Seputar Permasalahan Dan Perawatan Rambut

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Rambut merupakan mahkota bagi para wanita. Banyak wanita rela merogoh dalam-dalam dompetnya hanya untuk model dan perawatan rambut. Hal tersebut sah saja, karena apabila model rambut sesuai dan terawat, pastilah akan lebih meningkatkan rasa percaya diri mereka. Meskipun begitu, dalam menentukan model rambut, sebaiknya disesuaikan dengan bentuk wajah dan gaya hidup. Berikut ini pilihan model rambut bagi anda :

gambar : kicantik.com
1. Memilih Rambut Panjang Atau Pendek.
Terdapat beberapa pertimbangan dalam pemilihan rambut panjang atau pendek.

a. Memilih Rambut Panjang, apabila :
  • Anda tipe keramas dan kuncir. Maksudnya, anda tidak pernah bermasalah dengan tekstur rambut dan tidak menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengeringkan atau mengeriting. Rambut panjang selalu bisa menjadi jalan keluar terbaik saat anda tidak punya waktu untuk keramas dan memakai kondisioner. Kalaupun rambut tidak kering sesuai keinginan, anda tinggal mengikatnya.
  • Rambut anda cantik sempurna. Rambut yang kusam dan jelek tentunya tidak menarik jika dipanjangkan.
  • Memiliki rambut ikal tebal. Jenis rambut ini akan lebih seksi jika panjang. Ikal akan membuat bentuk rambut tetap terjaga. 
  • Memiliki tekstur wajah yang kuat atau bertubuh besar. Rambut panjang akan menyamarkan garis rahang yang kuat dan bentuk bundar pada wajah. Jika anda tinggi atau bertulang besar, rambut panjang membuat tubuh terlihat proporsional.
  • Ingin terlihat lebih muda. Wanita cenderung terlihat lebih pendek saat tua. Jadi apabila anda wanita berumur 30 tahun ke atas dan mempunyai tekstur  rambut yang bagus dan terawat, panjangkanlah rambut anda, minimal sebahu.

b. Memilih Rambut Pendek, apabila :
  • Memiliki fitur wajah kecil. Siapapun yang memiliki mulut dan hidung mungil akan tampak sempurna dengan rambut pendek. Potongan rambut pendek bisa mengalihkan perhatian dari bentuk kuping atau hidung yang kurang sempurna.
  • Tidak keberatan merawat rambut. Rambut pendek akan membutuhkan perhatian ekstra. Anda harus rela bersusah payah menata rambut setiap hari dan tentunya anda akan lebih sering ke salon untuk pemotongan dan perawatan rambut.
  • Ingin meningkatkan percaya diri. Setelah memotong rambut dengan drastis, kebanyakan wanita akan merasa menjadi pribadi baru. Rasanya seperti berhasil menyingkirkan selimut kenyamanan yang telah membungkus selama ini.
  • Ingin terlihat berbeda. Rambut panjang itu seperti pakaian hitam. Bagus, tapi orang akan lupa bahkan sehari setelah dipakai. Sedangkan rambut pendek lebih seperti terusan merah, sebuah pernyataan gaya yang membuat anda diperhatikan dan diingat.
  • Ingin "bermain". Jika anda sering mengubah warna dan tekstur rambut, model pendek adalah pilihan tepat. Anda tinggal memotong bagian rambut rusak anda saat mulai tumbuh.

Pemilihan mau rambut panjang atau pendek, yang pasti tetap dibutuhkan perawatan khusus untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah. Berikut adalah perawatan rambut dan solusi permasalahan rambut yang bisa anda lakukan.

2. Perawatan Rambut Sehat Buatan Sendiri.
Rambut adalah mahkota buat perempuan. Jadi tidak mengherankan jika banyak perempuan menginginkan mempunyai rambut yang indah dan sehat. Banyak biaya dan cara dilakukan untuk mendapatkan rambut yang indah dan sehat, padahal ada cara yang mudah, murah dan alami untuk mendapatkan rambut indah dan sehat tanpa harus melakukan perawatan yang mahal. Anda bisa membuat produk perawatan rambut serta melakukannya sendiri di rumah. Yang pasti, dengan cara ini rambut anda tidak tersentuh bahan kimia.

