Seputar Peralatan Makeup Dan Merias Wajah

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
1. Membersihkan Peralatan Makeup
Perlengkapan makeup yang biasa digunakan seperti kuas atau spons harus dibersihkan secara teratur agar tidak menjadi sarang bakteri yang dapat berpindah pada produk kosmetik atau menyebabkan masalah pada kulit. 

Para ahli sependapat bahwa perlengkapan-perlengkapan itu mesti dibersihkan paling lama satu bulan sekali. Berikut beberapa perlengkapan makeup dan cara membersihkannya : 
  • Untuk kuas makeup, anda bisa membersihkannya dengan cara merendam kuas makeup tersebut dalam larutan shampo atau sabun yang lembut. Lalu tekan-tekan secara perlahan. Lap kuas makeup dengan handuk bersih lalu keringkan secara alami atau angin-anginkan menggunakan blow dry. Biasakan untuk langsung membersihkan kuas setelah dipakai. Kibaskan kuas secara perlahan agar sisa serbuk kosmetik tidak menempel di kuas. Lalu simpan yang baik kuas makeup anda ditempat yang bersih, tertutup, dan tidak lembab dengan posisi yang tidak terjepit atau melengkung. Usahakan simpan kuas makeup di tempat yang terpisah, tidak tercampur dengan peralatan kosmetik lain. 
  • Untuk kuas bibir, sebaiknya bersihkan dengan tisu lembut setelah dipakai sampai sisa lipstik hilang. Dengan begitu ketika hendak diolesi lagi ke lipstik, warna lain tidak akan tercampur. 
  • Untuk spons, bersihkan dengan cara merendamnya di dalam larutan air hangat selama 5 - 10 menit. Setelah itu peras agar kering. Lakukan berulang-ulang sampai kotoran pada spons hilang. Keringkan dengan cara diangin-anginkan.
  • Sisir. Cucilah setidaknya seminggu sekali. Bisa jadi sisa minyak kulit kepala, minyak rambut, hairspray, dan juga ketombe masih tertinggal di gerigi sisir, akibatnya rambut yang sudah dikeramas akan kembali kotor ketika disisir.

2. Meraut Pensil Alis.
Pensil alis adalah salah satu pensil rias yang mudah sekali tumpul, sehingga perlu sering diraut. Sebaiknya raut pensil alis setidaknya seminggu sekali untuk mencegah terkumpulnya bakteri pada ujung pensil yang bisa mengakibatkan iritasi pada mata. Jika pensil alis sudah lama tidak dipakai, patahkan bagian ujung pensil dan raut kembali. Karena ujungnya lunak, pensil alis mudah patah ketika diraut. Untuk memudahkan saat meraut pensil alis, sebelum meraut masukkan pensil alis ke dalam kulkas selama lebih kurang 15 menit. Untuk meraut pensil alis, bisa dengan menggunakan cutter atau rautan khusus untuk pensil riasan. Selalu bersihkan rautan setiap kali habis dipakai dan jangan pernah mencucinya dengan air karena bisa menyebabkan pisau raut menjadi tumpul. Gunakan cotton bud untuk membersihkan pisau rautnya dan bagian dalam rautan.

Eyeshadow, eyeliner, maskara, dan pensil alis merupakan kosmetik yang cara pemakaiannya dianggap penting karena langsung berhubungan dengan salah satu organ sensitif tubuh, yaitu mata. Jangan menggunakan kosmetik yang sudah kedaluwarsa karena bakteri yang terkumpul bisa mengkontaminasi mata dan menimbulkan iritasi. Untuk diketahui, bahwa masa kedaluwarsa pensil alis adalah antara enam bulan hingga satu tahun.

