Pengertian Riset Operasi (Management Research) dan Ciri-Ciri Riset Operasi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Untuk mencapai tujuan dari suatu organisasi atau perusahaan, fungsi-fungsi manajemen (yang meliputi : perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan) harus berjalan dengan efektif dan efisien.  Tidak hanya sebatas pada berjalannya dengan baik fungsi manajemen tersebut, suatu organisasi atau perusahaan dapat mencapai tujuannya apabila keputusan-keputusan yang diambil oleh jajaran manajemen sesuai dan mendukung jalannya kegiatan organisasi atau perusahaan.

abi-asmana.blogspot.comPengertian Riset Operasi. Untuk membuat suatu perencanaan yang baik serta membuat keputusan yang tepat, seorang manajer tidak dapat hanya menggantungkan pada intuisinya saja, tetapi ia memerlukan bantuan dari berbagai teknik dan peralatan kuantitatif. Berbagai teknik dan peralatan kuantitatif dalam pembuatan keputusan yang dikenal dengan "management science" atau "operations research (Riset Operasi)". Kedua istilah tersebut digunakan berganti-ganti dengan pengertian yang sama.
Apakah yang dimaksud dengan riset operasi ? Riset operasi adalah suatu cara untuk menggambarkan, memahami, dan memperkirakan atau meramal perilaku dari berbagai sistem yang kompleks dari kehidupan manusia dan peralatan. Riset operasi bertujuan  untuk menyediakan informasi yang akurat sebagai dasar pembuatan keputusan. Dalam riset operasi digunakan teknik-teknik ilmiah dan matematik untuk :
  1. Membangun model-model sebagai perkiraan adanya perubahan-perubahan dalam lingkungan.
  2. Memperkirakan hasil dari bermacam-macam kegiatan organisasi atau perusahaan.
  3. Mengevaluasi hasil-hasil tersebut. 

Atau dengan kata lain, riset operasi merupakan pendekatan riset dengan menggabungkan dan memadukan berbagai pengetahuan (teknik-teknik ilmiah) untuk mengembangkan model-model kuantitatif, yang menunjukkan perilaku variabel-variabel dalam setiap situasi.

Ciri-Ciri Riset Operasi. Untuk membuat suatu keputusan yang tepat, seorang manajer harus mengetahui dan memahami apa yang dimaksud dengan riset operasi tersebut. Ciri-ciri riset operasi yang harus diketahui oleh seorang manajer adalah sebagai berikut :
  1. Terpusat pada pembuatan keputusan. Hasil akhir riset operasi harus berupa informasi yang secara langsung membantu manajer mencapai suatu keputusan.
  2. Penggunaan metode ilmiah. Riset operasi mempergunakan pendekatan ilmiah untuk pemecahan masalah, yang meliputi perumusan masalah, pemahaman perilaku sistem masalah, dan pengembangan berbagai penyelesaian yang mungkin.
  3. Penggunaan model matematik. Suatu model adalah suatu penyajian dari kenyataan. Riset operasi menyederhanakan unsur-unsur masalah kompleks menjadi berbagai persamaan matematik, yang digunakan untuk menyusun suatu model. Unsur-unsur model diubah-ubah dan dimanipulasi dalam berbagai percobaan yang dibuat, serta hasil-hasilnya dilaporkan dengan anggapan akan terjadi dalam situasi nyata.
  4. Efektifitas ekonomis. Kegiatan yang disarankan oleh riset operasi harus memberi hasil keuangan yang lebih besar dibanding biayanya, dalam bentuk penghematan atau penghasilan.
  5. Bergantung pada komputer. Komputer biasanya diperlukan untuk memroses model, bila perhitungan yang harus dilakukan terlalu kompleks atau membosankan bagi manusia untuk menanganinya secara efisien.
  6. Pendekatan tim. Masalah-masalah yang dialamatkan kepada riset operasi sering terlalu kompleks bagi seorang untuk memecahkannya sendiri. Berbagai ketrampilan dan pengetahuan dari sejumlah spesialis berbagai disiplin ilmu diperlukan sebagai suatu tim.
  7. Orientasi sistem. Riset operasi memperhitungkan apa yang paling baik bagi organisasi secara keseluruhan. Proses riset operasi seringkali ditandai dengan kesulitan dalam menghadapi perbedaan kepentingan, tidak hanya antara bagian dan keseluruhan, tetapi juga di antara bagian-bagian sendiri.

Baca juga : Unsur-Unsur Yang Terlibat Dalam Proses Pemikiran Strategis

Dengan demikian, untuk menjalankan suatu organisasi atau perusahaan dalam kaitannya dengan pembuatan suatu keputusan, seorang manajer harus cukup mengetahui atau menguasai suatu riset operasi sehingga dapat memilih pendekatan yang tepat bagi organisasinya. Atau dapat juga dalam hal ini seorang manajer mengkomunikasikan kepada staf profesional yang akan membuat pilihan. Karena teknik-teknik riset operasi ini terus berkembang, maka seorang manajer harus mau belajar tentang ciri-cir dari riset operasi serta bagaimana cara menggunakannya.

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian riset operasi (management research) dan ciri-ciri riset operasi.

Semoga bermanfaat.