Yang Mesti Dilakukan Kalau Ingin Anak Belajar Bahasa Asing

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Ingin anak anda bisa lancar berbahasa Inggris atau berbahasa asing lainnya ? Di era globalisasi seperti saat ini, menguasai bahasa lain selain bahasa Indonesia sangatlah penting. Terutama bahasa Inggris, bahasa yang satu ini diakui sebahagai bahasa internasional, menjadi nilai plus apabila anak fasih berbahasa Inggris.

gambar : intisari-online.com
Mempelajari suatu bahasa asing memang idealnya dilakukan sejak usia dini. Ada beberapa cara untuk mewujudkannya, mulai dari bersekolah di sekolah internasional hingga ikut kursus. Tapi sebelum hal tersebut anda lakukan, ada beberapa hal yang bisa anda pertimbangkan jika ingin anak mempelajari bahasa asing sejak dini :
  • Pahami karakteristik anak. Seperti apakah anak anda ? Apakah ia mudah belajar dan gampang bergaul ? Jika iya, anak bisa lebih mudah menyesuaikan diri dengan dua bahasa ini. Tapi jika tidak, tunda dulu niat anda untuk menyuruh anak anda belajar bahasa asing. Anak bisa merasa terbebani karena harus mempelajari satu bahasa tambahan. Anak yang belum matang juga dapat mengalami kesulitan mencocokkan bahasa sesuai waktu dan tempat.
  • Perhatikan lingkungan. Apakah mayoritas masyarakat lingkungan sekitar memang menggunakan bahasa asing itu ? Jangan sampai anak jadi terasing karena bahasa utamanya tidak sama dengan bahasa pergaulan.
  • Tentukan dimana sekolah yang tepat. Cari tahu seperti apakah kurikulum yang berlaku di sekolah dalam kaitannya dengan pengajaran bahasa asing. Apakah struktur tata bahasanya benar ? Apakah kosa katanya beragam ? Anda harus aktif mencari informasi dan membandingkan apa yang ditawarkan suatu institusi pendidikan dengan institusi lainnya.
  • Sadari krmampuan bahasa diri sendiri. Jika ingin anak lancar berkomunikasi dengan bahasa asing, sebaiknya anda juga punya kemampuan di atas rata-rata. Anda adalah salah satu orang yang akan paling sering ia ajak bicara. Jangan sampai anda menganggap sepele hal ini sehingga menjerumuskan anak dalam kesalahan bahasa akibat ketidakmahiran anda dalam berbahasa asing. Bahasa adalah salah satu pembentuk kemampuan berpikir anak.
  • Ekspos bahasa Indonesia. Walaupun menguasai satu atau lebih bahsa asing, anak tetap harus bisa berbahasa Indonesia, terutama jika tinggal di Indonesia. Pastikan bahwa anak tetap bersentuhan dengan bahasa Indonesia, entah lewat buku, lagu, tontonan, atau obrolan sederhana.   

Menguasai dan terampil berbahasa asing merupakan nilai plus bagi anak untuk persiapan masa depannya. Jadi, tidak ada salahnya bagi orang tua untuk menyekolahkan atau mendorong anaknya untuk belajar bahasa asing. 

Semoga bermanfaat.