Delman Domba Khas Ciamis

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Delman banyak ditemui di beberapa kota di Indonesia, khususnya di Yogyakarta. Delman adalah kendaraan roda empat yang ditarik oleh seekor kuda. Berbeda dengan di kota-kota lain, di daerah Ciamis, Jawa Barat, kendaraan yang satu ini ditarik oleh seekor domba. 

gambar : kaskus.co.id
Di Ciamis, delman domba atau yang biasa disebut "deldom", dimanfaatkan sebagai hiburan masyarakat sekitar. Delman domba ini banyak ditemui di Taman Raflesia Ciamis. Di taman yang dikenal sebagai alun-alun kota Ciamis ini, banyak terlihat delman-delman domba yang tidak henti-hentinya mengangkut penumpang yang sudah mengantre, terutama di hari libur. Karena bentuknya yang lebih kecil dari pada delman pada umumnya, penumpang yang boleh naik hanyalah anak-anak.

Delman domba yang meruakan kendaraan khas Ciamis ini sudah ada sejak tahun 1990-an. Saat itu para pemuda Ciamis yang gemar nongkrong di alun-alun kota berinisiatif untuk menciptakan ciri khas kota sekaligus dapat dijadikan mata pencaharian. Terpikirlah oleh mereka untuk membuat delman yang ditarik oleh seekor domba. Ide ini dianggap menarik karena menurut para pemuda tersebut delman domba belum pernah ada di daerah manapun di seluruh Indonesia.

Domba yang digunakan untuk menarik delman tersebut adalah domba Garut jantan, yang terkenal dengan kekuatan tenaganya. Selain itu domba Garut jantan juga dikenal sebagai domba petarung yang sering digunakan pada tradisi adu domba di beberapa wilayah di Jawa Barat.  Untuk dapat menarik delman, domba Garut yang digunakan haruslah berumur empat tahun ke atas. Harga domba ini juga tergolong mahal. Untuk domba dengan usia yang layak menarik delman harganya bisa mencapai jutaan rupiah. 


Agar domba garut kuat menarik delman diperlukan perawatan khusus. Yang perlu diperhatikan adalah kualitas makanan si domba tersebut karena akan sangat mempengaruhi stamina si domba. Biasanya makanan yang diberikan pada domba tersebut terdiri dari sampeu atau singkong, tahu, telor, jukut atau rumput sebanyak satu kilogram sekali makan. Selain itu, domba juga diberikan jamu khusus. Komposisi makanan yang diberikan pada domba tersebut cukup ampuh untuk membuat domba menjadi kuat menarik delman. 

Delman domba setiap harinya mangkal di alun-alun kota Ciamis mulai dari pukul 16.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB. Untuk satu unit delman bisa memuat sampai dengan enam orang anak. Tarif yang dikenakan untuk sekali naik delman domba inipun juga relatif terjangkau. Pada hari Sabtu dan Minggu atau pada hari libur, bukan hanya masyarakat sekitar saja yang mengantre untuk keliling dengan delman domba ini, tapi juga para wisatawan, baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Minat yang luar bisa besar masyarakat terhadap delman domba ini membuat penghasilan pemilik delman terdongkrak. Oleh karenanya, para pemiliki delman domba ini berharap delman domba ini bisa terjaga kelestariannya dan bisa terus menjadi daya tarik wisatawan di daerah Ciamis, Jawa Barat. (majalah Sekar).