Sejarah Ambulance Dari Masa Ke Masa

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Siapa yang tidak kenal dengan ambulance ? Sering kali di jalanan kita berpapasan dengan ambulance. Mobil dengan tulisan ambulance terbalik di depan mobil dan dilengkapi dengan lampu sirene. Mobil ambulance merupakan salah satu kelengkapan dari rumah sakit. Semua rumah sakit pasti memiliki mobil ambulance ini.

gambar : medibid.com
Fungsi dari mobil ambulance adalah untuk membawa orang sakit, lampu sirene akan menyala dengan suara meraung, sebagai tanda bagi pengendara lain untuk menepi memberikan jalan pada mobil ambulance ini.

Kapan ambulance mulai dikenal dan dipergunakan ? Banyak literatur yang membahas asal-asul dan kapan ambulance mulai dikenal oleh manusia.
  • Pada abad kesebelas, ambulance sudah dikenal dan dipakai oleh prajurit Kerajaan Inggris, pada masa pemerintahan Raja Willian I. Pada saat itu, ambulance dipakai untuk mengangkut tentara yang terluka akibat perang, yang berupa tandu yang kedua ujungnya ditarik oleh seekor kuda.
  • Nama ambulance mulai dikenal pada abad kelimabelas. Pada waktu itu, Ratu Isabella dari Spanyol memerintahkan untuk membuat tandu di atas kereta kuda yang diberi peneduh kain. Kereta kuda tersebut diberi nama "Ambulancias". Tandu di atas kereta kuda yang mirip dengan kemah berjalan ini digunakan untuk mengangkut perajurit yang terluka pada waktu terjadinya Perang Salib.
  • Pada tahun 1810, seorang dokter bedah dari Perancis yang bernama dr. Dominique Jean Laney, menciptakan bentuk ambulance baru, yaitu berupa kereta roda dua yang ditarik oleh seekor kuda, bentuknya berupa rumah kotak, yang dilengkapi dengan ventilasi dan berkasur. Oleh dr. Dominique Jean Laney kereta kuda ini diberi nama Flying Ambulance.
  • Tentara Amerika pada perang Meksiko tahun 1863, menggunakan ambulance dalam bentuk kereta yang memiliki lantai yang bisa ditarik keluar untuk memudahkan dalam mengangkut dan memindahkan prajurit yang terluka. Ambulance ini dilengkapi dengan selimut, brandy, spun kecil, sepotong besi persulfat, dan kayu penahan pasien.
  • Pada Perang Dunia Pertama, ambulance sudah mengalami modifikasi. Tidak lagi ditarik oleh kuda atau tenaga manusia, melainkan sudah ditarik dengan sepeda atau sepeda bermotor.
  • Pada tahun 1930, untuk pertama kalinya ambulance diperkenalkan dalam bentuk berbentuk kendaraan roda empat, sehingga mobil ambulance ini dapat digunakan untuk mengangkut prajurit yang terluka akibat perang.
  • Pada awal mulainya pecah Perang Dunia Kedua, tahun 1937, dr. Hess Eisenhard dari Ohio, Amerika menyempurnakan bentuk ambulance seperti yang sering kita lihat sekarang ini, yaitu mobil ambulance dengan dilengkapi tandu khusus pasien, di sampingnya diberi beberapa kursi untuk menjaga dan mengurus pasien selama perjalanan dari dan menuju rumah sakit, serta dilengkapi dengan lampu sirene yang diletakkan di atas mobil ambulance.

Dengan semakin majunya dunia kedokteran, saat ini mobil ambulance tidak lagi hanya berisi tandu, tapi sudah dimodifikasi dengan berbagai peralatan kedokteran yang modern, sehingga lebih memudahkan dalam perawatan pasien selama di jalan sebelum mendapatkan perawatan yang lebih intensif di rumah sakit. 

Demikian penjelasan berkaitan dengan sejarah ambulance dari masa ke masa.

Semoga bermanfaat.