3. Menentukan Warna Makeup Sesuai Sifat Kulit.
Warna memiliki 2 sifat, yaitu :
  1. Dingin. Yang masuk ke dalam sifat warna dingin adalah : biru, ungu, dan hijau. Kesan yang ditimbulkan oleh warna ini adalah sejuk, tenang, hening, dan damai.
  2. Hangat. Yang masuk ke dalam sifat warna hangat adalah : merah, jingga, dan kuning. Saat melihat rangkaian warna tersebut, kesan muncul adalah riang, penuh gairah, energik, muda, kuat, dan berani.

Demikian itu menurut buku Make-up 101 Basic Personal Make-up yang disusun oleh Puspita Martha Internasional Beauty School. Untuk mengetahui warna-warna make up seperti apa yang cocok, kita juga perlu tahu wajah kita masuk kategori dingin atau hangat. Untuk mengetahui wajah anda termasuk kategori dingin atau hangat, anda dapat melakukan hal sebagai berikut :
  • Ambillah sehelai kain berwarna emas dan perak. Sambil menghadap ke cermin, dekatkan kedua kain tersebut pada wajah anda secara bergantian. Kemudian bandingkan. Kalau warna kulit wajah anda anda tampak lebih cerah saat disandingkan dengan kain berwarna emas, artinya kulit anda masuk ke dalam kategori hangat. Sedangkan kalau wajah anda tampak lebih segar saat didekatkan dengan kain berwarna perak, hal itu berarti warna kulit anda tergolong dingin.

Bagi pemilik kulit berwarna hangat, pilihlah alas bedak atau foundation dengan warna-warna kecoklatan, seperti : almond, copper, atau honey beige. Untuk pemilik kulit warna dingin, anda bisa mengaplikasikan alas bedak dengan warna ivory (gading) atau nuansa pink. Warna kulit yang masuk ke kategori dingin bisa mengaplikasikan warna-warna riasan wajah dengan nuansa merah muda dan keunguan. Sedangkan untuk warna kulit yang bersifat hangat, pilihlah warna-warna make up seperti cokelat, merah, atau natural.

4. Eyeliner dan Penggunaannya.
Eyeliner dapat mengoreksi bentuk mata dan membuat mata terlihat lebih tajam. Anda bisa memilih yang berbentuk pensil atau cair. Sesuaikan saja dengan acara yang akan anda hadiri :

a. Ke Kantor. 
Untuk tampilan yang lebih simple ke kantor, gunakan eyeliner pensil yang lebih mudah diaplikasikan dan tidak 'berat'.
  1. Aplikasikan eyeliner pensil pada bagian dalam atas mata. Tarik dari arah dalam ke luar.
  2. Sambil memegang bulu mata, tebalkan eyeliner di bagian basah mata atas.
  3. Untuk mempertegas, kenakan eyeliner pada bagian atas mata.

b. Acara Sore Hari.
Karena lebih butuh ketelitian ketika memakainya, eyeliner cair cocok dipakai ketika anda tidak sedang terburu-buru. Untuk acara sore hari gunakan acara sore hari, gunakan eyeliner cair dengan garis yang tidak terlalu tebal.
  1. Gunakan eyeliner cair di atas bulu mata dari arah dalam ke luar.
  2. Tambahkan eyeliner putih di bagian dalam bawahmata untuk efek mencerahkan.
  3. Kenakan eyeliner pensil di bawah bulu mata bagian bawah (di bawah eyeliner putih). Tarik dari bagian tengahke luar untuk membingkai mata.

c. Pesta Malam.
Untuk riasan pesta, anda bisa menggunakan eyeliner cair yang akan memberi kesan lebih tajam dan dramatis.
  1. Aplikasikan eyeliner cair di atas mata dan bentuk meruncing ke bagian luar mata (cat eyes).
  2. Gunakan eyeliner cair di bawah bulu mata bawah dan bentuk garis dari bagian dalam ke luar.
  3. Untuk mencerahkan, aplikasikan eyeliner ungu pada sudut mata dan bentuk segitiga. Jangan membuat sudut mata menggunakan eyeliner berwarna hitam. Pilih putih, silver, keemasan, biru muda, ungu, atau krem. 

