Pengertian Komunikasi Bisnis, Unsur, Fungsi, Dan Tujuan Komunikasi Bisnis

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Komunikasi bisnis dapat diartikan sebagai pertukaran gagasan, pendapat, informasi, dan instruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal. Istilah komunikasi bisnis tersebut merupakan perpaduan dari dua istilah, yaitu : 
  • komunikasi, yang berarti pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami, dan ;
  • bisnis, yang dalam arti sempit berarti dalam keadaan sibuk, atau dalam lingkup ekonomi, bisnis dapat diartikan sebagai segala aktivitas manusia yang dihubungkan dengan produksi atau memperoleh kekayaan melalui pembelian dan penjualan barang dan jasa. 

Bentuk Komunikasi Dalam Bisnis. Menurut Djoko Purwanto, terdapat dua bentuk dasar komunikasi yang biasa digunakan dalam dunia bisnis, yaitu :
  • Komunikasi Verbal. Suatu bentuk komunikasi yang biasa digunakan dalam dunia bisnis untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak lain baik secara tertulis maupun lisan. Komunikasi verbal mempunyai struktur yang teratur dan terorganisasi dengan baik, sehingga tujuan penyampaian pesan-pesan bisnis dapat tercapai dengan baik.
  • Komunikasi Non Verbal. Suatu bentuk yang paling mendasar dalam komunikasi. Dalam teori antropologi disebutkan bahwa sebelum manusia mengenal tulisan dan kata-kata, manusia menggunakan gerakan tubuh atau bahasa tubuh sebagai alat untuk berkomunikasi dengan manusia yang lain. Apa yang dilakukan manusia dengan gerakan tubuh atau bahasa tubuh tersebut merupakan komunikasi non verbal.  

sedangkan pola saluran komunikasi yang dilakukan dalam bisnis dapat berbentuk sebagai berikut :
  • saluran komunikasi formal. Dalam struktur organisasi garis, fungsional atau matriks, hal ini berhubungan dengan proses disampaikannya informasi dari manajer pada bawahan atau sebaliknya. Pola transformasi informasi dapat berupa dari atas ke bawah (top down atau downward communications), komunikasi dari bawah ke atas (bottom up atau upward communications), komunikasi horizontal (horizontal communications), dan komunikasi diagonal (diagonal communications). 
  • saluran komunikasi informasi. Dalam jaringan komunikasi informasi tidak melihat jenjang hirarki, jabatan, atau kedudukan. Komunikasi bisa dijalankan secara luas.

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli. Telah banyak ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang apa yang dimaksud dengan komunikasi bisnis, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Djoko Purwanto, menyebutkan bahwa komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal maupun non verbal, untuk mencapai tujuan tertentu.
  • Anwar Arifin, menyebutkan bahwa komunikasi bisnis adalah konsep yang memiliki banyak makna. Makna-makna tersebut dapat dibedakan dengan melihat komunikasi bisnis sebagai proses sosial, yang dalam hal ini komunikasi bisnis dipelajari dalam ilmu sosial. Pendekatan komunikasi bisnis banyak digunakan oleh para ahli ilmu sosial untuk mengetahui kaitan pesan dengan perilaku seseorang pada suatu kegiatan yang dilakukan oleh orang tertentu.
  • Philip Kolter, menyebutkan bahwa komunikasi bisnis adalah suatu kegiatan manusia yang ditujukan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
  • Katz, menyebutkan bahwa komunikasi bisnis adalah adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersial.
  • Persing, menyebutkan bahwa komunikasi bisnis adalah proses penyampaian arti melalui lambang-lambang yang meliputi keseluruhan unsur-unsur yang memiliki hubungan dengan proses penyampaian dan penerimaan pesan, baik dalam bentuk tulisan, lisan, maupun non verbal yang dilakukan di dalam suatu organisasi untuk membayar seseorang untuk memproduksi barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan.

