Menghadapi Anak Indigo

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Indigo sebenarnya merujuk pada nama warna antara biru dan ungu yang sering pula disebut nila. Anak-anak yang memiliki aura nila atau indigo dianugerahi kelebihan, khususnya kemampuan indera keenam. Anak-anak ini memang berbeda, tetapi bukan 'tidak normal'. Ada beberapa tes atau pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk kemudian bisa mengatakan bahwa anak tersebut termasuk anak indigo atau bukan.

gambar : spiritualcleansing.org
Secara fisik anak-anak indogo tidak berbeda dengan anak-anak yang lain, tetapi secara psikis pada umumnya mereka lebih dewasa dibanding usianya. Mereka sering memperlihatkan sifat orang dewasa, cerdas, dan memiliki indera keenam yang tajam. Rasa ingin tahunya begitu besar dan cepat sekali mengekspresikan perasaan emosional mereka di saat-saat tertentu. Kepekaannya yang kuat terkadang membuat mereka mampu merasakan suatu hal yang tidak lazim ataupun melihat hal-hal yang belum terjadi. Pada umumnya mereka enggan diperlakukan seperti anak-anak dan bahkan tidak jarang mereka sering memberi nasehat.

Anak indigo pada umumnya eksploratif dan banyak energi. Di sekolah, anak-anak indigo bisa saja menjadi pribadi yang lebih menonjol daripada anak-anak lainnya. Tetapi belum tentu hal tersebut berhubungan dengan prestasi di sekolah. Bisa jadi menonjol dengan kenakalan atau perilaku-perilaku yang dianggap mengganggu. Karena gambaran yang agak berbeda dibandingkan dengan anak-anak lainnya, anak indigo sering dianggap 'aneh'. Akibatnya penanganannya sering kali menjadi salah dan berdampak pada perkembangan sang anak. 

Hal utama yang perlu dilakukan orang tua yang mempunyai anak indigo adalah bagaimana membuat anak indigo disiplin dan belajar tentang perilaku yang bisa diterima atau tidak. Tidak perlu memberi respon yang berlebihan, tetapi lakukan pendampingan secara umumsebagaimana kepada anak lainnya. Anak indigo harus diberikan pemahaman tentang apa yang sedang mereka alami.

Yang harus dilakukan orang tua untuk mendapingi anak indigo, di antaranya adalah :
  • Memperlakukan anak dengan penuh penghargaan.
  • Bersikap kooperatif dan adil. Anak indigo sangat peduli terhadap perlakuan yang adil dan baik. Mereka biasanya tidak peduli terhadap berbagai bentuk pelarangan.
  • Kembangkan kemampuan dan bakat mereka. Dorong untuk kreatif dan berani berekspresi. 
  • Bertoleransilah terhadap emosinya yang ekstrem. Bantu mereka membuat keseimbangan guna mengontrol emosinya. 
  • Beri pengertian bahwa mereka dilahirkan 'untuk membantu' orang lain dan mendorongnya untuk bersikap demikian.

Selanjutanya yang tidak kalah penting adalah upayakan untuk selalu menyampaikan bahwa apapun kondisinya, anda sebagai orang tua tetap menyayangi dan mencintainya.

Semoga bermanfaat.