Berbagai Acara Kencan Dan Manfaat Kencan Dengan Pasangan Setelah Menikah

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Satu hal yang sering dilupakan atau bahkan dianggap tidak penting oleh pasangan yang sudah lama membangun rumah tangga adalah berkencan. Karena kesibukannya masing-masing, siami-isteri tidak memikirkan hal tersebut. Padahal kencan antara suami-isteri merupakan media untuk lebih mempererat hubungan mereka, selain juga bisa melepasakan diri dari rutinitas keseharian yang dijalaninya.

gambar : keluarga.com
Karena sudah tidak terbiasa kencan, mungkin anda bersama pasangan suami-istri anda bingung harus pergi kemana atau melakukan apa. Sebetulnya anda tidak perlu bingung, banyak pilihan kencan yang bisa anda dan pasangan anda terapkan bersama, diantaranya : 
  • Kunjungi tempat-tempat kenangan anda dan pasangan. Tempat 'bersejerah' itu bisa menjadi lokasi pertama anda dan pasangan bertemu atau berkenalan, tempat kencan pertama kali, atau yang lainnya. Atau mungkin anda dan pasangan bisa pergi ke tempat-tempat favorit anda berdua, seperti toko buku, bioskop, museum, atau yang lainnya.  Mengunjungi tempat penuh kenangan ini dapat membangkitkan kembali memori-memori indah anda berdua. Dengan mengenang kembali anda pun bisa merasakan lagi suasana hati anda waktu dulu. Merasakan kembali betapa anda dan pasangan saling mencintai. Suasana tempat bisa mempengaruhi mood atau suasana hati seseorang. Diharapkan sepulang dari tempat ini anda dan pasangan semakin saling menyayangi.
  • Pergi keluar rumah di malam hari atau tengah malam bisa menjadi pilihan kencan yang cukup seru. Makan malam, nonton bioskop, nongkrong dan ngobrol di kafe bisa menjadi pilihan aktifitas. Atau sekedar berjalan bergandengan tangan di taman kota dan pantai yang tidak jauh dari tempat tinggal anda. Bagi sebagian orang suasana malam hari lebih romantis ketimbang siang hari. Hal ini karena suasana malam lebih tenang, cuacapun juga mendukung, sejuk dan tidak panas, serta bebas dari hiruk pikuk kota. Suasana tenang ini diharapkan juga bisa menenangkan hati dan perasaan anda berdua, sehingga menjadi saat yag tepat untuk saling mengtarakan perasaan.
  • Pilihan kencan yang lain adalah di rumah. Anda dan pasangan bisa menitipkan anak-anak ke kakek dan neneknya atau ke rumah saudara yang lain. Anda dan pasangan bisa melakukan kegiatan bersama, misalkan memasak bersama dan menyiapkan makan malam istimewa dengan menu favorit anda berdua. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan nonton film bersama dan ngobrol berdua. Dengan melakukan kencan di rumah, selain biaya yang dikeluarkan tidak banyak, suasana di rumah bisa terasa berbeda.Lakukan kencan di ruangan yang tidak biasa anda tempati, misalkan makan malam di halaman belakang atau ngobrol di teras rumah.
  • Melakukan perjalanan ke tempat baru dan penuh tantangan dapat mempererat hubungan suami istri. Misalnya saja acara kemping berdua atau hiking di pegunungan. Yang harus diperhatikan adalah saat anda memutuskan untuk kencan dengan cara ini, kedua belah pihak harus sama-sama menyukainya. Jangan memberatkan atau membahayakan salah satu pasangan.

Dalam acara kencan anda dengan pasangan, anda berdua bisa melakukan ritual untuk melengkapi acara kencan anda dengan pasangan, sehingga acara kencan anda akan berkesan dan menjadi sangat istimewa. Beberapa ritual tersebut, diantaranya :
  • Saling memberikan surat cinta. Karena tidak semua orang bisa mengungkapkan perasaannya secara langsung meskipun itu kepada pasangannya sendiri (suami/istri). Menuliskan perasaan cinta anda di secarik kertas dapat menjadi jalan keluar. Selain itu, menerima surat cinta punya sensasi sendiri yang bisa menciptakan romantisme anda berdua.
  • Anda dan pasangan bisa saling bertukar kado. Setiap orang, siapapun itu pasti menyukai kejutan.
  • Ciptakan suasana yang menyenangkan dengan menghadirkan humor-humor segar seputar rumah tangga anda.
  • Utarakan pujian anda kepada pasangan anda. Misalnya, pujilah penampilan pasangan saat berkencan, atau pujilah pasangan anda bahwa selama ini telah menjadi suami/istri yang baik.

Dalam hubungan rumah tangga, tentu adanya pasang surutnya. Kesibukan yang dilakukan oleh masing-masing pasangan seringkali membuat komunikasi di antara keduanya semakin jauh. Meskipun hidup dalam
satu rumah, terkadang ada rasa asing di antara keduanya. Apabila hal tersebut sudah dirasakan oleh pasangan suami isteri, mereka harus segera mencari jalan keluarnya. Salah satu solusi yang paling tepat adalah kencan.