Unsur-Unsur Komunikasi Bisnis. Terdapat enam unsur dalam komunikasi bisnis, yaitu :
  • Memiliki tujuan. Komunikasi bisnis memiliki tujuan tertentu yang harus dicapai dan ditetapkan sejalan dengan tujuan oerganisasi yang ingin dicapai.
  • Pertukaran. Komunikasi akan selalu melibatkan minimal dua orang, yaitu komunikator dan komunikan.
  • Gagasan, opini, dan informasi instruksi. Hal tersebut merupakan isi dari sebuah pesan dalam komunikasi, yang bentuknya beragam tergantung dari tujuan, situasi, maupun kondisinya.
  • Menggunakan saluran personal atau impersonal. Komunikasi selalu dilakukan melalui hubungan personal atau impersonal, baik bersifat tatap muka maupun melalui media komunikasi tertentu yang dapat menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
  • Menggunakan simbol. Simbol, kode, atau sinyak dalam komunikasi merupakan alat atau metode yang dapat dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
  • Pencapaian tujuan organisasi. Karakteristik yang membedakan suatu organisasi dengan lembaga formal adalah adanya tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.

Fungsi Komunikasi Bisnis. Terdapat empat fungsi utama komunikasi dalam bisnis, yaitu :
  • Fungsi Informasi. Informasi sangat penting  dan diperlukan oleh para manajer dan karyawan dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka secara efisien. Informasi tersebut juga dibutuhkan sebagai usaha organisasi dalam mencapai tujuan.
  • Fungsi Pengendalian (Regulatory). Komunikasi bisnis mempunyai fungsi mengatur dan mengendalikan organisasi, yaitu bisa dalam bentuk prosedur, perintah, peraturan, dan laporan.
  • Fungsi Persuasif. Komunikasi akan membuat lebih mudah dalam mengajak, mengikuti, atau melaksanakan ide, gagasan, atau tugas. Dengan persuasif akan membuat pihak lain mudah memahami segala sesuatunya.
  • Fungsi Integratif. Fungsi ini mempunyai fungsi menjadikan organisasi berjalan dengan utuh dan terpadu. Dalam integratif terdapat juga fungsi koordinasi dan penjadwalan kegiatan, menetapkan saluran informasi dan otorisasi, dan juga menarik dan melatih setiap karyawan.

Tujuan Komunikasi Bisnis. Terdapat beberapa tujuan dari komunikasi bisnis, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Memberi Informasi. Informasi yang dimaksud adalah hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas bisnis dengan berbagai pihak. Informasi yang disampaikan dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai media, oleh karena penyampaian informasi melalui media dapat menjadi faktor penentu keberhasilan informasi yang disebarkan (iklan).
  • Melakukan Persuasi. Persuasi adalah cara berkomunikasi yang digunakan untuk mempengaruhi dan meyakinkan orang lain. Persuasi ini sering dilakukan dalam aktivitas pemasaran suatu produk barang atau jasa agar orang lain terpengaruh untuk membeli produk tersebut. Persuasi juga digunakan dalam penegasan konfirmasi pesanan konsumen agar tidak terjadi kesalahan dalam pemesanan.
  • Melakukan Kolaborasi. Kolaborasi adalah suatu bentuk kerja sama, interaksi, atau kompromi antara pihak-pihak yang terlibat secara langsung  dan tidak langsung yang menerma akibat dan manfaat dari komunikasi bisnis. 
Menurut James J. Floyd, Jerry L. Winsor, dan B. Curtis, tujuan komunikasi bisnis adalah :
  • Menyelesaikan masalah dan membuat keputusan. 
  • Mengevaluasi perilaku. 

Sedangkan Soeganda Priyatna, menjelaskan bahwa penentuan tujuan bisnis masing-masing organisasi berhubungan dengan sistem nilai masyarakat tempat organisasi atau lembaga bisnis tersebut berjalan. Sedangkan tujuan dari komunikasi bisnis adalah :
  • memenuhi barang yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  • mendapatkan laba. 

Komunikasi bisnis sangat penting terutama dalam dunia wira usaha atau dunia bisnis.

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian komunikasi bisnis, unsur, fungsi, dan tujuan komunikasi bisnis.

Semoga bermanfaat.