Yang perlu diperhatikan dalam pemakaian produkperawatan rambut buatan sendiri ini, anda terlebih dahulu harus melakukan pengetesan dari hasil buatan anda  itu. Caranya mudah, oleskan hasil produk perawatan rambut buatan sendiri itu ke kulit atau bagian tubuh lainnya. Apabila terjadi iritasi, berarti ada kandungan bahan yang tidak cocok bagi kulit anda. Jika anda ingin mencobanya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

a. Shampoo dari minyak zaitun, bahan yang dibutuhkan :
  • Minyak zaitun 1 ons
  • Perasan air jeruk lemon atau juice lemon 1 sendok teh
  • Cuka apel 1/2 sendok teh

Cara membuat : Campur semua bahan, kemudian aduk dan hancurkan dengan blender. Adonan alami ini dapat digunakan sebagai pengganti shampo. Nutrisi pada minyak zaitun dapat memelihara dan meningkatkan kekuatan serta elastisitas rambut. Sementara cuka apel, yaitu cairan fermentasi buah apel segar, berkhasiat menjaga kelembaban rambut. Sedangkan nutrisi pada lemon dapat membuat rambut lebih halus dan berkilau.

b. Kondisioner dari kuning telur, bahan yang dibutuhkan :
  • Baby oil 1 sendok teh
  • Kuning telur 1 butir
  • Madu 1 sendok teh
  • Air putih 1 cangkir

Cara membuat : Kocok kuning telur hingga berbusa, lalu tambahkan baby oil dan kocok kembali. Tambahkan air lalu kocok hingga merata. Setelah rambut dibilas dengan shampo, oleskan kondisioner buatan sendiri ini pada kulit kepala serta rambut dengan lembut dan perlahan hingga merata. Biarkan sejenak, kemudian bilas dengan air hangat.

Jika rambut anda kusut, kuning telur dapat dengan mudah membantu rambut menjadi lembut dan mudah diatur. Kuning telur berkhasiat membuat rambut menjadi tebal dan membantu pertumbuhan rambut, sementara madu berkhasiat menjaga kelembaban rambut.

c. Masker Rambut dari buah-buahan, bahan yang dibutuhkan :
  • Pisang 1 buah
  • Alpukat 1 buah
  • Melon 1 potong ukuran kecil
  • Yohurt tawar 4 sendok teh

Cara membuat : Campur pisang, alpukat, melon, dan yoghurt lalu hancurkan dengan menggunakan blender.

Cara penggunaan : Lumuri secara lembut masker buah pada kulit kepala. Pijat-pijat dengan lembut. Diamkan selama 10 sampai 15 menit, kemudian bilas dengan air. Kandungan dalam yoghurt dan alpikat bermanfaat untuk melembabkan rambut dan kulit kepala. Sementara melon dan pisang membuat rambut lebih berkilau. Jika rambut anda diwarnai, gunakan buah-buahan berwarna gelap, seperti : anggur atau blueberry. Buah-buahan warna gelap memiliki banyak nutrisi untuk membuat rambut yang diwarnai menjadi lebih sehat dan berkilau. Buah-buahan sangat baik digunakan untuk mempertahankan kesehatan rambut. Buah mengandung asam sitrat yang dapat menjadikan rambut berkilau serta antioksidan yang dapat melindungi rambut dari zat kimia dan polusi.

d. Kelapa untuk Kesehatan Rambut.
Kelapa, siapa yang tidak kenal dengan kelapa ? Buah yang banyak tumbuh di pantai ini sangat familiar di Indonesia. Hampir semua bagian dari pohon kelapa, dari daun, buah, sampai pada batangnya masing-masing dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan kita. Buah kelapa, selain airnya menyegarkan, daging buahnya yang sudah tua pun dapat diambil sarinya (santan) sebagai bumbu masak yang melezatkan. Selain itu santan dari buah kelapa juga baik untuk merawat kecantikan dan kesehatan rambut. 

