Kursi Roda Dari Masa Ke Masa

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Kursi roda merupakan alat bantu yang paling vital  bagi kalangan tertentu, terutama para difabel serta lansia. Sejarah perkembangan kursi roda mulai tercatat dalam catatan sejarah sejak 6.000 tahun yang lalu. Cikal bakal dibuatnya kursi roda berasal dari Mediterania. Ide pembuatan kursi roda muncul saat didapati banyaknya korban perang yang mengalami cacat pada kakinya atau luka-luka lain yang mengakibatkannya tidak dapat bergerak dengan leluasa. 

Maka diciptakanlah kursi roda sebagai alat bantu  untuk para prajurit korban perang. Kemudian dalam perkembangan selanjutnya kursi roda tidak hanya digunakan untuk prajurit korban perang, melainkan banyak juga digunakan untuk orang-orang cacat (difabel) dan kalangan orang tua (lansia). 

Perkembangan kursi roda selanjutnya dari kursi roda ini adalah sebagai berikut :
  • Di China. Kursi roda di negeri China ini pertama kali muncul tahun 525 M, hal ini bisa dilihat pada lukisan tentang seorang guru besar yang duduk di kursi dengan dilengkapi roda yang terbuat dari kayu. Untuk ide dasarnya kursi roda di China diperkirakan sudah beredar di masyarakat China sejak tahun 1.300 SM. 
  • Di Spanyol, pada masa pemerintahan raja Philip II sekitar tahun 1595 sering disebut sebagai pertama kalinya ada kursi roda dengan fitur yang memberikan kenyamanan. Kursi roda mengalami inovasi baik bentuk maupun fungsinya. Raja Philip II menggunakan kursi roda yang dilengkapi dengan bantalan kepala serta penyangga kaki, sehingga dia bisa meluruskan kakinya untuk beristirahat. 
  • Tahun 1655 John Dawson seorang difabel asal Inggris mendesain kursi roda dengan sistem roda yang diputar dengan tangan seperti yang ada sekarang ini, serta menggunakan roda kayu dan roda besi pada ban karet. Memasuki abad ke-19, kursi roda dibuat secara besar-besaran untuk memenuhi permintaan, khususnya pasca perang dunia pertama.

Selanjutnya kursi roda mengalami transformasi dengan cepat, para pembuat kursi roda mulai menerapkan teknologi pada kursi roda yang dibuatnya.  Kursi roda bermesin pertama kali digunakan pada tahun 1916 yang dibuat di London Inggris. Inovasi selanjutnya didesain sedemikian rupa hingga pengguna merasa nyaman dan ringan. Adalah Henry Jennings, orang yang melihat bahwa kursi roda selama ini dirasa masih kurang efisien terutama ketika dibawa. Maka pada tahun 1932, Henry Jennings berhasil menciptakan kursi roda yang bisa dilipat seperti yang bisa dilihat sekarang ini.

Demikianlah, kursi roda semakin hari semakin berkembang dengan pesat, baik mengenai ukuran, bentuk, dan teknologi yang diterapkan pada kursi roda tersebut. Dengan adanya kursi roda ini sangat menolong orang-orang yang membutuhkan, mempermudah mereka dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari tanpa bergantung dengan orang lain.

Saat ini kursi roda dengan berbagai bentuk dan ukuran dapat dengan mudah diperoleh di toko-toko alat kesehatan dengan harga yang bervariasi.

Demikian penjelasan berkaitan dengan kursi roda dari masa ke masa.

Semoga bermanfaat.