Membesarkan Anak Sendiri, "Tanpa Ayah"

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Idealnya, setelah menikah pasangan suami istri dapat hidup dan tinggal dalam satu rumah. Apalagi setelah pasangan suami istri tersebut dikaruniai anak. Peran ayah dan ibu dalam tumbuh kembang anak sama-sama penting. Dengan tinggal serumah, tentu ada kedekatan fisik, yang sangat berpengaruh pada perkembangan anak. Seorang ayah dapat memberikan tauladan kepada anak-anaknya, soal ketegasan, ketangkasan, serta bagaimana peran seorang laki-laki dalam lingkungan sosial, dan tentunya juga bagaimana cara menghadapi permasalahan hidup secara logis dan praktis, sifat yang cenderung dimiliki oleh seorang laki-laki.

Biasanya seorang ibu cenderung protektif terhadap anak-anaknya, sedangkan seorang ayah lebih memberi kebebasan dan kesempatan bagi anak untuk mengeksplorasi banyak hal. Perbedaan karakter inilah yang membuat peran seorang ayah dalam mengasuh anak menjadi sangat penting.

Dewasa ini, tantangan dan kebutuhan hidup dalam berumah tangga sangat beragam. Terutama masalah ekonomi. Banyak ditemui dalam masyarakat, untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, seorang suami harus bekerja jauh dari keluarga. Mulai dari luar kota, bahkan hingga ke luar negeri. Dalam kondisi seperti itu, tentunya suami baru bisa pulang setiap minggu sekai atau bahkan hingga bertahun-tahun baru bisa pulang menemui istri dan anaknya. Akibatnya dari hal tersebut, intensitas pertemuan antara ayah dan anak menjadi berkurang. Jika anak sampai kehilangan sosok ayahnya, tentu akan berpengaruh pada perkembangan mentalnya. Bahkan tidak tertutup kemungkinan akan muncul hal-hal negatif pada diri si anak, misalnya saja prestasi belajar menurun, emosi yang labil, dan lain sebagainya yang pada setiap anak akan berbeda-beda dampaknya. 

Oleh karenanya, untuk menghindari hal tersebut supaya tidak terjadi, orang tua harus lebih berkomitmen untuk mengelola waktu yang ada secara optimal. Dibutuhkan usaha lebih untuk tetap menjalin interaksi agar kebutuhan anak akan seorang ayah tetap terpenuhi. Bentuk interaksi tersebut dapat dibangun melalui berbagai cara, antara lain dengan memanfaatkan teknologi yang saat ini sudah cukup modern untuk mempermudah komunikasi. Komunikasi antara ayah dan anak bisa dilakukan dengan melalui telepon, email, video call, dan lain sebagainya, yang dapat digunakan untuk saling bertukar kabar atau memberikan semangat.

Namun begitu, walaupun teknologi sudah memudahkan komunikasi, bukan berarti hal tersebut menggantikan peran langsung ayah begitu saja. Biar bagaimanapun kehadiran sosok fisik seorang ayah sangat dibutuhkan oleh anak. Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang tua, saat ayah harus bekerja jauh dari orang tua, di antara adalah :
  • Anak harus ditanamkan persiapan yang matang agar dapat menerima fakta bahwa ayahnya akan atau bekerja di luar kota dalam jangka waktu yang lama.
  • Perhatikan kebutuhan emosial anak. Jika ada acara penting yang sangat berarti bagi anak, sebaiknya sang ayah berusaha untuk bisa menghadirinya.
  • Perhatikan juga kebutuhan anak untuk bisa mengutarakan hal-hal yang dirasanya lebih nyaman dibicarakan dengan ayah 
Bekerja di luar kota bukan berarti ayah jadi menyerahkan seluruh tanggung jawab kebutuhan anak kepada ibu.

Memang peran ayah dalam keluarga, khususnya buat anak tidak bisa tergantikan. Tetapi saat seorang ayah mesti bekerja jauh dari rumah, anak perlu mendapatkan kesempatan untuk dapat dekat dengan sosok laki-laki lain, misalnya paman, kakek, atau saudara laki-laki lain. Dengan begitu diharapkan mereka dapat membantu anak untuk tetap merasakan peran ayah dan belajar tentang peran laki-laki dalam lingkungan sosialnya. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah bahwa pendampingan tersebut harus tetap disesuaikan dengan anak, apakah si anak tersebut laki-laki atau perempuan. Karena kebutuhan anak laki-laki dan perempuan terhadap sosok seorang ayah adalah berbeda. Dengan begitu, dimungkinkan anak akan dapat tumbuh dan berkembang secara seimbang dan optimal, meskipun ayah mereka bekerja jauh di luar kota dalam waktu yang lama.

Semoga bermanfaat.