Berikut ini beberapa manfaat kelapa untuk perawatan rambut :
  • Ada sebagian orang yang beruban di usia yang tidak seharusnya. Penyebabnya banyak, seperti stres atau sampo yang tidak cocok. Menghilangkan uban tentu bisa dilakukan dengan mengecat rambut. Namun pencegahan tentunya lebih efektif. Dengan santan kelapa, kemunculan uban dapat ditunda. Bahkan jika sudah terlanjurpun, kelapa masih dapat mengurangi jumlah uban yang mungkin bertambah. Cara menggunakan santan untuk memperlambat pertumbuhan uban adalah parut kelapa yang sudah tua dan peras sampai keluar santan. Tambahkan garam pada santan tersebut dan diembunkan semalam. Esoknya tinggal diolekan di rambut. 
  • Tak sekedar mengurangi keindahan rambut, ketombe juga membuat kulit kepala lecet dan gatal. Air kelapa yang mengandung tanin bisa menjadi anti bakteri dan vitamin C yang mampu menghilangkan ketombe. Jika dipadu dengan nanas dan jeruk nipis, ramuan ini akan lebih sempurna. Untuk membuat ramuan penghilang ketombe, bahan yang dibutuhkan adalah setengah butir kelapa tua dan sperempat nanas mengkal. Parut keduanya dan ambil airnya. Tambahkan perasan satu buah jeruk nipis dan biarkan selama 15 menit. Gunakan ramuan tersebut untuk keramas, seminggu sekali. Ketombe pun niscaya akan hilang.
  • Memiliki rambut kering memang tidak menyenangkan karena akan mudah patah. Untuk mengatasi hal tersebut, rambut harus dilembabkan. Air kelapa dapat digunakan untuk melembabkan rambut. Kandungan vitamin C pada air kelapa bisa mengurangi minyak sekaligus memberikan kelembaban. Cara membuat ramuannya adalah sebagai berikut : campur air kelapa dari kelapa yang tidak begitu tua dengan air biasa, dengan perbandingan satu dibanding satu. Basuhkan ke rambut setiap habis keramas.

3. Alternatif Lain Untuk Perawatan Rambut Alami.
Banyak cara membuat rambut indah dan sehat. Kalau perawatan di salon kecantikan dinilai terlalu mahal, anda bisa melakukan sendiri di rumah, dengan bahan-bahan yang biasa ada di rumah.

a. Rambut lebih bervolume dengan teh celup.
Larutkan teh celup pada secangkir air panas. Setelah dingin, oleskan air teh pada kondisi rambut setengah basah atau lembab. Air teh dapat membuat rambut mengembang dan terlihat tebal.

b. Rambut ekstra berkilau berkat madu.
Larutkan satu sendok makan madu ke dalam tiga cangkir air hangat. Kemudian oleskan cairan madu pada rambut dalam keadaan basah (setelah keramas) dan keringkan dengan handuk. Madu akan membantu melembutkan dan mengkilaukan rambut.

c. Bebas ketombe dengan daun thyme.
Thyme merupakan salah satu jenis rempah daun asal Mesir yang sangat terkenal. Daunnya mungil, bentuknya oval kecil dengan tangkai kecil keras. Daun thyme dapat dibeli di supermarket dalam bentuk masih segar atau kering. Rebus dua sendok makan daun thyme kering dalam satu gelas air. Setelah dingin, oleskan pada kulit kepala sambil dipijit lembut menggunakan jari. Thyme mengandung antiseptik yang berguna untuk menghilangkan ketombe  dan gatal-gatal pada rambut.

4. Kerontokan Rambut dan Solusinya.
Hampir semua orang pernah mengalami rambut rontok. Dari hasil penelitian yang pernah dilakukan, menyatakan bahwa setiap harinya orang dapat kehilangan 100 helai rambut. Banyak alasan yang menyebabkan kerontokan rambut, di antaranya adalah :

a. Faktor Keturunan.
Rambut yang rontok memang akan tumbuh kembali. Tapi apabila kerontokan rambut itu terjadi karena faktor keturunan, maka akan sulit untuk menumbuhkan rambut kembali. Hal inilah salah satu penyebab terjadinya kebotakan di usia muda. Faktor penyebab rambut rambut rontok karena keturunan adalah usia, jenis kelamin,  dan hormon. Masalah rambut rontok lebih bayak menyerang kaum pria dibandingkan kaum wanita.

b. Stres.
Stres secara fisik dan emosi adalah penyebab lain rambut rontok. Dalam hal ini, ada dua jenis kerontokan rambut, yaitu :
  • Telogen effluvium. Jenis ini yang paling sering terjadi, ciri-cirinya adalah rambut patah dan pertumbuhan rambut hampir hilang.
  • Alopecia areata. Jenis ini terjadi pada saat sel darah putih menyerang folikel rambut, akibatnya rambut akan rontok. Diperlukan perawatan khusus untuk kembali menumbuhkan rambut.

c. Efek Obat.
Ada beberapa jenis obat yang mempunyai efek samping dapat merontokkan rambut. Misalnya :
  • terjadi pada orang yang sedang menjalani kemoterapi.
  • beberapa jenis pil pengontrol kehamilan.

