Jenis Dan Fungsi Kuas Kosmetik

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Kuas merupakan alat penting yang digunakan dalam mengaplikasikan make up pada wajah. Ragam teknik dan efek tata rias pada wajah juga menentukan banyaknya jenis kuas dengan fungsi yang berbeda. Agar tidak salah mengaplikasikan make up, kita mesti mengetahui jenis-jenis kuas yang tepat serta fungsi dan cara menggunakannya. 

1. Kuas Foundation.
Kuas ini digunakan untuk mengaplikasikan foundation atau alas bedak berbentuk cair (liquid), krim, maupun bubuk. Bulu pada kuas berbentuk lebar dan pipih dengan ujung yang meruncing. Fungsi kuas foundation adalah untuk menyatukan warna kulit dengan warna alas bedak dan membuat alas bedak menjadi rata dan tidak retak saat diaplikasikan. Gunakan kuas dengan cara menaruh sedikit alas bedak di punggung tangan. Lalu dengan kuas sapukan ke wajah dengan arah ke bawah.

2. Kuas Concealer.
Kuas ini bentuknya menyempit dengan ujung luar berbentuk persegi, serta bulu kuasnya pun kaku. Fungsi kuas concealer adalah untuk menyamarkan kantong mata serta vlek pada wajah. Untuk menyamarkan kantong mata, celupkan atau oleskan kuas pada consealer. Aplikasikan consealer setitik demi setitik dari sudut dalam mata ke arah luar lalu ke seputar kantong mata. Tekan-tekan dengan lembut menggunakan unjung-ujung jari agar membaur. Untuk menyamarkan vlek wajah atau jerawat, bubuhkan concealer pada bagian yang ingin disamarkan, lalu baurkan concealer dengan menggunakan kuas.

3. Kuas Bedak.
Kuas ini memiliki ukuran paling besar di antara kuas riasan lainnya. Bulu sikatnya tebal dan lembut. Fungsi kuas bedak adalah untuk meratakan bedak pada wajah agar berbaur dengan sempurna. Cara menggunakannya dengan menyapukan bedak pada kuas, lalu kibaskan pada telapak tangan untuk menghilangkan gumpalan bedak. Sapukan kuas pada seluruh wajah, khususnya di area wajah yang lebih berminyak. Kemudian sapukan kuas pada pipi dan di bawah mata.

4. Kuas Blush On.
Kuas blush on juga berukuran besar, namun dengan ketebalan bulu yang sedang. Fungsi kuas blush on adalah untuk menyapukan perona pipi pada tulang pipi hingga rahang. Sapukan kuas yang sudah dioleskan blush on pada bagian tengah tulang pipi mengarah ke atas atau ke ujung mata.

5. Berbagai Jenis Kuas Untuk Merias Mata.
Riasan pada mata sangat berperan penting dalan tata rias wajah. Banyak teknik yang digunakan untuk mendapatkan riasan mata indah. Teknik merias mata dapat dibantu dengan adanya berbagai jenis kuas khusus untuk mengaplikasikan perona. Dengan bantuan kuas, meriaspun lebih leluasa dan dapat menjangkau bagian sudut mata. Berikut macam-macam jenis kuas untuk kebutuhan merias mata :
  • Kuas Spons. Sering disebut juga dengan aplikator eye shadow. Kuas ini memiliki ujung dengan bahan spons dan digunakan untuk mengaplikasikan perona mata bubuk pada kelopak mata.
  • Kuas Perona Mata. Kuas ini memiliki ujung rata. Fungsi kuas perona mata adalah untuk membaurkan perona mata pada kelopak mata agar terlihat lebih lembut dan merata. Kuas ini juga serba guna karena bisa dipakai untuk mengaplikasikan eyeliner dan highlight (efek warna terang) serta menggambar alis.
  • Kuas Highlight. Kuas ini berukuran lebih besar dari kuas perona mata lainnya. Fungsi kuas highlight adalah untuk mengaplikasikan highlight pada tulang alis dan meratakanya.
  • Kuas Eyeliner. Kuas ini memiliki ujung yang keras dan runcing, serta cocok digunakan untuk mengaplikasikan eyelener bubuk dan gel. Ujung kuas yang runcing berfungsi seperti pensil yang dapat mempermudah pembentukan garis di dekat bulu mata.
  • Kuas Bulu Mata. Kuas ini memilikibulu dengan bentuk spiral serta ujung yang menyerong. Setelah dioleskan maskar, sikatlah bulu mata bagian atas dari arah bawah secara merata. Lakukan penyikatan helai perhelai. Pada bulu mata bagian bawah gunakan ujung sikat untuk menjangkau bulu mata bawah yang biasanya lebih pendek. Sapukan sikat dari arah akar ke ujung bulu mata.
  • Kuas Alis. Kuas ini memiliki bulu yang sedkit kasar dengan bentuk ujung yang menyerong. Kuas alis digunakan untuk membaurkan hasil sapuan dari pensil alis pada alis.

6. Kuas Bibir.
Kuas bibir memiliki ujung yang lancip dengan bulu yang pendek, tipis, dan lembut. Fungsi kuas bibir adalah untuk membuat bingkai bibir dan dapat membantu anda dengan mudah memulaskan lipstik atau lips gloss sehingga membuat garis bibir lebih rapi dan merata sampai sudut bibir.

Yang harus diperhatikan dalam memilih kuas kosmetik :
  • Oleskan kuas di pergelangan tangan. Rasakan apakah bulu kuas sudah cukup lembut dan nyaman saat terkena kulit.
  • Jentikan bulu luas pada telapak tangan. Kuas berkualitas baik bulunya tidak akan rontok saat dijentikkan.
  • Kuas yang bagus dan berkualitas memiliki bulu yang lebat, padat dan membulat. Selain itu, saat ditarik  tangkai atau batang kuas tidak rapuh dan terlepas. (majalah Sekar)

Demikian penjelasan berkaitan dengan jenis dan fungsi kuas kosmetik.

Semoga bermanfaat.