5. Menciptakan Efek Riasan Mata.
Eyeliner adalah senjata rahasia yang  bisa mengubah riasan menjadi lebih dramatis. Eyeliner atau pembentuk garis mata merupakan salah satu alat utama untuk merias mata. Berikut ini beberapa efek riasan mata yang dapat dilakukan dengan eyeliner :
  • Smokey Eyes. Efek smokey eyes dapat dibentuk dengan mengaplikasikan eyeliner warna hitam biasa, coklat, atau abu-abu. Pulaskan eyeliner dengan salah satu warna tersebut pada garis atas bulu mata. Buatlah garis yang lebih tebal di tengahnya. Jika ingin membuat garis mata lebih terlihat berkilau, gunakan eyeliner warna ungu, biru, atau hijau tua. Padukan dengan eyeshadow berwarna gelap. 
  • Mata Bundar. Efek ini sangat pas bagi anda yang memiliki mata sipit. Eyeliner yang paling dibutuhkan untuk untuk efek ini adalah eyeliner berwarna putih. Aplikasikan eyeliner putih pada kelopak mata bawah bagian dalam. Tarik pelan mata bagian bawah, buat garis memanjang dari ujung mata dalam hingga ujung luarnya secara berulang hingga anda mendapatkan hasil yang diinginkan. Untuk kelopak mata bawah bagian luar, anda bisa mengaplikasikan eyeliner warna hitam, biru, atau warna lainnya. Tapi sebetulnya satu warna eyeliner (eyeliner putih) saja sudah membuat tampilan mata anda lebih cantik. Untuk hasil yang lebih dramatis lagi, tambahkan garis putih pada kelopak atas bagian dalam untuk memberikan efek mata lebih bulat. 
  • Mata Kucing. Buat garis dasar terlebih dahulu dengan menggunakan eyeliner pensil sebagai panduan. Buatlah garis lurus di bagian dalam mata, lalu naik di tengah kelopak. Kemudian turun lagi dan akhiri dengan garis melengkung ke arah pelipis sejauh yang anda inginkan. Telusuri garis ini dengan eyeliner cair. Mulai dengan garis tipis di dalam, lalu menebal di tengah kelopak, kemudian menipis lagi di ujung bagian luar. Isi bagian yang kosong dengan eyeliner cair hingga rata. Sempurnakan ujung yang meruncing di bagian luar dengan menggunakan kuas yang tipis. Gunakan eyeliner bentuk kuas dengan ujung tipis dan panjang untuk riasan mata kucing.

6. Membuat Bentuk Hidung Indah.
Bagi perempuan yang kurang percaya diri dengan bentuk hidungnya, anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk membentuk hidung agar terlihat tampak lebih mancung :
  • Miliki 2 warna foundation, yaitu gelap dan terang. Warna foundation yang gelap, digunakan untuk menutupi area wajah yang perlu disamarkan. Sedangkan foundation yang terang diaplikasikan untuk meninjolkan area wajah yangmemang perlu ditampilkan.
  • Untuk hidung, aplikasikan foundation berwarna gelap pada bagian samping. Sedangkan untuk tulang hidung, gunakan foundation warna terang. Sebagai alternatif lain, anda bisa menggunakan concealer. Agar perbedaan warna antara keduanya tak terlalu mencolok, rapikan foundation tersebut dengan menepuk-nepuk menggunakan jari tangan.
  • Setelah itu gunakan bedak tabur atau padat secara merata pada wajah.
  • Lanjutkan dengan penggunaan eye shadow untuk merias mata. Pada ujung mata bagian dalam aplikasikan sedikit eye shadow berwarna gelap, untuk menciptakan sudut antara ujung mata dengan hidung.
  • Di tulang hidung bagian atas, aplikasikan sedikit eye shadow berwarna putih atau gading (ivory). Untuk hidung bagian samping beri warna cokelat tua. 