Mengadakan kencan berdua sangatlah penting bagi suami isteri. Apalagi jika usia pernikahan sudah cukup lama. Dalam kurun waktu tersebut pastilah terjadi berbagai ketegangan dan masalah antara pasangan. Keinginan mengadakan kencan harus datang dari keduabelah pihak. Suami isteri perlu sama-sama menyadari pentingnya acara kencan ini sehingga dilakukan dengan sepenuh hati.

Kencan tidak selalu harus pergi ke luar rumah, anda bisa melakukannya di rumah. Yang terpenting, dalam merencanakan kencan, anda dan pasangan harus meluangkan waktu khusus. Jangan memberikan waktu sisa. Sebaiknya waktu yang ditentukan pun harus disepakati kedua belah pihak. Jangan sampai saat kencan, anda masih berurusan dengan masalah kantor yang membuat konsentrasi terpecah. Jangan sampai juga fisik anda mungkin di tempay itu, tapi pikiran anda ada di tempat lain.

Berikut ini berbagai manfaat mengadakan kencan atau acara khusus berdua dengan pasangan anda :
  • Mempererat hubungan. Pergi dan berbicara intens di waktu khusus semakin menambah kemesraan anda berdua. Apalagi bila anda memilih tempat yang pas.
  • Meredakan konflik. Bila selama ini anda dan pasangan memendam masalah, saat berkencan 'perang dingin' anda bisa mencair.
  • Memperbaharui komitmen. Saling mengingatkan komitmen awal saat menikah. Atau menentukan komitmen baru yang disetujui. Dengan demikian suami isteri selalu mengetahui tujuan dari pernikahan ini.
  • Ajang evaluasi. Evaluasi tidak berarti mencari kesalahan pasangan, kemudian saling menyalahkan. Bukannya tambah mesra, nanti anda berdua justru malah bertengkar. Yang seharusnya dilakukan adalah mengoreksi diri dan memberi masukan satu sama lain demi kebaikan bersama di kemudian hari. Utarakan pula harapan anda masing-masing.
  • Relaksasi. Kencan dapat menjadi ajang pelepas penat karena rutinitas yang menjemukan. Setelah kencan diharapkan pikiran anda berdua lebih segar dan bersemangat menjalankan aktivitas sehari-hari.

Lantan tempat kencan seperti apa yang sesuai untuk anda dan pasangan anda ? Anda bisa mencari dan memilih tempat kencan sesuai dengan karakter anda dan pasangan anda. Menentukan tempat kencan kadang terasa begitu membingungkan. Apalagi jika anda dan pasangan  memiliki karakter yang berbeda. Seringkali rencana kencan yang didambakan jadi berantakan hanya karena masing-masing tidak tahu mau kencan di tempat mana. Untuk menentukan tempat kencan yang cocok untuk anda dan pasangan, simak petunjuk berikut :

1. Karakter anda : selalu penuh rencana, sementara pasangan anda : suka kejutan.
Solusi dari hal tersebut adalah anda berdua mesti dapat menemukan tempat nongkrong yang baru. Rencanakan untuk bepergian atau mencari lokasi nongkrong yang mengasyikkan bagi anda berdua. Rahasiakan padanya ke mana anda pergi agar perjalanan tersebut menjadi suatu kejutan baru baginya. Nikmati setiap tempat yang anda singgahi.

2. Karakter anda : cenderung ekstrover, sementara pasangan anda : lebih introver.
Tempat kencan yang sesuai untuk anda dan pasangan adalah menyaksikan pertunjukan. Berbagai pertunjukkan, seperti konser musik, teater, atau komedi merupakan tempat yang cocok untuk meleburkan dua karakter yang bertolak belakang tersebut. Di tempat ini anda akan sama-sama menikmati sajian pertunjukkan, tertawa bersama, bernyanyi berdua, dan senang bersama.

3. Karakter anda : suka ketenangan, sementara pasangan anda : energik.
Mengunjungi tempat kebugaraan adalah hal yang tepat untuk kencan anda dan pasangan. Sementara anda melakukan yoga atau pilates, pasangan anda bisa membakar kalorinya dengan berbagai kegiatan olahraga lain. Setelah itu, anda bisa berbagi cerita berdua sambil berenang ataupun relaksasi di spa.

4. Karakter anda : suka rutinitas, sementara pasangan anda : suka sesuatu yang baru.
Membagi waktu antara keduanya adalah solusi terbaik untuk anda dan pasangan berkencan. Misalnya, anda selalu ingin mengunjungi pusat perbelanjaan setiap akhir pekan, namun pasangan anda lebih memilih berpetualang kuliner ke restoran-restoran baru. Lakukan saja keduanya. Bagi waktu yang tepat sehingga kedua jenis tujuan tersebut bisa disinggahi. Dengan demikian anda dan pasangan sama-sama dapat melakukan kegiatan yang disukai.

Dengan melakukan kencan, setelah lama berumah tangga, hubungan suami isteri akan kembali segar. Rasa cinta dan sayang serta rasa saling memiliki akan kembali terbangun semakin kuat.

Semoga bermanfaat.