Pengertian Dan Tujuan Penelitian

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Penelitian adalah suatu kegiatan sistematis dengan menggunakan metode ilmiah untuk memecahkan masalah dengan dukungan data sebagai landasan dalam mengambil suatu kesimpulan. Kegiatan atau proses sistematis merupakan kegiatan yang dilakukan dengan prosedur yang ditetapkan secara tertata. Prosedur yang dilakukan menggunakan urutan tertentu. Tertata atau tersistem berarti menunjukkan adanya adanya hubungan fungsional antar kegiatan yang dilakukan.

Penelitian merupakan kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah. Penelitian ilmiah merupakan kegiatan yang dilakukan secara sistematis, terkendali, empiris, dan didasari penalaran mengenai kesalingan antara gejala-gejala alam. 

Tujuan penelitian adalah untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji suatu teori. Teori merupakan seperangkat konsep yang saling berhubungan, rumusan-rumusan, dan preposisi yang menyajikan suatu pandangan yang sistematis suatu fenomena dengan menspesifikasikan hubungan-hubungan antar variabel dengan tujuan untuk menjelaskan dan memprediksi gejala. Suatu penelitian akan menghasilkan teori, sebaliknya teori dalam hubungannya dengan kegiatan penelitian dapat memberikan kerangka kerja bagi pelaksanaan penelitian. Teori dapat membantu dalam merumuskan masalah, pengajuan hipotesis, penyusunan kerangka, pengembangan instrumen, pengumpulan dan analisis data, serta membantu dalam menginterpretasi data.

Penelitian harus dilakukan secara sistematis. Penelitian harus menghasilkan pengetahuan yang  :
  • Valid, yaitu berhubungan dengan seberapa jauh hasil penelitian dapat diinterpretasi secara akurat dan seberapa jauh hasilnya dapat digeneralisasi dan diimplementasikan pada populasi dan situasi yang lain. terdapat dua macam validitas, yaitu validitas internal yang merupakan ketepatan pemahaman hasil penelitian, dan validitas eksternal yang merupakan penggeneralisasian hasil penelitian.
  • Reliabel, menunjukkan seberapa jauh tingkat konsistensi dan replikabilitas dari metode, kondisi, dan hasil penelitian. Reliabel terbagi menjadi dua macam , yaitu : reliabilitas internal yang menunjukkan seberapa jauh pengumpulan data, analisis dan pemahaman yang dilakukan penelitian konsisten, dan reliabilitas eksternal yang menunjukkan seberapa jauh peneliti lain yang independen dapat mengulang penelitian dan menunjukkan hasil yang sama dalam penyusunan atau pengaturan yang sama atau dengan kata lain peneliti lain dapat melakukan penelitian kembali dengan hasil yang sama.
  • Objektif, maksudnya adalah penelitian terbebas dari unsur-unsur subjektif. Suatu penelitian dikatakan objektif bila hasil penelitian tersebut dimaknai sama oleh beberapa peneliti. 

Penelitian merupakan langkah penting untuk memantapkan peneliti dalam kegiatan keilmuan sesuai dengan bidangnya. Untuk memperoleh hasil penelitian yang valid, reliabel, dan objektif seorang peneliti harus melengkapi dirinya dengan metodologi penelitian, penentuan strategi, dan teknik penelitian yang sesuai dengan bidang yang diteliti serta objek material penelitiannya.

Demikian penjelasan yang berkaitan dengan pengertian dan tujuan penelitian.

Semoga bermanfaat.