Terapi : Pengertian Terapi (Terapi Dalam Dunia Medis, Psikologis, Dan Pendidikan)

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengertian Terapi. Istilah terapi beasal dari bahasa Yunani, yang berarti perawatan atau pengobatan. Terapi dapat diartikan sebagai upaya pengembalian kesehatan dan fungsionalitas tubuh ke kondisi normal. Terapi juga dapat diartikan dengan usaha untuk memulihkan kondisi tubuh seseorang yang sakit. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, terapi diartikan dengan usaha untuk memulihkan kesehatan orang yang sedang sakit, pengobatan penyakit, dan perawatan penyakit. 

Terapi Dalam Dunia Medis. Dalam bidang medis, yang dimaksud dengan terapi adalah remediasi kesehatan yang biasanya mengikuti diagnosis. Sedangkan Mosby, mengartikan terapi sebagai suatu tindakan perawatan pemulihan atas penyakit atau cidera apapun yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi tubuh yang terganggu ke fungsi normalnya. Terapi dalam bidang medis biasanya melalui beberapa tahapan, seperti :
  • mempelajari gejala yang muncul.
  • melakukan diagnosis.
  • mengobati penyakit yang diderita.
  • melakukan perawatan hingga kondisi kesehatan pasien kembali seperti semula.

Dalam kaitannya dengan pemulihan kondisi seseorang, terapi dapat dibedakan menjadi dua bentuk, yaitu :
  • terapi abortive, yaitu suatu pengobatan yang dimaksudkan untuk menghentikan kondisi medis dari perkembangan lebih lanjut.
  • terapi supportive, yaitu suatu terapi yang diberikan untuk meningkatkan kenyamanan pasien. 

Di beberapa negara di dunia dikenal adanya suatu pengobatan alternatif, yaitu bentuk pelayanan pengobatan yang menggunakan cara, alat, atau bahan yang tidak termasuk dalam standar pengobatan kedokteran modern (pelayanan kedokteran standar) dan dipergunakan sebagai alternatif atau pelengkap pengobatan kedokteran modern tersebut. Dalam pengobatan alternatif tersebut dikenal adanya terapi alternatif. Terapi alternatif adalah semua jenis pengobatan yang tidak dianggap sebagai praktek standar kedokteran, atau dapat dikatakan bahwa terapi alternatif merupakan suatu jenis pengobatan konvensional dalam suatu budaya tertentu. Contoh dari terapi alternatif adalah homeopati, naturopati, pengobatan tradisional China, dan masih banyak lagi.

Terapi Dalam Dunia Psikologi. Dalam Kamus Lengkap Psikologi J.P. Chaplin, terapi diartikan dengan suatu perlakuan dan pengobatan yang ditujukan yang ditujukan pada penyembuhan suatu kondisi patologis (pengetahuan tentang penyakit atau gangguan). Dalam psikologi, terapi mengacu pada psikoterapi. Terdapat banyak metode atau jenis terapi dalam psikologi, diantaranya adalah :
  • Terapi Kognitif (Cognitive Therapy). Terapi kognitif melibatkan terapis yang bekerja sama dengan pasien untuk mengembangkan kemampuan mengidentifikasi dan mengganti pikiran dan kepercayaan yang menyimpang, serta mengubah perilaku yang berkaitan dengan hal tersebut, biasanya berfokus pada masa sekarang.
  • Terapi Perilaku (Behavioral Therapy). Terapi perilaku didasarkan pada cara berpikir seseorang, yaitu aspek kognitif dan atau cara seseorang berperilaku. Terapi ini mengidentifikasikan kemungkinan perubahan atau rekondisi pikiran atau tingkah laku manusia untuk mengatasi masalah yang spesifik. Terapi perilaku berpendapat bahwa perilaku seseorang dapat dipelajari atau juga tidak dipelajari. Tujuan dari terapi perilaku adalah untuk membantu individu mempelajari perilaku yang baru dan positif yang akan mengurangi masalah yang ada.
  • Terapi Perilaku Kognitif (Cognitive Behavioral Therap/CBT). Terapi perilaku kognitif mengkombinasikan dua pendekatan yang berbeda untuk memfokuskan diri pada solusi yang praktis. Terapi ini sangat aktif secara alami, sehingga selama dalam proses perawatan pasien diharapkan dapat memegang peranan aktif termasuk dalam hal menyelesaikan tugas-tugasnya di rumah.
  • Terapi Psikoanalisis (Psychoanalitic Therapy). Terapi psikoanalisis didasarkan pada teori psikososial Freud (teori psikoanalisis klasik Freud), yang menyatakan bahwa pikiran yang tidak sadar dapat mempengaruhi pikiran dan perilaku, dengan kecenderungan untuk melihat kepada pengalaman dari masa kecil dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi kehidupan seseorang atau berpotensi menyumbang pada masalah yang dihadapi saat ini. Terapi jenis ini memakan waktu yang sangat lama dan tergantung juga pada kedalaman eksplorasi dari masalah yang dialami pasien.
  • Terapi Psikodinamis (Psychodinamic Therapy). Terapi psikodinamis adalah suatu pendekatan yang dapat merangkul semua metode terapi analisis. Pendekatan Freud sangat dominan dalam terapi ini. Namun demikian, pendekatan dari teori Carl JUng, Alfred Adler, Otto Rank, dan Melanie Klein juga dikenal luas untuk pengembangan lebih lanjut dari konsep dan aplikasi terapi psikodinamis.
  • Terapi Humanistik (Humanistic Therapy). Fokus dari terapi humanistik adalah pada pengembangan diri, pertumbuhan dan tanggung jawab. Teri humanistik bertujuan untuk membantu individu agar dapat mengenali kekuatan dan kemampuan dirinya, meningkatkan kreativitas, dan pilihan pada saat sekarang.
  • Terapi Pasangan (Couples Therapy). Terapi pasangan adalah satu jenis terapi yang bertujuan untuk membantu komunikasi dan menjembatani perubahan yang terjadi dalam hubungan antar pasangan. Jenis terapi ini khusus ditujukan bagi orang-orang yang sedang menjalin hubungan. 

Selain dari berbagai macam terapi tersebut, dalam dunia psikologi masih banyak dikenal jenis terapi yang lain, seperti terapi gestalt, terapi seni, terapi gerakan menari, dan lain-lain.

Terapi Dalam Dunia Pendidikan. Dalam dunia pendidikan, terapi adalah suatu kaedah untuk membantu murid dalam merespon suatu aktivitas atau perlakuan. Konsep terapi dalam konteks pendidikan lebih menitik-beratkan pada individu yang berkebutuhan khusus dan mengalami masalah dalam pengembangan aspek kognitif, emosional, sosial, dan psikomotor mereka. Salah satu terapi yang dapat diterapkan di dunia pendidikan adalah terapi profilaksis atau terapi pencegahan, yaitu suatu pengobatan yang dimaksudkan untuk mencegah munculnya kondisi medis tertentu.

Demikian sekilas uraian tentang terapi. Semoga bermanfaat.