Fakta Dan Mitos Seputar Gadget Dan Facebook

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Mitos Seputar Ponsel.  Seiring dengan perkembangan jaman dan kemajuan teknolgi, ponsel atau telepon genggam sudah bukan merupakan barang mewah lagi. Hampir semua orang di segala lapisan masyarakat mengenal dan mempunyai barang yang satu ini. Banyak cerita seputar ponsel yang sering kita dengar. Apakah cerita-cerita tersebut benar adanya, atau hanya sekedar mitos karena rasa kekuatiran kita terhadap pemakian ponsel ? Kita mesti bisa mencermati hal tersebut.

Berikut ini beberapa mitos tentang ponsel atau telepon genggam, di antaranya adalah sebagai berikut :
  • Pemakaian ponsel bisa menyebabkan SPBU terbakar. Sampai dengan saat ini belum ada kasus yang menyebutkan timbulnya kebakaran yang disebabkan ada orang yang menelepon di stasiun pengisian bahan bakar (SPBU). Hanya saja, dari penelitian yang pernah dilakukan menyebutkan, bahwa sinyal ponsel memang cukup mengganggu mesin SPBU. Selain itu, diperkirakan sinyal yang dihasilkan oleh ponsel bisa memicu percikan api di area SPBU. Jadi, meski belum ada bukti, pemakaian ponsel di SPBU dapat mengakibatkan kebakaran, sebaiknya kita menghindari menelepon di sekitar area SPBU.
  • Pemakaian ponsel di pesawat terbang, bisa menyebabkan pesawat terbang terjatuh. Sama halnya kasus pada SPBU, sampai dengan saat ini FAA (Federal Aviation Administration) ataupun NASA (National Aeronautics and Space Administration) belum menemukan ada kasus pesawat terbang jatuh yang disebabkan oleh sinyal ponsel, tapi diakui bahwa sinyal ponsel memang mengganggu dalam penerbangan. Sinyal ponsel bisa menembus ke jendela dan merambat hingga antena pesawat, dan tentu saja hal tersebut dapat mengganggu navigasi pesawat.
  • Pemakaian handsfree mengurangi radiasi. Hal tersebut adalah benar. Menelpon dengan menggunakan handsfree bisa mengurangi radiasi karena radiasi berpusat pada antena yang terdapat di dalam ponsel.
  • Radiasi dari ponsel menyebabkan kanker. Hal ini tidak benar. Meskipun radiasi yang dihasilkan oleh ponsel memang berbahaya bagi tubuh manusia, akan tetapi belum pernah ditemukan kasus kanker yang disebabkan oleh radiasi ponsel.

Lepas dari hal tersebut di atas, kita mesti bijak dalam menggunakan ponsel. Ponsel memang sangat membantu dalam komunikasi dan berhubungan dengan orang lain. Dengan ponsel kita akan bisa lebih dekat dengan keluarga, teman, atau orang-orang yang kita kenal. Hanya saja yang perlu kita ingat, jangan sampai karena keberadaan ponsel, menjadikan kita dekat dengan orang yang jauh dengan kita, tetapi malah menjauhkan orang-orang yang sudah dekat dengan kita.

Perbedaan Antara Notebook dan Netbook. Semakin majunya teknologi, produk elektronik terutama yang berkaitan dengan komputer semakin berkembang pesat dengan munculnya berbagai varian. Dari desktop sendiri, notebook, netbook, dan lain-lain. Khusus untuk notebook dan netbook, dua hal yang sering kita dengar, banyak yang tidak tahu apa perbedaan dari kedua barang tersebut. Berikut perbedaan dari notebook dan netbook, sehingga anda bisa memilih, mana dari keduanya yang sesuai dengan kebutuhan anda :
  • Walaupun sama-sama komputer jinjing, penampilan notebook dan netbook sangat berbeda. Notebook atau yang sering disebut laptop memiliki ukuran fisik yang lebih besar dibandingkan dengan netbook. Ukuran notebook biasanya mulai dari 12 inchi ke atas, sedangkan netbook berkisar antara 8 inchi hingga 10 inchi.
  • Perangkat keras notebook memilih yang lebih kuat, seperti pentium dual core, quard core, core i, dan lain-lain, sementara netbook biasanya menggunakan perangkat keras yang hemat energi, seperti intel atom, dan lain-lain.
  • Secara kapasitas, notebook jelas lebih unggul karena RAM dan hardisk-nya lebih besar. Namun, netbook juga tidak kalah canggih, walaupun hadir dengan kapasitas yang lebih kecil, netbook biasanya dilengkapi dengan fasilitas internet yang memadai, dari wi-fi hingga modem 3G, 3,5G, bahkan 4 G.
  • Untuk urusan kekuatan baterai, netbook lebih unggul. Didukung juga dengan hardware yang lebih hemat energi. 
  • Sesuai dengan kemampuan dan performanya, harga netbook biasanya lebih terjangkau atau lebih murah dibandingkan dengan notebook.
  • Untuk orang-orang dengan mobilitas tinggi atau kebutuhannya hanya untuk mengetik atau berselancar di internet, netbook sangat cocok buat pilihan. Untuk orang-orang yang membutuhkan banyak software untuk keperluan yang lebih rumit, notebook adalah pilihan yang pas.

Fakta Unik Seputar Facebook. Anda semua pasti tidak asing dengan Facebook. Jejaring sosial yang satu ini memang sangat fenomenal. Meskipun sering menggunakan Facebook, bisa jadi anda belum tahu fakta-fakta unik, tentang Facebook. Berikut fakta-fakta unik seputar Facebook :
  • Facebook bikin ketagihan. Seorang psikiater di Amerika Serikat telah mendiagnosis sebuah penyakit baru yang diberi nama FAD atau Facebook Addiction Disorder. Penyakit ini menjangkiti pengguna internet yang berprinsip 'tiada hari tanpa Facebook'.
  • Ada negara yang melarang Facebook. Ternyata tidak semua negara menyambut kehadiran Facebook dengan positif. Ada beberapa negara, seperti Syria, yang secara resmi mengeluarkan larangan terhadap Facebook, setelah ada beberapa kampanye yang mengajarkan hal-hal buruk tentang perang dan kepercayaan. Beberapa pihak menganggap pelarangan itu tanda bahwa pemerintah setempat takut akan kemungkinan orang membentuk kelompok secara virtual.
  • Dijadikan alat pengintai. Tahukah anda kalau lebih dari 60 persen pria dan wanita memanfaatkan Facebook untuk menguntit mantan kekasih mereka.
  • Memiliki ratusan juta anggota. Sampai saat ini pengikut Facebook diperkirakan lebih dari setengah milyar orang. Lebih dari 30 juta di antaranya selalu memperbaharui status, paling tidak sekali dalam sehari.
Jadi, anda termasuk pengguna Facebook yang poin mana ? (dikutip dari : www.peoplemeetme.com)

Semoga bermanfaat.