Selain dari ketiga hal tersebut, kerontokan rambut bisa juga terjadi karena :
  • Penggunaan sisir yang terlalu rapat, sehingga rambut tertarik.
  • Pemakaian shampo yang tidak tepat, sehingga merusak akar rambut.
  • Ketidakseimbangan gizi, sehingga mengakibatkan vitamin dan mineral yang penting untuk kulit dan akar rambut jadi berkurang.
  • Adanya penyakit kencing manis yang bisa memperlemah ketahanan kulit termasuk menahan kekuatan rambut.
  • Kurangnya kesehatan rambut, misalnya terdapat ketombe, kutu rambut, atau jamur yang merusak akar rambut.
  • Penggunaan penutup rambut secara berlebihan, sehingga kulit dan akar rambut sulit bernafas. 

Solusi dari kerontokan rambut tersebut yang paling mudah adalah menata asupan gizi yang seimbang. Dengan nutrisi yang baik dan seimbang, kekuatan kulit dan akar rambut akan lebih baik. Berilah kesempatan pada kulit dan akar rambut untuk bernafas. Bila anda memakai kerudung, bukalah di rumah untuk memperlancar pertukaran oksigen, dan keringat di kulit kepala yang bersifat asam dan basa serta memperlancar pernafasan kulit. Untuk menghindari rambut robtok, pakailah sisir yang agak jarang. Apabila rambut anda kusut, rapikan dengan jari. Apabila anda bekerja di tempat yang panas atau berdebu dan rambut menjadi gatal, jangan menggaruknya dengan kuku. Tapi basuh pelan-pelan dengan air. Prinsipnya adalah makin sedikit rambut dan akar rambut berhubungan dengan shampo yang keras, maka akan semakin aman dari kerontokan rambut. Satu hal lagi yang penting, jangan menunggui masakan di dapur sampai matang, karena rambut rentan terhadap asap. Sehingga bisa mempercepat kerontokan bahkan mengubah warna rambut.

5. Menyiasati Rambut Tipis atau Bertekstur Halus.
Pemilik rambut bertekstur halus (tipis), seringkali bermasalah saat ingin mencari model rambut yang tepat. Penataannya pun tidak mudah, bagi perempuan pemilik rambut bertekstur halus tentunya juga akan kesulitan jika hendak menyanggul rambutnya. Kalau anda merasa memiliki rambut bertekstur halus (tipis), anda bisa mengikuti beberapa tips dibawah ini :
  • Rambut yang tampak mengembang, selain dapat menambah rasa percaya diri juga bisa memberikan kesan rambut yang lebih tebal. Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki rambut bertekstur halus cermatlah dalam memilih potongan rambut. Alternatif potongan rambut yang bisa anda, khususnya perempuan, gunakan adalah : Bob sebatas dagu atau lebih pendek dan layer atau trap bertumpuk, yang bisa membuat rambut seolah-olah lebih tebal. Yang perlu diperhatikan adalah jangan membentuk layer atau trap yang terlalu banyak, karena malah bisa membuat rambut anda tampak lebih tipis.
  • Mempertahankan tatanan rambut dengan menyemprotkan hair spray atau mengaplikasikan hair foam sebelum mengeringkan rambut pasti pernah anda lakukan. Tapi untuk karakter rambut bertekstur halus (tipis), sebaiknya gunakan produk tersebut secukupnya. Kalau terlalu banyak, rambut malah tampak semakin lemas. Produk lain yang perludihindari adalah produk yang mengandung silikon. Meskipun produk jenis ini dapat mengkilapkan rambut, tapi juga bisa membuat rambut anda semakin kehilangan volumenya.
  • Disamping keramas dengan shampo dan kondisioner yang bisa mengembangkan rambut, rawatlah rambut anda yang halus dan tipis secara ekstra. Anda perlu tahu, bahwa jenis rambut seperti ini memiliki akar rambut yang lemah, jadi gunakanlah produk yang berupa masker rambut yang mengandung phytantriol, vitamin B5, dan protein sayuran. Paduan formulanya bisa menembus dan menguatkan batang rambut. Di samping itu, produk ini juga bisa menambah volume rambut. Produk seperti ini sekarang sudah banyak diproduksi oleh produsen obat perawatan rambut.
  • Kalau anda sudah merasa frustasi dengan merawat rambut yang selalu tampak lepek, solusi terakhir adalah cobalah untuk melakukan pengeritingan. Setidaknya volume rambut bisa bertahan lebih lama dan penampilan anda pun tampak berbeda dari biasanya.

