Cilacap Kota Sejarah

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Cilacap termasuk dalam wilayah Propinsi Jawa Tengah, di sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia, di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar yang masuk wilayah Propinsi Jawa Barat, di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Brebes dan Kabupaten Banyumas, dan di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Kebumen. Akses transportasi ke Cilacap tidaklah sulit, bisa ditempuh dengan perjalanan darat baik melalui jalur utara ataupun jalur selatan Pulau Jawa. 

Jika menyebut kota Cilacap, pastilah memori kita akan teringat pada Pulau Nusa Kambangan, tempat penjara narapidana kelas kakap di Indonesia. Tempat yang untuk sebagian orang terasa menyeramkan. Sebagian orang mungkin juga sudah tahu, kalau di kota Cilacap ini  banyak tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi, terutama tempat-tempat yang mempunyai nilai sejarah dalam perjuangan rakyat Indonesia dalam meraih kemerdekaan. 

Saat anda memutuskan untuk berwisata ke Cilacap, hal terpenting yang mesti diperhatikan untuk kenyamanan anda adalah masalah pakaian. Karena Cilacap termasuk panas, jadi bawalah pakaian yang mudah menyerap keringat. Apabila anda berniat berkunjung ke Cilacap atau kebetulan melewati kota Cilacap, jangan lewatkan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata berikut ini :

1. Pulau Nusa Kambangan.
Pulau Nusa Kambangan merupakan kawasan pantai selatan Cilacap, yang dipisahkan oleh Selat Segara Anakan. Meskipun pulau ini terkenal dengan tempat para narapidana kasus-kasus besar di Indonesia, tapi Nusa Kambangan juga menyimpan banyak tempat wisata yang menarik. Perjalanan ke pulai ini juga tidak sulit. Dengan penyeberangan selama 10 menit dari Pantai Teluk Penyu menggunakan perahu nelayan, anda bisa sampai ke Pulau Nusa Kambangan. Tempat wisata yang ditawarkan di pulau ini adalah wisata pantai. Pemandangan pantainya sangat indah. Dengan berjalan kaki, anda bisa berjalan menembus pepohonan hijau di pulau ini. Jalanan yang berliku dengan medan naik turun, akan membuat anda merasakan sensasi petualangan yang seru, ditambah lagi kesadaran anda bahwa di Pulau Nusa Kambangan ini merupakan tempat penjara narapidana kelas kakap di Indonesia. 

Di Pulau Nusa Kambangan ini terdapat beberapa Lembaga Pemasyarakan kelas I yang masih aktif, antara lain Lembaga Pemasyarakatan Permisan, Lembaga Pemasyarakatan Kembang Kuning, Lembaga Pemasyarakatan Batu, dan Lembaga Pemasyarakatan Besi. Di pulau ini juga, terdapat bekas benteng pertahanan Belanda, yaitu Benteng Karang Bolong. Pantai yang terkenal keindahannya di Pulau Nusa Kambangan adalah Pantai Karang Pandan.

2. Benteng Pendem.
Terletak 0,5 kilometer dari Pantai teluk Penyu, Benteng Pendem merupakan benteng peninggalan pemerintah Belanda saat menduduki Indonesia. Benteng ini dulunya digunakan oleh tentara Belanda sebagai tempat pertahanan dari serangan musuh yang berasal dari selatan Cilacap. Menurut beberapa literatur, Benteng Pendem dibangun secara bertahap sejak tahun 1861 sampai tahun 1879. Banguan yang berada di benteng ini dibuat terpisah-pisah, seperti barak prajurit, klinik, penjara, kantor, dan ruang amunisi. Dalam perjalanan waktu Benteng Pendem pernah beralih menjadi markas tentara Jepang pada saat Jepang menduduki Indonesia, dan seteah Indonesia merdeka, Benteng Pendem juga pernah dijadikan markas Tentara Nasional Indonesia dan digunakan untuk latihan oleh Pasukan RPKAD (sekarang KOPASSUS).

3. Benteng Karang Bolong.
Benteng Karang Bolong dibangun dengan luas 6.000 m2. Benteng ini terdiri dari tiga benteng utama, yang salah satunya berupa bangunan bertingkat tiga yang mempunyai ruangan luas, yang dilengkapi dengan beberapa meriam. Sisa-sisa kemegahan benteng ini dapat dilihat dari beberapa bangunan yang masih kokoh berdiri. Bangunan benteng yang seluruhnya terbuat dari batu bata ini, terdiri dari empat lantai, yaitu dua lantai berada di atas permukaan tanah dan dua lantai berada di bawah permukaan tanah. Kekokohan bangunan benteng inilah yang membuatnya difungsikan oleh tentara Belanda sebagai pertahanan untuk menangkal serangan musuh yang datang dari laut selatan Pulau Jawa. Oleh karena fungsinya tersebut, banyak orang menyebut juga benteng ini dengan sebutan Benteng Artileri.

4. Pantai Teluk Penyu.
Pantai Teluk Penyu sampai dengan saat ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Pantai ini membujur dari Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap hingga ke Pulau Nusa Kambangan. Di pantai ini para pengunjung dapat menikmati aktivitas bahari, seperti banana boat atau berenang. Di sepanjang pantai juga banyak rumah makan, anda bisa istitahat sambil menikmati masakan khas laut Cilacap.

5. Pantai Karang Pandan.
Pantai Karang Pandan berlokasi berdekatan dengan Benteng Karang Bolong. Pantai Karang Pandan memiliki pasir putih dengan pandangan luas Samudera Hindia. Hanya saja pengunjung mesti berhati-hati apabila ingin bermain air di pantai ini, karena ombaknya yang relatif besar dan banyaknya karang di pantai ini. Apabila anda ingin berkunjung ke Pantai Karang Pandan saat pantai ini ramai, berkunjunglah pada hari Kamis Wage atau sehari menjelang pelaksanaan Sedekah Laut atau dikenal juga dengan sebutan Larungan Sesaji. Masyarakat sekitar secara turun temurun  masih mempercayai Pantai Karang Pandan merupakan tempat yang keramat.

Karena Cilacap merupakan daerah pantai, maka oleh-oleh khas Cilacap yang banyak ditawarkan adalah oleh-oleh yang berbahan baku hasil laut. Mulai  dari  berbagai oleh jenis ikan yang diasinkan sampai kerupuk ikan. Jika anda berminat, anda bisa mendapatkannya di banyak tempat atau toko penjual oleh-oleh di Cilacap.

Satu hal yang mesti dijaga saat anda berkunjung ke benteng dan pantai, jangan mencoret dinding dan membuang sampah sembarang. Selalu menjaga kebersihan lingkungan untuk kepentingan bersama. Selamat berwisata..