Asam Askorbat, Penemuan Vitamin C

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Asam Askorbat atau lebih dikenal dengan Vitamin C, banyak terkandung di beberapa jenis sayuran dan buah-buahan, seperti jeruk, tomat, arbei, stroberi, asparagus, kol, kentang, dan lain-lain. Pada tahun 1937, Albert Szent Gyorgyi seorang ahli fisiologi dan kedokteran berhasil meraih penghargaan Nobel dalam bidang Fisiologi dan Kedokteran atas penemuannya yaitu Asam Askorbat atau Vitamin C. 

Dari beberapa penelitiannya Albert Szent Gyorgyi berhasil membuktikan bahwa Asam Askorbat atau vitamin C memiliki peran penting dalam menjaga dan memperkuat imunitas terhadap infeksi. Vitamin dan anti oksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas dan penting dalam menangkal berbagai penyakit.

Seiring dengan semakin berkembangnya dunia kedokteran, semakin banyak ahli yang melakukan penelitian terhadap fungsi dari Asam Askorbat atau vitamin C ini, dan hasilnya :
  • Untuk anak berusia antara 10 - 15 tahun yang mempunyai tingkat vitamin C dalam darah lebih tinggi ternyata menghasilkan tes IQ lebih baik daripada anak yang tingkat vitamin C dalam darahnya lebih rendah.
  • Vitamin C diperlukan untuk menjaga struktur kolagen, yaitu sejenis protein yang menghubungkan semua jaringan serabut, kulit, urat, tulang rawan, dan jaringan lain di tubuh manusia. Stuktur kolagen yang baik dapat menyembuhkan patah tulang, memar, pendarahan kecil dan luka ringan.
  • Vitamin C berperan penting dalam membantu penyerapan zat besi dan mempertajam kesadaran. Sebagai anti oksidan, vitamin C mampu menetralkan radikal bebas di seluruh tubuh, meningkatkan pembuangan feses dan mampu menangkal nitrit penyebab kanker.

Kekurangan vitamin C menyebabkan beberapa gangguan pada organ tubuh, diantaranya pecah-pecah di lidah scorbut, kulit kasar, gusi tidak sehat, pendarahan dibawah kulit (sekitar mata dan gusi), cepat lelah, otot lemah dan mudah depresi. Jadi untuk menjaga tubuh tetap sehat, mari kita konsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin C untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh kita.

Vitamin C selain dapat kita peroleh dari sayuran dan buah-buahan seperti tersebut di atas, sekarang Vitamin C juga dapat diperoleh dalam bentuk kemasan buatan pabrik, baik itu berbentuk kaplet, pil, atau minuman cair, yang dapat dibeli di apotek maupun toko-toko yang lain. Namun begitu, Vitamin C  yang sangat baik bagi tubuh kita tetaplah bersumber pada sayuran dan buah-buahan segar.

Demikian penjelasan berkaitan dengan asam askrobat, penemuan vitamin C.

Semoga bermanfaat.