Negosiasi Suami Isteri Dalam Keluarga

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pada dasarnya, negosiasi dalam keluarga merupakan suatu bentuk upaya komunikasi dan kompromi dari para anggota keluarga untuk menyepakati dan menemukan solusi dalam memecahkan permasalahan keluarga. Dalam suatu keluarga banyak permasalahan yang muncul yang bisa diselesaikan dengan cara negosiasi antara suami dan isteri. Contohnya, negosiasi untuk memutuskan merenovasi rumah, pemanfaatan keuangan keluarga, masalah pendidikan anak, keinginan isteri untuk bekerja, dan lain sebagainya.

gambar : liputan6.com
Negosiasi bisa dan perlu dilakukan dalam hal-hal berskala besar maupun kecil. Yang terpenting isu yang dinegosiasikan memang dirasakan perlu untuk dikomunikasikan, disepaki, serta diterapkan secara bersama dan konsisten.

Oleh karena setiap individu mempunyai persepsi dan penilaian yang berbeda-beda terhadap segala sesuatu, maka negosiasi akan memberikan manfaat yang tidak sedikit terhadap hubungan suami isteri. Membangun kebiasaan bernegosiasi dengan pasangan akan mencegah munculnya perasaan kurang dihargai, tidak diperhatikan dan didengarkan pendapatnya dalam keluarga. Dengan negosiasi, perbedaan-perbedaan yang timbul dikomunikasikan dengan pasangan, kemudian ditawar sedemikian rupa sehingga sampai pada kesepakatan yang mengacu pada kesesuian keinginan keduabelah pihak.

Dalam melakukan negosiasi dengan pasangan, yang perlu dipikirkan adalah kapan waktu yang tepat untuk melakukan negosiasi ? Waktu yang tepat untuk melakukan negosiasi, di antaranya adalah :
  • Pada saat pasangan anda terlihat santai, tanpa mengerjakan apapun.
  • Pada saat pasangan anda bangun pagi dan santai di tempat tidur.
  • Pada saat pasangan anda selesai mandi, karena pada kondisi seperti ini biasanya tubuh terasa segar dan pikiranpun jernih.
  • Saat makan pagi atau makan makan malam juga bisa dijadikan pilihan selama kondisi fisik dan psikologis pasangan anda memang kondusif untuk diajak berdiskusi dan bernegosiasi.

Sebaiknya jangan melakukan negosiasi pada saat antara lain :
  • Pada saat pasangan anda pulang kerja.
  • Pada saat pasangan anda terburu-buru atau sedang serius mengerjakan tugas kantor.
  • Pada saat pasangan anda serius nonton tv atau membaca buku/koran, karena negosiasi membutuhkan fokus dan perhatian penuh dari keduabelah pihak.

Yang terpenting adalah dalam bernegosiasi, anda harus tetap memperhitungkan ketersediaan waktu untuk segala persiapan yang dibutuhkannya. Jangan sampai, misalnya terlambat ke kantor, hanya karena memaksakan negosiasi.

Semoga bermanfaat.