Pengertian Perawat Dan Keperawatan, Serta Ilmu Keperawatan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Istilah perawat yang dalam bahasa Inggris disebut dengan 'nurse' berasal dari bahasa Latin yaitu 'Nutrix' yang berarti merawat atau memelihara. Perawat dahulu diartikan dalam pengertian yang sempit, yaitu orang yang mengasuh dan merawat orang lain yang mengalami masalah kesehatan

Seiring dengan perkembangan dan kebutuhan jaman, pengertian perawat semakin meluas. Sekarang pengertian perawat merujuk pada posisinya sebagai bagian dari tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional. Untuk menjadi seorang perawat yang profesional, seseorang diharuskan belajar tentang ilmu keperawatan dengan menempuh dan menyelesaikan jenjang  pendidikan minimal Diploma III atau Sarjana Strata 1, baik di dalam maupun di luar negeri, yang program pendidikannya sesuai dengan standar keperawatan yang diakui oleh pemerintah Indonesia.

Pengertian Perawat.  Perawat dapat diartikan sebagai tenaga profesional yang mempunyai kemampuan, tanggung jawab, dan kewenangan dalam melaksanakan dan memberikan perawatan kepada pasien yang mengalami masalah kesehatan. Sedangkan menurut Undang-Undang Nomor : 38 Tahun 2014 tentang Keperawatan, yang dimaksud dengan perawat adalah seseorang yang telah lulus pendidikan tinggi keperawatan, baik di dalam maupun di luar negeri, yang diakui oleh pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selain pengertian tersebut diatas, para ahli juga mengemukakan pendapatnya tentang apa yang dimaksud dengan perawat, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Robert Priharjo.
Perawat adalah salah satu tenaga tim kesehatan yang mempunyai waktu paling lama dan dapat mengadakan kontak dengan pasien.

2. Ns. Asmadi.
Perawat adalah tenaga kesehatan yang paling sering dan paling lama berinteraksi dengan klien., sehingga perawat adalah pihak yang paling mengetahui perkembangan kondisi kesehatan klien secara menyeluruh dan bertanggung jawab atas klien. Perawat merupakan penolong utama klien dalam melaksanakan aktivitas penting guna memelihara dan memulihkan kesehatan klien atau mencapai kematian yang damai.

3. Achir Yani S. Hamid.
Perawat adalah orang pertama dan secara konsisten selama 24 jam sehari menjalin kontak dengan pasien, perawat sangat berperan dalam membantu memenuhi kebutuhan spiritual pasien.

4. Virginia Henderson.
Perawat adalah seseorang yang membantu individu baik yang sehat maupun yang sakit, dari lahir hingga meninggal agar dapat melaksanakan aktivitas sehari-hari secara mandiri, dengan menggunakan kekuatan, kemauan, atau pengetahuan yang dimiliki. 

5. Harlley.
Perawat adalah seseorang yang berperan dalam merawat dan memelihara, membantu dan melindungi seseorang karena sakit, injury, dan proses penuaan.

6. Taylor C. Lilis C. Lemone.
Perawat adalah seseorang yang berperan dalam merawat dan membantu seseorang dengan melindunginya dari sakit, luka, dan proses penuaan. 

7. George Pickett dan John J. Hanlon.
Perawat adalah profesional dan teknisi tingkat tinggi yang memberikan perawatan intensif bagi pasien yang sakit parah.

Selain itu, pengertian perawat juga dapat ditemukan di dalam :

1. Internasional Council of Nursing.
Perawat adalah seseorang yang telah menyelesaikan program pendidikan keperawatan, berwenang di negara yang bersangkutan untuk memberikan pelayanan dan bertanggung jawab dalam peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit serta pelayanan terhadap pasien. 

2. Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Perawat profesional adalah perawat yang bertanggung jawab dan berwenang memberikan pelayanan keperawatan  secara mandiri dan atau berkolaborasi dengan tenaga kesehatan lain sesuai sesuai dengan kewenangannya.

Selain istilah perawat profesional dikenal juga istilah perawat vokasional, yaitu seseorang yang telah lulus pendidikan Diploma III Keperawatan dan Sekolah Perawat Kesehatan yang terakreditasi dan diakui oleh pejabat yang berwenang.

Pengertian Keperawatan. Pada dasarnya, keperawatan merupakan tindakan atau aktivitas yang berkaitan dengan memelihara dan merawat seseorang yang dilakukan oleh seorang perawat. Menurut Undang-Undang Nomor : 38 tahun 2014 tentang Keperawatan, yang dimaksud dengan keperawatan adalah kegiatan pemberian asuhan kepada individu, keluarga, kelompok, atau masyarakat, baik dalam keadaan sakit maupun sehat. Sedangkan para ahli berpendapat bahwa yang dimaksud dengan keperawatan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Virginia Henderson.
Keperawatan adalah upaya membantu individu baik yang sehat maupun yang sakit untuk menggunakan kekuatan, keinginan dan pengetahuan yang dimilikinya sehingga individu tersebut mampu melaksanakan aktivitas sehari-hari, sembuh dari penyakit atau meninggal dunia dengan tenang. 

