Tokoh Indonesia Yang Diakui Dunia

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Perjuangan dan sosoknya yang begitu hebat, membuat beberapa tokoh Indonesai diakui oleh dunia, bahkan namanya diabadikan menjadi nama jalan raya di luar negeri. Kita sebagai bangsa Indonesia tentunya patut berbangga.
Berikut tokoh-tokoh Indonesia yang diakui dunia :

1. Ir. Soekarno
Maroko dan Pakistan menggunakan nama presiden pertama Indonesia sebagai nama jalan di negaranya masing-masing. Maroko, menurut sejarah negara ini sangat mengagumi sosok Soekarno. Sehingga pada tanggal 2 Mei 1960 diresmikan sebuah jalan yang diambil dari nama Ir. Soekarno, yaitu Rue Soekarno di salah satu kota di Maroko. Pada saat peresmian jalan tersebut, pemerintah Maroko mengundang Ir. Soekarno ke Maroko untuk menggunting pita sebagai tanda bahwa jalan tersebut sudah diresmikan. Nama Ir. Soekarno, juga terdapat di Pakistan. Bedanya, di Pakistan nama Ir. Soekarno bukan dijadikan nama jalan, tapi dijadikan sebagai nama tempat. Ada dua tempat di Pakistan yang menggunakan nama Ir. Soekarno, yaitu Square Khyber Bazar di Peshawar dan Soekarno Bazar di Lahore.

2. R.A. Kartini
R.A. Kartini satu-satunya pahlawan wanita Indonesia yang namanya diabadikan sebagai jalan di Belanda
Uniknya, tidak hanya berda di satu kota, melainkan ada beberapa kota yang juga memiliki nama jalan R.A. Kartini, yaitu di Utrecht, Venlo, Amsterdam, dan Haarlem.
Di Utrecht, Jalan R.A. Kartini atau Kartinistraat berada di kawasan tenang dengan perumahanapik dan mayoritas penghuninya adalah kalangan menengah. Jalan Kartini yang terdapat di kota Utrecht dijadikan sebagai jalan utama berbentuk "U" dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan jalan-jalan lainnya yang sama juga menggunakan nama-nama tokoh pejuang, seperti Augusto Sandino, Steve Biko, Chez Geuvara, dan Agostinho Neto.

3. Mohammad Hatta.
Selain di kenal dengan sebutan Bapak Koperasi, nama Mohammad Hatta, Wakil Presiden pertama Indonesia ini diabadikan menjadi nama jalan di kawasan perumahan Zuiderpoldetr, di kota Haarlem, ibu kota dari provinsi Noord Hollad, Belanda dengan nama Mohammed Hattastraat. Hal tersebut terjadi karena perjuangan yang dilakukan oleh beliau untuk kemerdekaan dan kebebasan Indonesia selama bersekolah di Belanda.

4. Sutan Syahrir.
Sama dengan R.A. Kartini dan Mohammad Hatta, nama Perdana menteri pertama Indonesia Sutan Syahrir
juga digunakan sebagai nama jalan di kawasan perumahan Zuiderpoldetr, Haarlem, Belanda berdampingan dengan nama jalan Kartini dan jalan Mohammad Hatta. Dulu sewaktu belajar di Belanda, beliau namyak berjuang bersama Hatta dalam menggalang kekuatan untuk kemerdekaan Indonesia, karena hal itulah nama Sutan Syahrir digunakan sebagai salah satu nama jalan di Belanda.

5. Munir.
Pejuang hak asasi manusia (HAM), Munir, juga dijadikan nama jalan di Den Haag, Belanda. Munirstraat adalah nama jalan untuk Munir. Lelaki yang meninggal diracun saat penerbangan menuju Amsterdam ini, dijadikan nama jalan sejak awal 2011. Munir dikenal berani dalam membela HAM kaum tertindas di Indonesia. 

Penghargaan ini membuktikan bahwa tokoh-tokoh Indonesia sangat diperhitungkan di luar negeri.

Semoga bermanfaat.