Beberapa Tanaman Pengusir Nyamuk

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Anda terganggu dengan nyamuk di rumah anda ? Anda tidak suka menggunakan obat serangga untuk mengusir nyamuk ? Jangan kuatir, anda bisa menggunakan tanaman yang bisa didapatkan di penjual tanaman untuk mengusir nyamuk di rumah anda. 

Selama ini, kita hanya mengenal tanaman lavender untuk mengusir nyamuk. Wangi khas dari lavender membuat nyamuk tidak betah berlama-lama berada di dekat tanaman ini. Selain dari lavender, ternyata masih ada beberapa tanaman lagi yang aromanya tidak disukai oleh nyamuk dan tanaman ini sangat ampuh mengusir nyamuk.

Beberapa jenis tanaman yang ampuh untuk mengusir nyamuk, adalah :

1. Zodia.
Zodia, tanaman yang mempunyai nama latin Evodia suaveolens, mudah ditemui di beberapa penjual tanaman. Berkembang biaknya pun tergolong mudah. Biji tanaman zodia yang jatuh ke tanah bisa langsung menjadi tanaman baru. Bau zodia bercampur antara asam, wangi daun jeruk, dan mint. Aromanya sangat menyengat hidung. Tanaman ini mengandung evodiamine dan rutaecarpine, suatu zat yang baunya tidak disukai nyamuk.
Tanaman zodia banyak terdapat di hutan Papua. Zodia sengaja ditanam oleh masyarakat Papua agar nyamuk-nyamuk hutan tidak menggigit masyarakat yang tengah melintas di hutan. Selain itu untuk terbebas dari gigitan nyamuk, masyarakat Papua memanfaatkan daun tanaman zodia, dengan cara meremas dan mengusapkannya ke kulit. Atau bisa juga dengan cara menggoyang-goyangkan daun zodia agar baunya tambah menyengat. Dijamin nyamuk tidak akan mendekat.
Cara menanam zodia :
  • Bibit zodia bisa dibeli di penjual tanaman hias dengan harga yang tergolong murah.
  • Siapkan media tanam berupa campuran tanah dengan pupuk kandang, dengan perbandingan 1 : 1, lalu masukkan ke dalam pot yang telah disiapkan.
  • Tanam bibit zodia ke dalam pot yang telah dimasukkan media tanam.
  • Jika ingin menanam zodia dari biji, langkah pertama semaikan terlebih dahulu biji di tanah selama dua minggu.
  • Setelah tanaman mulai tumbuh, pindahkan ke pot sesuai dengan cara di atas.
  • Siram tanaman sehari dua kali. 
  • Untuk perawatan, jemur tanaman zodia empat hari sekali di bawah sinar matahari.

2. Geranium.
Geranium, tanaman yang mempunyai nama latin Geranium homeanum, juga termasuk tanaman pengusir nyamuk. Tanaman ini mempunyai daun bergerigi, batang sedikit berbulu berwarna hijau ketika muda, dan berwarna coklat ketika tua. Tanaman geranium cukup mudah untuk dikembangkan, cukup patahkan satu batang lalu tanam ke tanah, pasti langsung tumbuh.
Cara menanam geranium dari bibit :
  • Siapkan bibit geranium, yang bisa didapatkan di penjual tanaman hias. Harga bibit tanaman geranium tergolong mahal.
  • Siapkan pot dan media tanam berupa tanah, sekam bakar, dan pupuk kandang, dengan perbandingan 1 : 1 : 1.
  • Pindahkan bibit ke dalam pot yang telah disediakan.
  • Untuk perawatan, geranium butuh perhatian khusus. Tanaman ini harus disemprot pupuk NPK sebulan sekali.
  • Siram tanam dua kali sehari. Setiap tiga hari sekali letakkan tanaman geranium di bawah sinar matahari.

Selain lavender dan kedua tanaman tersebut di atas, masih terdapat beberapa tanaman lainnya bisa digunakan untuk mengusir nyamuk, di antaranya adalah :

1. Rosemary.
Tanaman Rosemary mempunyai wangi khas seperti wangi minyak telon. Rosemary menjadi salah satu tanaman pengusir nyamuk favorit oleh sebagian masyarakat karena wanginya yang cukup bersahabat bila ditanam di rumah. Tanaman rosemary sangat bagus jika ditanam di bawah sinar matahari langsung.

2. Marigold.
Tanaman marigold merupakan sejenis tanaman matahari. Bunganya bulat dan mengembang dengan warna kuning menyala. Di Indonesia, marigold lebih dikenal dengan nama tanaman tahi ayam. Baunya yang menyengat dan menusuk hidung membuat nyamuk menjauh dari tanaman ini.

3. Kecombrang.
Tanaman kecombrang adalah jenis tanaman rempah yang bijinya sering dimanfaatkan untuk sayuran. Selain digunakan untuk keperluan memasak atau konsumsi, tanaman kecombrang juga ampuh untuk mengusir nyamuk.

4. Akar Wangi.
Tanaman akar wangi menyerupai ilalang yang tumbuh hingga mencapai 3 meter. Akar wangi  banyak dijumpai di hutan-hutan liar. Biasanya tanaman ini banyak membunuh nyamuk demam berdarah. daunnya panjang dan meninggi seperti serai. Yang unik dari tanaman ini, baunya yang khas membuat nyamuk demam berdarah mabuk ketika mencium aroma tanaman ini. Di beberapa negara, tanaman akar wangi ini digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat nyamuk semprot dan bakar.

Semoga bermanfaat.