Manfaat Kalsium Bagi Tubuh Manusia

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Kalsium merupakan salah satu zat yang penting bagi tubuh manusia.  Banyak penelitian yang pernah dilakukan menyebutkan bahwa sekitar 99 persen kalsium dalam tubuh manusia ada pada tulang dan gigi. Kalsium sangat dibutuhkan dalam proses peremajaan tulang serta membentuk jaringan yang ada pada tulang dan gigi sehingga bisa terus tumbuh sampai pada usia tertentu. 

Demikian pentingnya fungsi kalsium bagi tubuh. Tapi apakah hanya tulang dan gigi saja yang membutuhkan kalsium ? Dalam jumlah yang besar jawabannya adalah iya, tapi dalam jumlah yang relatif lebih kecil, kalsium juga diperlukan oleh darah dan sel-sel berjaringan lunak dalam tubuh seperti otot dan syaraf.

Lantas pertanyaannya, apa akibatnya jika tubuh manusia kekurangan kalsium ? Yang pasti apabila tubuh kekurangan kalsium maka proses peremajaan tulang dan jaringan lunak dalam tubuh akan terhambat atau bahkan bisa jadi terhenti sama sekali. Untuk lebih detailnya, berikut akibat yang ditimbulkan apabila tubuh kekurangan kalsium :
  • Pertumbuhan tulang dan gigi terganggu. Kekurangan kalsium, terutama pada anak-anak, akan menyebabkan tidak normalnya pertumbuhan tulang dan gigi. Pertumbuhan tulang jadi tidak normal sehingga tinggi badan anak tidak bisa optimal. Sedangkan pada gigi akan mengakibatkan gigi mudah keropos dan berlubang.
  • Osteoporosis. Kalsium sangat berpengaruh terhadap kepadatan tulang. Jaringan tulang juga perlu beregenerasi, setiap sel yang rusak akan diganti dengan sel yang baru. Hal tersebut membutuhkan kalsium. Sehingga apabila kekurangan kalsium, proses regenerasi sel akan terhambat, sedangkan jumlah sel yang rusak akan terus bertambah. Hal inilah yang menyebabkan tulang menjadi keropos atau yang biasa disebut osteoporosis.
  • Kerja otak terganggu. Minimnya asupan kalsium pada tubuh akan menghambat proses penghantaran sinyal-sinyak ke sel-sel syaraf otak, akibatnya kinerja tubuhpun akan terganggu. Selain itu, kekurangan kalsium akan menyebabkan daya ingat menurun, sulit tidur, mudah terkejut dan merasakan rasa resah yang berkepanjangan.
  • Otot mengalami gangguan kontraksi. Kekurangan kalsium akan mengakibatkan pergerakan otot jadi tidak normal, sehingga memungkinkan timbulnya kejang otot dan nyeri pada otot. 
  • Metabolisme tubuh terganggu. Kekurangan kalsium dalam tubuh akan mengakibatkan produksi hormon calcitriol berlebihan, sehingga proses pemecahan lemak akan melambat. Kalsium berperan penting dalam memproduksi enzim, hormon pencernaan, serta mengatur metabolisme karbohidrat dan lemak. Selain itu kekurangan kalsium dalam tubuh juga mengakibatkan penyimpanan glikogen bermasalah. Seperti diketahui bahwa glikogen merupakan cadangan energi yang didapat dari karbohidrat. Sehingga apabila penyimpanan glikogen terganggu maka tubuh jadi rentan terserang penyakit gula.
  • Darah sulit membeku. Kalsium merupakan komponen penting dalam proses pembekuan darah, sehingga apabila kekurangan kalsium, darah akan susah membeku dan penyembuhan lukapun akan semakin lama. 

Berapa banyakkah kebutuhan kalsium yang diperlukan oleh tubuh ? Secara umum kebutuhan kalsium dalam tubuh antara 600 mg - 1.000 mg. Namun demikian kebutuhan kalsium dalam tubuh berbeda-beda antara orang yang satu dengan orang yang lain, tergantung dari ukuran badan dan usia seseorang. Biasanya untuk remaja yang baru tumbuh, ibu hamil, atau orang yang sudah lanjut usia membutuhkan asupan kalsium yang lebih besar.

Untuk mendapatkan dan memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh, bisa diperoleh dari berbagai macam sumber makanan, misalnya susu atau keju serta produk-produk olahannya. Secara alamiah susu sudah mengandung banyak kalsium. Minum susu dua gelas sehari sudah dapat mencukupi kebutuhan kalsium dalam tubuh. Jadi sebaiknya tidak perlu memilih susu yang diperkaya dengan tambahan kalsium. Sayur-sayuran berwarna hijau seperti brokoli, sawi, bayam, dan lain-lain juga merupakan sumber kalsium. Sayur-sayuran hijau rata-rata mengandung 150 mg - 300 mg kalsium per 100 gram. Buah-buahan seperti apel, pisang, atau pir mengandung 7 mg - 55 mg kalsium. Sumber kalsium yang lain dapat diperoleh dari hasil laut seperti udang, salmon, ikan teri, dan lainnya yang rata-rata mengandung 1.200 mg - 2.300 mg kalsium dalam setiap 100 gramnya. Sumber kalsium yang lain yang mudah diperoleh adalah tahu dan tempe, yang mengandung 125 mg kalsium per 100 gramnya. 

Meskipun kalsium sangat penting bagi tubuh manusia, tapi mengkonsumsi kalsium yang berlebihan sangat tidak dianjurkan. Kalsium yang berlebihan dalam tubuh akan membuat mineral lain terdesak sehingga tubuh akan kekurang mineral-mineral tersebut. Selain itu, kalsium yang berlebihan dalam tubuh juga akan membuat kerja ginjal menjadi terganggu dan tidak optimal, sehingga memungkinkan timbulnya endapan kalsium dalam ginjal. Satu hal lagi yang penting adalah kelebihan kalsium dalam tubuh akan membuat susah buang air besar.

Kalsium memang sebagian besar digunakan untuk tulang, hanya sekitar satu persen yang digunakan untuk darah dan jaringan lunak lainnya. Akan tetapi apabila kebutuhan yang hanya satu persen tersebut tidak terpenuhi, maka secara otomatis tubuh akan mengambilnya dari tulang guna mencukupi kebutuhan kalsium tersebut. Akibatnya, dalam jangka waktu lama kepadatan tulang akan semakin berkurang.

Semoga bermanfaat.