Tanaman Pembawa Keberuntungan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Percaya atau tidak, sebagian orang beranggapan bahwa ada beberapa tanaman yang dianggap bisa membawa keberuntungan, ketentraman, dan kesejahteraan dalam hidupnya. Beberapa tanaman yang dimaksud tersebut adalah : 

  1. Bunga Teratai. Tanaman teratai melambangkan keindahan. Teratai tergolong jenis tanaman air dari suku Nymphaeaceae atau waterlily. Bunga teratai mempunyai bermacam-macam warna, seperti merah, putih, kuning, dan lain sebagainya. Dibalik keindahannya tersebut, bunga teratai diyakini mampu mendatangkan kesejahteraan, kebahagiaan, dan suasana harmonis dalam rumah tangga.
  2. Mawar. Bunga mawar selalu dijadikan simbol cinta dan romantisme, karena bentuk bunganya yang sangat indah. Bagi sebagian orang tanaman mawar diyakini bisa mendatangkan rejeki yang berlimpah bila tanaman ini ditanam di pekarangan rumah. Rejeki yang dimaksud tersebut, tidak hanya berhubungan dengan materi, tapi juga rejeki kebahagiaan dan keberuntungan.
  3. Kuping Gajah. Tanaman kuping gajah atau Anthurium crystallinum, mempunyai bentuk daun yang menyerupai kuping gajah, besar, lebar dan berbentuk hati. Tanaman kuping gajah dinyakini mampu mendatangkan rejeki. Orang yang menanam tanaman ini di rumahnya diyakini akan mendapat materi yang berlimpah.
  4. Bunga Matahari. Karena keindahannya bunga matahari sering ditanam di pekarangan rumah. Warnanya yang kuning terang dengan kelopak di sekeliling bunga membuat tanaman ini banyak diminati orang. Bagi sebagian orang bunga matahari diyakini bisa membawa keberuntungan. Jika tanaman ini di tanam di rumah, keluarga akan menjadi tenteram, bahagia, dan harmonis.
  5. Palem Ekor Tupai. Bentuk pohonnya yang tinggi menjulang hingga mampu membuat rumah teduh, bila tanaman ini ditaman berderet di depan rumah. Palem ekor tupai tergolong spesies Wodyetia bifurcata yang bagi sebagian orang diyakini mampu mendatangkan berkah dan kebijakan.
  6. Keladi Besar. Keladi termasuk dalam jenis tanaman Caladium atau suku talas-talasan yang berasal dari Brasil. Sebagian orang meyakini semakin besar keladi yang ditanam di halaman rumah, semakin besar pula rejekinya. Konon orang yang menanam keladi di halaman rumahnya akan dijauhkan dari pencurian. Maling akan malas masuk ke halaman rumah karena keladi seolah menutup pandangannya. 
  7. Pandan. Tanaman pandan merupakan keluarga tumbuhan monokotil dari jenis Pandanus. Pandan lebih dikenal sebagai tanaman dapur, karena daunnya seringkali dimanfaatkan untuk keperluan masak memasak. Bagi sebagian peternak ayam, pandan digunakan untuk melindungi ayam dari musang. Bentuk daunnya yang panjang dan berwarna hijau, dapat mengelabui musang dan mengira daun pandan tersebut adalah ekor induk ayam. Di sinilah letak keberuntungan dari tanaman pandan.
  8. Bunga Sedap Malam. Tanaman sedap malam atau Polianthes tuberose, berasal dari Mexico. Sedap malam dikenal sebagai tanaman abadi oleh suku Agavace di Afrika. Tanaman ini memang unik karena mempunyai wangi kompleks, mulai wangi manis sampai eksotis. Di beberapa negara, sedap malam digunakan untuk bahan membuat minyak wangi. Sebagian orang meyakini bahwa bunga sedap malam selain harum juga mampu memberikan ketenangan bagi pemiliknya. Ketenangan ini diakibatkan oleh wewangian yang dihasilkan oleh bunga sedap malam.
  9. Buah Naga. Tanaman ini tergolong keluarga kaktus. Buah naga atau biasa disebut dragon fruit mempunyai banyak khasiat, seperti mengobati kanker, penyakit jantung, dan memperlancar pencernaan. Batang tanaman buah naga memang tidak enak untuk dipandang, tapi tanaman ini dipercaya mampu mendatangkan keceriaan bagi yang menanamnya. 

Demikian itu beberapa jenis tanaman yang diyakini oleh sebagai orang dapat membawa keberuntungan. Percaya atau tidak, semuanya tergantung pada anda sendiri. (majalah Sekar)

Semoga bermanfaat.