Beberapa Khasiat Buah Naga (Hylocereus Undotus) Untuk Kesehatan Tubuh

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Seperti namanya, buah naga, buah ini memang terlihat garang. Tapi dari Hylocereus Undotus atau dikenal dengan nama buah naga ini banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh. Mesti belum pasti diketahui dari mana asalnya, buah naga telah berhasil disemaikan dan dibudidayakan di seluruh dunia termasuk Indonesia. 

Buah ini memiliki rasa sedikit manis atau agak hambar, tapi buah ini mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Manfaat buah naga telah dikenal hingga keseluruh penjuru dunia, diantaranya :
  • Buah naga merupakan sumber antioksidan yang baik, mencegah radikal bebas dan melindungi tubuh dari kanker dan penyakit kesehatan lainnya dari tubuh kita.
  • Buah naga mengandung vitamin C dengan kadar yang tinggi. Hal ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita.
  • Buah naga dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan menurunkan kadar kolesterol, dikarenakan buah ini dapat membantu menetralkan zat-zat beracun seperti logam berat yang ada dalam tubuh kita.
  • Buah naga banyak mengandung Vitamin B1 yang dapat membantu meningkatkan produksi energi dan juga metabolisme karbohidrat.
  • Buah naga juga mengandung Vitamin B2 yang dapat bertindak seperti multivitamin dan membantu memulihkan hilangnya nafsu makan.
  • Buah naga juga membantu menurunkan berat badan dan mengecilkan perut, apabila dikonsumsi secara teratur, selain tentunya juga harus diimbangi dengan olah raga yang teratur.
  • Buah naga juga merupakan sumber fosfor dan kalsium yang baik, sehingga dapat memperkuat tulang, dan membantu dalam pembentukan jaringan dan bentuk gigi yang sehat.

Buah naga biasanya dikonsumsi dalam bentuk buah segar sebagai penghilang dahaga, karena buah naga mengandung kadar air yang tinggi, sekitar 90 % dari berat buah.  Rasanya cukup manis karena mengandung kadar gula mencapai 13 - 18 briks. Buah naga juga dapat disajikan dalam bentuk jus, sari buah, selai, maupun beragam bentuk penyajian sesuai dengan selera anda. Bahkan sekarang ini sari buah naga dikemas dalam botol sebagai minuman kesehatan.

Berdasarkan uji klinis, ternyata tidak hanya daging buah naga saja yang menyimpan khasiat. Kulit buah nagapun juga bermanfaat. Untuk mendapatkan manfaat dari kulit buah naga ini, bisa dengan cara mengkonsumsi langsung ekstrak kulit buah naga, yang saat ini sudah banyak beredar di pasaran. Atau jika anda mau mengolahnya sendiri, kulit buah nada bisa dibuat teh yang siap diseduh setiap saat. Cara membuatnya cukup mudah, ambil kulit buah naga dan potong tipis-tipis. Setelah itu keringkan dibawah sinar matahari selama 1 hingga 2 hari, tergantung dengan cuaca saat penjemuran. Setelah cukup kering, kulit buah naga sudah bisa dikonsumsi dengan cara diseduh layaknya teh. Untuk mendapatkan khasiat yang optimal dari kulit buah naga, minum seduhan kulit buah naga ini dua kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum berangkat tidur. Khasiat kulit buah naga selain memelihara pembuluh darah, juga mereduksi kadar gula darah dan menghaluskan kulit.

Semoga bermanfaat...