2. Florence Nightingale.
Keperawatan adalah suatu proses menempatkan pasien dalam kondisi paling baik untuk beraktivitas.

3. Martha Roger.
Keperawatan adalah pengetahuan yang ditujukan untuk mengurangi kecemasan terhadap pemeliharaan dan peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, perawatan dan rehabilitasi penderita sakit serta penyandang cacat.

4. Callista Roy.
Keperawatan adalah disiplin ilmu yang berorientasi kepada praktek keperawatan berdasarkan ilmu keperawatan, yang ditujukan untuk memberikan pelayanan kepada klien.

5. Dorothea Orem.
Keperawatan adalah proses aksi dan interaksi untuk membantu individu dari berbagai kelompok umur dalam memenuhi kebutuhannya dan menangani status kesehatan mereka pada saat tertentu dalam suatu siklus kehidupan. 

6. Imogene King.
Keperawatan adalah suatu profesi yang memberikan bantuan pada individu dan kelompok untuk mencapai, memelihara, dan mempertahankan derajat kesehatan dengan memperhatikan, memikirkan, menghubungkan, menentukan dan melakukan tindakan perawatan  sehingga individu atau kelompok berperilaku yang sesuai dengan kondisi keperawatan.

7. Betty Newman.
Keperawatan adalah suatu profesi yang unik dengan memperhatikan seluruh faktor-faktor yang mempengaruhi respon individu terhadap stres, tekanan intra, inter dan ekstra personal.

8. Abdellah Faye.
Keperawatan adalah seni ilmu dalam memberikan pelayanan kepada individu, keluarga, dan masyarakat.

9. Peplau.
Keperawatan adalah suatu hasil proses kerja sama manusia dengan manusia lainnya supaya menjadi sehat atau tetap sehat.

10. Jean Watson.
Keperawatan adalah filsafat dalam usaha merawat untuk memberi definisi hasil tindakan keperwatan dengan memperhatikan aspek humanistik dalam kehidupan.

11. Levine.
Keperawatan adalah bagian budaya yang direfleksikan dengan ide-ide dan nilai-nilai, di mana perawat memandang manusia itu sama, merupakan suatu rangkaian disiplin dalam menguasai organisasi atau kumpulan yang dimiliki individu dalam menjalin hubungan manusia sekitarnya.

Sedangkan dalam  Lokakarya Keperawatan, mengartikan keperawatan sebagai :
  • pelayanan profesional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan berdasarkan ilmu dan kiat keperawatan, berbentuk pelayanan bio-psiko-sosial-spiritual yang menyeluruh ditunjukkan kepada individu, kelompok dan masyarakat baik sehat maupun sakit yang mencakup seluruh proses kehidupan manusia.

Ilmu Keperawatan. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa untuk menjadi perawat, seseorang harus belajar dan menguasai ilmu keperawatan. Apa yang dimaksud dengan ilmu keperawatan itu ? Ilmu keperawatan adalah ilmu yang mempelajari segala hal tentang cara merawat seseorang. Sebagai suatu disiplin ilmu, keperawatan telah banyak menerapkan dan mempelajari :
  • ilmu-ilmu dasar seperti ilmu perilaku, sosial, fisika, biomedik, dan lain sebagainya. 
  • pengetahuan inti, yang menunjang praktek keperawatan yaitu fungsi tubuh manusia yang berkaitan dengan sehat dan sakityt serta pokok bahasan pemberian asuhan keperawatan secara langsung kepada pasien.

Ruang Lingkup Ilmu Keperawatan. Dari uraian tersebut dapatlah dikatakan bahwa ruang lingkup ilmu keperawatan adalah mencakup ilmu-ilmu dasar seperti ilmu alam, ilmu sosial, ilmu dasar keperawatan, ilmu kesehatan masyarakat, dan ilmu aplikatif seperti ilmu perilaku, ilmu biomedik, dan lain-lain.

Ilmu keperawatan menggunakan pendekatan dan metode penyelesaian  masalah secara ilmiah, yang ditujukan untuk mempertahankan, memelihara, menopang, dan meningkatkan integritas seluruh kebutuhan dasar manusia. Keperawatan disebut sains, karena melalui proses observasi, eksperimen, dan dapat dipertanggung-jawabkan keilmuannya dalam pelaksanaan praktek keperawatan itu sendiri.

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian perawatan dan keperawatan serta ilmu keperawatan.

Semoga bermanfaat.