7. Bibir Terlihat Merona.
Bibir yang kering dan atau menghitam bisa menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan cairan dan vitamin, terutama vitamin C dan vitamin E. Sebab lain mungkin karena penggunaan lipstik yang mengandung bahan kimia, pewarna yang dipakai terus menerus, atau memang bawaan sejak lahir. Agar bibir senantiasa terlihat merah dan segar, perawatan bibir dapat dilakukan dengan menggunakan krim pemerah bibir yang kaya akan antioksidan, hal tersebut cukup membantu. Sedangkan untuk perawatan bibir secara alami dapat menggunakan olive oil murni yang dioleskan tiap malam ke bibir.
Cara lain yang mudah agar bibir terlihat merah merona secara alami dapat dilakukan dengan menggunakan madu. Madu bisa memberikan pemeliharaan terhadap sel kulit bibir, serta dapat melembabkan bibir secara alami. Caranya adalah :
  • Siapkan madu murni.
  • Oleskan ke bibir.

Semua wanita tentu akrab dengan yang namanya lipstik dan penggunaannya. Bagaimana cara penggunaan lipstik supaya dapat tahan lama ? Sebetulnya untuk bisa tahan lama, penggunaan lipstik tidak perlu dengan cara dipoleskan berkali-kali, hal ini malah menyebabkan pemborosan. Berikut ini cara penggunaan lipstik supaya tahan lama menempel pada bibir anda :
  • Keringkan bibir dengan menggunakan kain atau tisu lembut dan bersih.
  • Oleskan lip gloss atau pelembab bibir tipis-tipis. Diamkan dua sampai tiga menit. 
  • Bentuk bibir dengan lip liner yang warnanya sesuai dengan warna lipstik yang akan digunakan.
  • Oleskan lipstik tipis-tipis secara merata keseluruh bagian bibir, jika perlu bantu dengan kuas bibir.
  • Ratakan dengan mengatupkan tisu di bibir. Diamkan selama dua sampai tiga menit.
  • Jangan makan dan minum dahulu sebelum satu jam.

Cara penggunaan lipstik tersebut aman dan sehat. Yang perlu diingat, untuk menjaga kesehatan bibir anda, hapus lipstik setelah pemakaian selama enam jam. Bersihkan bibir terlebih dahulu sebelum menggunakan lipstik kembali.

8. Produk Kecantikan Bibir.
Bibir merupakan salah satu daya pikat wanita. Itulah kenapa bagian ini perlu diperhatikan. Saat ini banyak produk kecantikan yang dapat membuat bibir tampak lebih menawan. Saking banyaknya, kadang kita jadi bingung akan fungsi dan cara aplikasinya. Agar tidak salah menggunakannya, mari mengenal beberapa produk khusus bibir :

a. Lip Balm. 
Lip balm dikenal juga dengan lip moisturizer atau pelembab bibir. Fungsinya melembabkan bibir dan mencegah bibir pecah-pecah. Ada dua jenis lip balm, yaitu stik padat dan krim dalam tempat kecil. Oleskan lip balm secara teratur dua kali sehari sebelum mengaplikasikan lipstik.

b. Alas Bibir. 
Alas bibir disebut juga lip base. Bentuknya krim dengan tekstur lembut dan warna nude (natural). Alas bibir berfungsi untuk meratakan tekstur bibir agar hasil pemulasan lebih rapi serta membuat warna lipstik tahan lebih lama. Warna asli bibir yang tidak merata juga dapat disamarkan dengan alas bibir ini. Alas bibir adalah elemen pertama yang diaplikasikan saat merias bibir. Oleskan alas bibir secara lembut dan merata pada bibir. Bubuhkan sedikit bedak untuk meratakan alas bibir. Anda juga bisa mengganti alas bibir dengan foundation (alas bedak). Yang perlu diingat, sebelum menggunakan alas bibir, bibir sebaiknya dalam kondisi bersih dan kering.

