Yang Perlu Diketahui Tentang Tanaman

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Di dunia ini sangat banyak jenis tanaman, bisa ratusan, ribuan, bahkan jutaan jenis tanaman. Satu tanaman dengan tanaman yang lain mempunyai bentuknya masing-masing. Dan masing-masing dari tanaman itu membuat makanannya sendiri dan bisa bereproduksi untuk berkembang biak. untuk melakukan fungsinya tersebut, semua jenis tanaman mengandalkan akar, daun, dan bunga. 

Jadi meskipun satu jenis tanaman dengan tanaman yang lain berbeda bentuknya, mereka memiliki kesamaan dalam memanfaatkan anggota badannya, yaitu untuk hidup dan tumbuh.

Tanaman dengan warna warni mencolok tidak akan terlewat dari pandangan mata kita. warna bunga merah, ungu, kuning, dan pink sangat menarik pandangan. Misalnya saja anggrek, tanaman yang mempunyai bunga berwarna warni mencolok. Dengan warna-warna yang menarik tersebut anggrek sanggup menarik hati serangga untuk datang.

Kaktus punya batang pohon dengan dahan-dahan. Tahukah anda mana daun kaktus ? ternyata duri-duri tajam di sekujur tubuhnya menjadi daun istimewa buat kaktus.

Hampir semua tanaman memiliki bunga, tetapi tidak semua tanaman memiliki bunga. Misalnya saja lumut dan pakis. Kedua jenis tanaman ini tidak mempunyai bunga. Selain tidak berbunga kedua jenis tanaman ini juga tidak berbiji. Mereka menghasilkan spora yang berfungsi untuk menghasilkan tanaman-tanaman baru.

Daun bekerja keras agar tanaman dapat hidup. daun merupakan dapur tempat tumbuhan menghasilkan makanan. Daun juga yang mengatasi beberapa masalah penting yang dialami tumbuhan. Misalkan, bagaimana cara bertahan hidup saat musim dingin, selain juga bagaimana cara tanaman mendapatkan air yang cukup untuk hidup.


Fungsi Daun pada Tanaman

Setiap tanaman memiliki bentuk daun yang berbeda, baik ukuran maupun bentunya, ada yang lebar atau kecil, ada pula yang tebal atau tipis. Dari bentuk daun tersebut, kita dapat menebak di mana sebuah tanaman tumbuh.

Tanaman agave tumbuh di daerah panas yang sangat jarang turun hujan. Tanaman ini bisa hidup karena daunnya yang lebar dan tebal. Daun tanaman agave berfungsi untuk menyimpan cadangan air, sehingga bisa dipakai saat dibutuhkan.

Pohon cemara butuh ketahan diri agar bisa hidup di daerah dingin dan bersalju. daun-daun pohon cemara yang berjumlah ribuan dan berbentuk kecil mirip jarum, dan dilengkapai dengan lapisan anti air untuk melindungi mereka dari hujan dan salju.

Daun tidak bisa bicara, tetapi mereka bisa mengirimkan sinyal-sinyal pesan. Daun-daun bisa layu untuk menunjukkan pada dunia bahwa mereka sedang tidak bahagia, Bisa jadi tanah di dalam potnya kering, sehingga mereka mengirimkan pesan, untuk segera menyiram tanahnya.

Daun punya lubang-lubang kecil bernama stomata yang bisa membuka dan menutup. Jika stomata sedang terbuka, air yang kita siram bisa masuk dan keluar sesuai dengan kebutuhan mereka. Sebaliknya, ketika stomata menutup, air tidak bisa lari kemana-mana dari dalam daun.

Apakah Tanaman Berkeringat ?

Tanaman kehilangan cadangan air di dalam tubuhnya lewat sebuah proses yang diberi nama transpirasi. Pada umumnya kita tidak bisa melihat proses pelepasan air melalui daun ini dengan mata biasa. Untuk membuktikan terjadinya transpirasi, ambillah kantong plastik, tutupkan kantong plastik ke sebatang pohon kecil di pot, ikat erat dengan tali rafia, lihat apa yang terjadi ?

Setelah beberapa saat kita bisa melihat ada embun di dalam kantong plastik, lantas airnya akan menetes. Embun tersebut berasal dari daun yang tertutup plastik. Air dan embun tersebut bukti bahwa tanaman mengeluarkan air saat proses transpirasi berlangsung. (majalah Sekar).