Tetap Mesra Di Bulan Puasa

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Bulan suci Ramadhan tinggal hitungan hari. Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Dengan menjalankan ibadah puasa, kita tidak hanya berkesempatan menyehatkan tubuh dan menguatkan iman, tetapi bulan Ramadhan juga merupakan momen untuk mengakrabkan diri dengan pasangan dan keluarga kita. Bulan Ramadhan merupakan saat yang tepat untuk membuat anda dan pasangan serta keluarga menjadi semakin harmonis. 

Untuk menciptakan keharmonisan pasangan, tentunya dibutuhkan komunikasi yang selaras serta kesepakatan antara anda dan pasangan. Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, saat Allah memberikan pahala dan limpahan rejeki bagi umatnya. Oleh sebab itu, manfaatkan bulan Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya. Anda berserta pasangan dapat merencanakan hal-hal yang harus dilakukan dalam bulan Ramadhan. Perencanaan yang disusun menjelang bulan Ramadhan ini bisa juga diartikan sebagai doa. Bulan Ramadhan merupakan suatu peluang yang harus disyukuri, doa yang dipanjatkan isyaallah akan dikabulkan oleh Allah. Sebagaimana dalam hadits, Rasulullah menyampaikan, "Berkahkanlah bulan Rajab, Berkahkan bulan Syaban, dan sampaikan pada bulan Ramadhan."

Perencanaan keluarga dapat dilakukan dengan berdiskusi bersama pasangan anda. Kesapakatan yang dicapai tersebut, jadikan sebagai suatu doa pada bulan Ramadhan, selain tentu saja jangan putus untuk selalu berusaha. Insyaallah doa yang anda panjatkan dan didengar oleh-Nya. dengan memanfaatkan bulan Ramadhan sebagai bulan penuh keberkahan, niscaya satu per satu keinginan anda akan terkabul. 

Puasa juga menyangkut ibadah dan ritual yag harus dijalankan. Gunakanlah waktu menjalankan ibadah dan ritual  puasa sebagai sarana berkualitas untuk menjalankan komunikasi yang baik dan membangun keakraban antara anda dengan pasangan. Dengan kebersamaan dan komunikasi, maka kedekatan fisik dan kemesraan pun akan terwadahi.

Beberapa kegiatan ibadah dan ritual yang dapat mempererat hubungan anda dengan pasangan saat bulan Ramadhan adalah sebagai berikut :
  • Shalat Berjamaah. Sholat berjamaah dapat membuat anda dan pasangan semakin meneladani peranan masing-masing. Kekuatan berjamaah berada pada kerja sama harmonis antara imam, yaitu suami dan isteri sebagai makmum. Dengan demikian, terjalinlah kerja sama yang dibangun berdasarkan keteladanan.
  • Sahur dan Buka Puasa Bersama. Sahur dan buka puasa dapat menjadi ajang pertemuan untuk menjalin interaksi yang baik dengan pasangan. Dengan kegiatan ini, anda bisa saling mengobrol dan saling membantu sehingga ada kedekatan fisik dan kemesraan di meja makan. Manfaatkan momen ini untuk saling bekerja sama, misalnya menyiapkan makanan untuk berbuka atau sahur bersama.

Bagi pasangan suami isteri, bulan Ramadhan bukan hambatan untuk menjalin keintiman dan kemesraan antara anda dengan pasangan anda. Pasangan suami isteri tetap bisa bermesraan, hanya saja mesti tahu aturannya. Hubungan suami isteri tetap bisa dilakukan di bulan puasa, pilihlah waktu setelah berbuka puasa atau pada malam hari, karena itu tidak menyalahi apa yang telah ditentukan dalam agama.  

Jadi bulan Ramadhan bukanlah penghalang bagi anda untuk lebih dekat pada pasangan dan keluarga anda, justru di bulan Ramadhan merupakan momen yang tetap untuk lebih membangun suasana keharmonisan dan kemesraan antara anda dan pasangan berikut keluarga anda.

Semoga bermanfaat.