Tiroid, Gejala Dan Pencegahannya

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Penyakit bisa kapan saja menyerang tubuh kita. Pola hidup sehat merupakan pilihan untuk mencegah bakteri atau virus penyakit masuk ke dalam tubuh kita. Pada saat kita merasakan tubuh tidak sehat, perasaan atau suasana hati yang tidak menentu, seringkali kita berpikiran kalau kita sedang stress. Apalagi jika ditambah kita merasa kehilangan energi, susah tidur, dan berat badan yang tidak terkendali. Kita jarang berpikir bahwa kemungkinan penyebabnya adalah tiroid.

sumber : detikHealth.com
Tiroid adalah kelenjar  yang terletak di bagian depan leher dan fungsi tiroid adalah untuk memproduksi hormon thyroxine, yang mengatur organ-organ seperti jantung, otak, liver, dan ginjal agar dapat bekerja dengan optimal. Sehingga akan ada lebih banyak gangguan pada tubuh kita jika hormon tiroid kita tidak seimbang. Apakah karena produksinya berlebihan yang disebut dengan hipertiroid, atau produksinya sangat kurang yang disebut dengan hipotiroid.

Secara statistik, gangguan fungsi tiroid memang lebih banyak terjadi pada wanita dibandingkan pada pria. Gangguan fungsi tiroid banyak terjadi pada wanita di usia subur. Gejala gangguan tiroid dapat berkaitan dalam dua hal, yaitu :
  • Berkaitan dengan fisik, seperti  kelelahan yang terus menerus, susah tidur, masalah berat badan. kurang darah (anemia), susah buang air besar, radang pada hidung yang kronis, perubahan pada kulit dan rambut, hingga badan terasa sangat panas atau dingin.
  • Berkaitan dengan psikis, seperti stres, gelisah, depresi, serta perubahan pada kondisi emosional. Hal ini karena salah satu fungsi dari kelenjar tiroid adalah sebagai pengatur metabolisme, sehingga membuatnya juga berperan dalam melindungi fungsi otak. Apabila terjadi gangguan tiroid, bisa jadi akan menyebabkan otak salah mengirimkan sinyal, menganggap bahwa tubuh sedang dalam bahaya dan karenanya memerintahkan tubuh untuk memproduksi antibodi, yang kemudian justru menyerang kelenjar tiroid sendiri.

Faktor penting untuk menyeimbangkan hormon tiroid terletak pada pengaturan pola makan yang sehat dan seimbang. Karena pilihan makanan sehari-hari maupun gaya hidup yang dijalani sangat mempengaruhi produksi pada kelenjar tiroid. Pola makan yang tepat bagi penderita gangguan tiroid mesti dibuat sesuai dengan sistem imun, karena gangguan ini banyak berkaitan dengan masalah auto imun.

Beberapa hal penting yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau mencegah gangguan tiroid adalah sebagai berikut :
  • Perbaiki pola makan. Makanan yang tinggi protein dan tinggi karbohidrat komplek sangat baik untuk pencegahan gangguan tiroid. Selain itu, pilih makanan yang rendah lemah dan hindari lemak jenuh. Penderita gangguan tiroid jenis hipotiroid hendaknya menghindari  makanan yang banyak mengandung lemak jenuh, karena jenis lemak ini akan langsung diolah menjadi cadangan lemak. Yang tidak kalah penting adalah hindari makanan yang mengandung gula sederhana atau makanan dengan indeks gliki\emik tinggi, serta biasakan tidak memasak makanan terlalu lama.
  • Konsumsi antioksidan. Antioksidan dapat membantu melindungi tiroid dari radikal bebas yang berbahaya, membersihkan tubuh dari racun, sekaligus menjaga kelenjar tiroid. Antioksidan dapat ditemui pada makanan yang banyak mengandung beta karoten, vitamin C, A, B2, B3, B6, E, serta selenium dan zink. Seperti pada gandum, sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan, daging, ikan, dan buah-buahan.
  • Konsumsi asam lemak esensial. Makanan atau minuman yang mengandung Omega 3 dan mega 6 dapat membantu menjaga kondisi tubuh sehingga terhindar dari gangguan tiroid.
  • Kelola stres dengan baik. Stres dapat membunuh kita lebih cepat daripada penyakit.Jadi kendalikan emosi dengan baik. Nikmati hidup dan selalu nikmati apa yang kita lakukan.
  • Berolah raga secara teratur. Olah raga rutin sangat membantu meredakan stres yang kita rasakan, karena dengan berolah raga secara rutin akan memperbaiki suasana hati serta mengatasi depresi maupun kecemasan yang berlebihan.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Pepatah tersebut sangat cocok diterapkan untuk masalah kesehatan. Jadi apabila anda mulai merasakan tubuh tidak sehat, rasa emosional yang tidak menentu, dan lain-lain sebagaimana disebutkan di atas, segeralah periksakan kesehatan anda ke dokter. Siapa tau, yang anda rasakan itu dikarenakan adanya gangguan pada kelenjar tiroid anda.

Demikian penjelasan berkaitan dengan tiroid, gejala dan pencegahannya.

Semoga bermanfaat.