c. Pensil Bibir. 
Pensil bibir dikenal dengan sebutan lip liner. Fungsinya untuk membentuk garis tepi sempurna sehingga bentuk bibir tampak lebih tegas. Selain itu pensil bibir juga dapat membantu mengubah bentuk bibir sesuai dengan yang anda inginkan, misalnya bentuk bibir tipis, tebal, atau simetris.

d. Lipstik.  
Lipstik berfungsi untuk mewarnai bibir dan memberi efek tertentu sehingga wajah terlihat cantik  dan   segar. Lipstik  memiliki  berbagai  bentuk  yang disesuaikan dengan fungsinya, seperti :
  • Stik, bentuk ini sangat umum digunakan. Teksturnya tidak mengkilap dan sedikit lembab. Cara menggunakannya langsung dioleskan pada bibir. Agar warna lebih mencolok dan tahan lama, sebaiknya oleskan dua kali. 
  • Pulpen, kemasannya berbentuk seperti pena dan teksturnya cair. Sangat praktis digunakan karena ujungnya dilengkapi kuas. 
  • Liquid atau cair, Dikemas dalam wadah stik yang dilengkapi dengan kuas atau spon pada tutup wadahnya. Teksturnya cair, mengkilap, dan pekat. 
  • Pasta, dikemas dalam tube seperti pasta gigi. Teksturnya seperti gel cair. 

Selain dari bentuknya, jenis lipstik juga dapat dibedakan dari formula yang terkandung di dalamnya. Berikut ini ragam formula pada lipstik dan manfaat yang terkandung di dalamnya :
  1. Long wearing, sering disebut dengan lipstik tahan air. Warnanya pun tahan lama. Namun jenis ini cenderung membuat bibir kering karena tidak mengandung pelembab.
  2. Palet, Lipstik palet terdiri dari berbagai macam warna dan dikemas dalam wadah. Teksturnya berupa krim padat. Oleskan dengan menggunakan bantuan kuas bibir. Jika anda gemar bereksperimen, pilihan lipstik palet ini sangat cocok. Anda bisa menyatukan beberapa warna sekaligus untuk mendapatkan warna baru yang unik dan sesuai keiinginan.
  3. Matte, jenis ini mengandung kaolin (sejenis tanah liat) sehingga membuat warna lebih tahan lama. Teksturnya licin dan tidak mengkilap.
  4. Shimmer, jenis ini lebih banyak mengandung pelembab dan mika (sejenis mineral yang terlihat generlap). Bibir pun akan tampak lebih mengkilap.
  5. Cream atau moisturizing, jenis ini mengandung bahan pelembab seperti shea butter (ekstrak biji pohon shea Afrika). Karena kandungan pelembabnya sangat banyak, warnanya mudah memudar. Jenis cream ini sangat baik untuk anda yang memiliki bibirkering dan pecah-pecah.

e. Lip Gloss.
Lip gloss terdiri dari dua jenis, yaitu yang berwarna dan tidak berwarna (bening). Bentuknya cair dan mengkilap. Kemasannya juga beragam, ada yang menggunakan kuas atau spon pada wadah penutupnya, ada juga yang dikemas dalam botol roll on kecil. Oleskan lip gloss setelah mengaplikasikan lipstik agar bibir nampak lebih mengkilap, terasa segar, dan lembab. Untuk anda yang memiliki bibir tebal sebaiknya hindari penggunaan lip gloss karena akan membuat bentuk bibir terlihat semakin penuh dan tebal. Selain dari hal-hal tersebut di atas, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam merias bibir, perlu diperhatikan juga langkah-langkah dasar dalam merias bibir, yaitu :
  1. Bersihkan dan keringkan bibir sebelum anda meriasnya. Caranya : ambil selembar tisu, lalu lipat jadi kecil dan jepit tisu diantara kedua bibir.
  2. Oleskan alas bibir secara merata.
  3. Bentuk garis bibir dengan menggunakan pensil bibir.
  4. Oleskan lipstik secara merata. Agar warnanya lebih terlihat, oleskan lipstik secara berulang (dua sampai tiga kali).
  5. Oleskan lip gloss sebagai sentuhan akhir agar bibir terlihat lebih mengkilap.

