Pengertian Konsep (Anggitan), Karakteristik, Unsur-Unsur, Dan Fungsi Konsep (Anggitan)

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengertian Konsep. Istilah konsep berasal dari bahasa Latin, yaitu "conceptum" yang berarti sesuatu yang dipahami. Secara umum, konsep dapat diartikan sebagai suatu ide atau gambaran mental, yang dinyatakan dalam suatu kata atau simbol. Konsep merupakan bagian dari pengetahuan yang dibangun dari berbagai macam karakteristik. 

Selain itu, konsep juga dapat diartikan dengan :
  • serangkaian pernyataan yang saling berhubungan yang menjelaskan mengenai sekelompok kejadian atau peristiwa dan merupakan suatu dasar atau petunjuk di dalam melakukan suatu penelitian, di mana teori tersebut dapat memberikan gambaran secara sistematis dari suatu fenomena.
  • sekumpulan gagasan atau ide yang sempurna dan bermakna abstrak, entitas mental yang universal di mana mereka bisa diterapkan secara merata untuk setiap eksistensinya sehingga membawa suatu arti yang mewakili sejumlah obyek yang mempunyai ciri-ciri yang sama dan membentuk suatu kesatuan pengertian tentang suatu hal atau persoalan yang dirumuskan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, konsep diartikan dalam beberapa pengertian yaitu :
  1. rancangan atau buram surat dan sebagainya.
  2. ide atau pengertian yang diabstrakkan dari peristiwa konkret.
  3. gambaran mental dari obyek, proses, atau apapun yang ada di luar bahasa, yang digunakan oleh akal budi untuk memahami hal-hal lain.

Pengertian Konsep Menurut Pendapat Para Ahli. Selain pengertian tersebut di atas, pengertian konsep juga banyak dikemukakan oleh para ahli, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Aristoteles, berpendapat bahwa konsep adalah penyusun utama dalam pembentukan pengetahuan ilmiah dan filsafat pemikiran manusia.
  • Siswoyo, berpendapat bahwa konsep adalah teori sebagai seperangkat konsep dan definisi yang saling berhubungan yang mencerminkan suatu pandangan sistematik mengenai fenomena dengan menerangkan hubungan antar variabel, dengan tujuan untuk menerangkan dan meramalkan fenomena. 
  • Soedjadi, berpendapat bahwa konsep adalah ide abstrak yang dapat digunakan untuk mengadakan klasifikasi atau penggolongan yang pada umumnya dinyatakan dengan suatu istilah atau rangkaian kata (lambang bahasa).
  • Woodruf, berpendapat bahwa konsep adalah suatu gagasan atau ide yang relatif sempurna dan bermakna, suatu pengertian tentang suatu obyek, produk subyek yang berasal dari cara seseorang membuat pengertian terhadap obyek-obyek atau benda-benda melalui pengalamannya (setelah melakukan persepsi terhadap obyek/benda).

Karakteristik Konsep. Konsep mempunyai karakteristik tertentu yang membuatnya dapat dikenali. Karakteristik konsep yang juga merupakan ciri-ciri konsep adalah :
  • konsep memiliki sifat abstrak yang merupakan gambaran mental mengenai benda, kegiatan, dan peristiwa.
  • konsep merupakan kumpulan berbagai benda dengan karakteristik dan kualitas tertentu.
  • konsep bersifat personal, sehingga pemahaman seseorang tentang suatu hal dapat berbeda dengan pemahaman orang lain.
  • konsep dapat diketahui melalui proses belajar dan pengalaman seseorang.

Unsur-Unsur Konsep. Unsur-unsur konsep meliputi :
  • Nama. Konsep diwakili suatu kata tunggal yang merepresentasikan ide atau gagasan-gagasan. 
  • Contoh-Contoh Positif dan Negatif. Menganalisis dan membandingkan contoh-contoh positif dan contoh-contoh negatif beserta karakteristiknya. 
  • Karakteristik Pokok. Karakteristik menciptakan aturan dan menentukan suatu contoh termasuk dalam kategori konsep atau bukan konsep. 
  • Rentangan Karakteristik. Suatu konsep berhubungan dengan konsep-konsep lainnya dan mempunyai rentangan karakteristik yang membatasi konsep tersebut, yaitu : 1. superordinat, yaitu konsep yang dihubungkan dengan konsep lain yang lebih luas. 2. koordinat, yaitu konsep-konsep yang setara dan saling berkaitan satu dengan yang lain. 3. subordinat, yaitu sub kategori atau bagian kecil dari suatu konsep.
  • Kaidah. 


Fungsi Konsep. Secara umum, konsep memiliki fungsi untuk memberikan gambaran besar atau menjelaskan mengenai sesuatu. Fungsi konsep meliputi :
  • fungsi kognitif, maksudnya adalah kemampuan manusia untuk berpikir optimal sepanjang hidupnya. Dengan membuat konsep maka fungsi kognitif seseorang akan menjadi lebih baik.
  • fungsi evaluatif, maksudnya adalah dalam konsep terdapat proses evaluatif yaitu proses yang diakukan manusia dalam menentukan nilai suatu hal.
  • fungsi operasional, maksudnya adalah dalam proses pelaksanaan dibutuhkan suatu dasar yang kuat untuk melakukannya, Dengan adanya konsep maka proses operasional menjadi lebih efektif dan efisien.
  • fungsi komunikasi, maksudnya adalah di dalam konsep terdapat proses komunikasi, di mana terdapat penjelasan, gagasan, ide atas suatu benda atau peristiwa.

Pada prinsipnya, suatu konsep adalah elemen dari proposisi, seperti kata adalah elemen dari kalimat. Konsep adalah abstrak di mana mereka menghilangkan perbedaan dari segala sesuatu dalam eksistensi, memperlakukan seolah-olah mereka identik. Konsep adalah universal, di mana mereka bisa diterapkan secara merata untuk setiap ekstensinya.

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian konsep (anggitan), karakteristik, unsur-unsur, dan fungsi konsep (anggitan).

Semoga bermanfaat.