Memperbaiki Hubungan Pertemanan Yang Retak

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Memiliki teman rasanya sangat menyenangkan. Kita jadi punya tempat untuk berbagi cerita tentang banyak hal. Teman juga bisa menjadi tempat berkeluh kesah, saat kondisi hati sedang buruk. Seperti umumnya sebuah hubungan, pertemanan pun rentan dengan konflik. Walaupun terkadang dengan adanya konflik, hubungan pertemanan kita akan jadi lebih dekat, tetapi tidak jarang juga konflik membuat hubungan pertemanan menjadi tidak baik alias retak. Kalau sudah begitu pasti rasanya akan tidak nyaman. Lantas, bagaimana cara memperbaiki hubungan pertemanan yang retak tersebut ?

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki hubungan pertemanan :

1. Introspeksi Diri.
Bisa jadi anda bingung karena seorang teman menjauhi anda, padahal anda merasa tidak melakukan kesalahan. Sebelum anda melakukan tindakan apapun, sebaiknya anda introspeksi dulu. Pikirkan apa yang sedang terjadi, mengapa hal itu terjadi, dan apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki keadaan. Ingat-ingat juga sejak kapan hubungan pertemanan anda menjadi tidak baik, dengan begitu anda bisa mengenali situasi dan mencari solusi. Satu hal yang pasti,  ada sesuatu yang membuat teman marah dan memusuhi anda. Menghadapi hal tersebut, tetaplah tenang, kalau anda yakin tidak bersalah, tidak perlu langsung bersikap defensif. Bersikaplah terbuka, jangan sampai anda terpancing emosi dan membuat hubungan semakin buruk.

2. Berani Minta Maaf.
Tidak ada salahnya meminta maaf terlebih dahulu. Kalaupun permintaan maaf anda ditolak, jangan putus asa. Paling tidak dengan anda sudah minta maaf, akan mengurangi beban anda. Tetaplah ajak bicara teman anda, ungkapkan bahwa permasalahan antara anda dan dia hanya membawa dampak dan perilaku negatif, dan itu membuat anda tidak nyaman.

3. Pertanyakan Sikap Anda.
Berankan diri untuk bertanya pada teman anda tersebut, kenapa dia marah ? Sehingga anda paham dengan perubahan sikap yang terjadi padanya. Luruskan persoalan yang membuatnya marah. Dengan demikian anda juga terhindar dari prasangka yang tidak-tidak. Dengan adanya keterbukaan, permusuhan yang mungkin muncul akibat kesalahpahaman bisa diakhiri.

4. Mengenang Masa Lalu.
Satu hal yang bisa anda lakukan untuk berbaikan dengan teman adalah mengenang masa lalu, misalnya tempat dimana anda dan teman sering menghabiskan waktu bersama. Ajak atau beritahu dia, kalau anda sedang berada di tempat itu.. Apabila ajakan anda disambut positif, manfaatkan momen tersebut untuk memperbaiki hubungan pertemanan anda.

5. Manfaatkan Momen Special.
Hari raya atau hari ulang tahun merupakan momen yang tepat untuk memperbaiki hubungan pertemanan. Anda bisa datang dengan mengucapkan selamat, sekaligus permohonan maaf. Dengan begitu, diharapkan teman anda akan melunak hatinya dan hubungan pertemanan anda akan kembali baik.

6. Berpikir Positif.
Bagaimana jika teman anda tidak juga mau mencairkan konflik ? Sementara berbagai cara sudah anda lakukan. Dalam situasi seperti itu, tetaplah berpikiran positif. Yakinkan diri anda, bahwa suatu saat nanti teman anda pasti akan memaafkan anda dengan ikhlas. Berusahalah tetap menjadi teman yang baik dan tetap berperilaku positif terhadap teman anda. Dengan anda sudah berusaha, berarti anda sudah menunjukkan sikap sebagai sahabat sejati.

Bagaimana menjaga hubungan pertemanan ? Dalam hidup, seseorang tentunya butuh bersosialisasi, memiliki teman yang bisa diajak ngobrol, dan lain-lain. Tentunya masing-masing orang ingin bisa menjalin pertemanan dengan baik, bisa saling mengerti dan saling membantu dengan teman dekat sampai kapanpun dan dalam kondisi bagaimanapun. Kedua belah pihak mesti bisa menjaga hubungan pertemanan supaya berlangsung utuh dan langgeng, tidak bisa hanya dilakukan oleh salah satu pihak saja.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk bisa tetap menjaga hubungan pertemanan anda :
  • Makan siang bersama. Jika kantor anda berdekatan dengan kantor teman anda, anda bisa mengajaknya bertemu di suatu tempat untuk makan siang bersama. Kalau memungkinkan, masing-masing bisa saling mengunjungi untuk makan siang di kantin kantor.
  • Bertelepon. Bertelepon tidak perlu lama-lama. Waktu 10 menit sudah cukup untuk bertukar sapa dan menanyakan kabar.
  • Mengirim SMS, BBM, atau apapun yang sejenis. Bila tidak memiliki waktu untuk menelpon, sebuah SMS atau BBM yang dibuat hanya dalam hitungan detik bisa menjadi penggantinya.
  • Mengirim E-mail. Dengan E-mail anda bisa lebih leluasa bercerita kepada teman anda layaknya menulis surat.
  • Bergabung dalam situs pertemanan. Situs pertemanan atau media sosial, seperti facebook, tweeter, atau yang lainnya bisa membantu anda merekatkan kembali persahabatan yang sudah berlangsung lama. Malah ada kemungkinan anda bertemu kembali dengan sahabat-sahabat lain atau berkenalan dengan teman baru.

Dengan tetap menjaga hubungan pertemanan, berarti kita telah menjaga tali silaturahmi. Bukankah silaturahmi akan membukakan pintu rejeki dan memanjangkan umur manusia.  

Demikian penjelasan berkaitan dengan memperbaiki hubungan pertemanan yang retak.

Semoga bermanfaat.