9. Cara Makeup yang Salah dan Solusinya.
Tata rias bagi seorang wanita merupakan hal penting dari sebuah performa, karena dimanapun pada umumnya setiap wanita ingin dirinya terlihat dengan penampilan sempurna. Oleh karenanya make up menjadi pilihan pertama yang dilakukan. Namun jangan sampai salah, alih-alih pingin tampil cantik tapi justru bukan kecantikan yang didapatkan melainkan kesan buruk dan lucu yang terpampang pada wajah, salah satunya riasan yang terlalu tebal.  Riasan tebal biasanya digunakan untuk menutupi spot-spot tertentu, dan ulasan tajam digunakan untuk memperbaiki bentuk mata, hidung, dan lain sebagainya. Dengan riasan wajah yang berlebihan, mungkin anda akan mendapatkan wajah yang terlihat sempurna, namun nampak seperti topeng atau malah wajah anda nampak beberapa puluh tahun lebih tua. Berikut beberapa cara make up yang salah dan solusinya :
  • Foundation Tebal. Menunjukan sedikit dark spot dan juga kerutan wajah itu alami dan justru embuat anda terlihat lebih muda. Sementara foundation tebal yang membuat wajah terlihat mulus itu justru tampak seperti topeng, dan malah membuat orang bertanya seburuk apakah wajah anda hingga ditutupi sedemikian tebal. Jadi sebelum membubuhkan bedak pada wajah, gunakan foundation yang sesuai dengan warna kulit. Ini penting, selain menjadi dasar dari make up yang akan anda mainkan, dengan menggunakan foundation, make up anda juga bisa tahan lebih lama. Jangan lupa juga, oleskan foundation merata diseluruh wajah, leher hingga ke telinga. 
  • Warna Blush On. Blush on warna gelap membuat wajah nampak lebih tirus dan terlihat tua. Blush on warna gelap ini lebih dikenal dengan shading dan lebih banyak digunakan untuk membentuk ilusi wajah. Walaupun pernah dipopulerkan oleh Victoria Beckham, namun riasan ini mebuat wajah anda terlihat letih dan tua. Jika anda menyukai warna blush on seperti itu, maka gunakanlah perona pipi atau blush on dengan warna pink muda untuk tampilan yang lebih segar. Gunakan warna peach atau bronze untuk memberikan efek natural dan shading pada tulang pipi.
  • Lip Gloss Penuh. Biarpun memberikan kilau pada bibir, tetapi lip gloss yang dipakai penuh membuat bibir terlihat berlebihan, dan over make up identik dengan usia yang tidak muda lagi. Aplikasikan lip gloss hanya ditengah-tengah bibir.
  • Lipstik dan Eyeshadow Matte. Warna matte memberikan kesan tua, karena tidak memberikan kilau dan juga cenderung membuat warna-warnanya bernuansa vintage. Anda juga tidak perlu eyeshadow dan lipstik berglitter untuk tampak lebih muda, cukup make up yang memberikan kilau lembut saja.
  • Eyeliner Hitam dan Penuh. Smokey eyes dan juga make up gothic masih menjadi tren hingga saat ini. Namun make up ini sebenarnya membuat wajah anda nampak beberapa tahun lebih tua. Garis wajah yang dibuat bold membuat mata nampak lelah dan mudah memerah. Sebaliknya, eyeliner tipis dengan warna yang lebih ringan, dan juga dibantu eyeliner warna cerah akan membuat mata terlihat lebih bright dan segar.(disarikan dari majalah selaras)

Demikian penjelasan berkaitan dengan seputar peralatan makeup dan merias wajah.

Semoga bermanfaat.