunakan campuran tersebut pada rambut sambut dipijat dengan merata, biarkan selama kurang lebih 2 jam. Kemudian bersihkan rambut dengan keramas. Gunakan ramuan ini secara rutin, maka uban di rambut akan hilang.
  4. Menghaluskan Kulit. Adanya kandungan enzim yang mirip alpha hydroxy acid (AHA) pada buah pepaya memungkinkan buah ini dapat mencerahkan dan membuat kulit jadi lebih halus. Anda dapat mengkombinasikan dengan menggunakannya sebagai masker. Cara penggunaannya : ambil 3 sendok makan daging buah pepaya yang sudah dihaluskan, lalu campurkan 2 sendok madu.  Oleskan pada wajah yang sudah dibersihakan dan hindari pada bagian mata dan bibir. Biarkan selama 10 menit, lalu basuh wajah dengan air hangat hingga bersih. Penggunaan buah pepaya sebagai masker wajah ini dapat dipakai secara rutin sekali atau dua kali dalam satu minggu. 
  5. Mempertajam Penglihatan. Jika anda memiliki masalah dengan kesehatan mata, sebaiknya rajin-rajinlah mengkonsumsi buah pepaya. Buah ini mengandung betakaroten yang dapat dikonversi menjadi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata anda.
  6. Mengatasi Gangguan Pencernaan. Buah pepaya mengandung enzim papain dan serat yang dapat membantu mengatasi masalah lambuang dan gangguan pencernaan, seperti susah buang air besar dan efektif untuk mencegah wasir. Penelitian juga membuktikan bahwa kandungan papain dalam buah kelapa dapat membunuh parasit yang mengganggu aktivitas pencernaan dalam usus.
  7. Mencegah Flu. Kandungan vitamin C pada buah pepaya dapat memperbaiki sistem imunitas tubuh dan mencegah serangan penyakit seperti batuk, pilek, hingga kanker.

Buah pepaya dapat dikonsumsi dengan berbagai macam cara, bisa dimakan langsung, dijus, dibuat minuman es buah, atau berbagai olahan lain. Sedangkan daun dari tanaman ini bisa dikonsumsi sebagai sayuran maupun sebagai bahan obat herbal (jamu).

Semoga bermanfaat...