6. Mengatasi Rambut Yang Susah Diatur.
Bagi sebagian besar kaum wanita, kerapian rambut merupakan masalah utama yang harus dihadapi setiap hari, terutama bagi kaum wanita pekerja. Seringkali jika tatanan rambut terasa kurang maksimal, akan mempengaruhi kepercayaan diri, yang akhirnya berujung pada hilangnya semangat beraktivitas. Masalah rambut yang tampak tidak terurus dan susah diatur ini sering juga disebut bad hair day. Penyebab dari masalah rambut itu bisa bermacam-macam, bisa karena salah potong rambut, belum keramas, atau memang pada dasarnya rambut susah diatur.

Ada banyak cara untuk mengatasi masalah rambut seperti itu, sehingga aktivitas keseharian anda tidak akan terganggu hanya karena masalah rambut yang susah diatur.
  • Serum. Saat ini banyak produsen kosmetik rambut mengeluarkan produk serum rambut. Selain untuk mengatasi kerontokan dan menyuburkan rambut, serum ini juga berfungsi untuk melemaskan dan merapikan rambut dalam hitungan detik. Yang perlu diperhatikan, agar tidak salah membeli, cari tahu terlebih dahulu jenis serum rambut seperti apa yang cocok untuk jenis rambut anda.
  • Cepol. Yaitu menyembunyikan rambut yang berantakan, biasanya berbentuk sanggul. Caranya : buat ikatan longgar di tengkuk, lalu tekuk rambut dan biarkan ujung-ujungnya mencuat keluar. Anda juga bisa menambahkan aksesoris seperti jepit rambut berbentuk bunga.
  • Kuncir ekor kuda dan kepang. Jika keadaan tidak memungkinkan lagi menata rambut, kuncir ekor kuda atau pony tail merupakan cara termudah untuk mengatasi rambut yang susah diataur. Yang terpenting adalah sesuaikan warna ikat rambut atau aksesoris rambut yang digunakan dengan pakaian yang anda kenakan. Apabila anda menginginkan sedikit perbedaan, mengepang rambut juga bisa menjadi pilihan. Biasanya kepang rambut sangat cocok untuk jenis rambut ikal atau keriting.
  • Scarf atau bandana. Alat ini juga terbukti efektif untuk mengatasi masalah rambut yang susah diatur, atau rambut kusut. Dengan pemilihan scarf atau bandana yang tepat, perhatian orang akan lebih tertuju pada kecantikan scarf atau bandana dibandingkan rambut kusut anda.
  • Aksesoris rambut. Aksesoris rambut seperti bando, jepit rambut, atau hair sticks bisa juga digunakan sebagai alternatif mengatasi rambut yang susah diatur dan susah dikendalikan lagi. Keuntungan aksesoris rambut ini bisa tetap digunakan di kantor atau digunakan saat anda menghadiri acara formal.
  • Wig atau rambut palsu. Wig menjadi solusi yang tepat untuk menutupi bentuk rambut yang tidak anda kehendaki, misalnya karena salah potong rambut. Hanya saja dalam pemakaian wig, gunakan wig yang sesuai dengan bentuk wajah anda. Konsultasikan terlebih dahulu dengan penjual wig sebelum anda membelinya.
  • Topi. Topi merupakan trik paling jitu untuk mengatasi rambut yang susah diatur. Hanya saja pemakaian topi tidak bisa dipakai di sembarang tempat, misalnya di dalam kantor atau pada saat menghadiri acara resmi dan formal. Topi dipakai pada acara santai, topi juga bisa melindungi rambut dari kerusakan akibat debu, sinar matahari, ataupun karena kotaran lain. Pemakaian topi bisa membuat anda terlihat modis dalam berbusana, oleh karenanya pilihlah topi yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda.  

7. Mengatur Rambut Keriting.
Banyak perempuan mengeluhkan sulitnya mengatur rambut keriting, bahkan sebagian dari perempuan tidak menyukai mempunyai rambut keriting, sampai segala cara dilakukan untuk membuat rambutnya menjadi lurus. Padahal rambut keriting itu unik, lucu, dan tidak membuat bosan untuk dipandang. Selain itu, sebenarnya rambut keriting itu mudah perawatan dan pengaturannya.

Dewasa ini banyak bahan yang dapat digunakan untuk perawatan rambut. Salah satunya adalah silikon. Memang selama ini kita sangat akrab dengan silikon sebagai bahan untuk bedah plastik, padahal sudah banyak juga silikon dipakai sebagai salah satu bahan dalam produk perawatan rambut. Fungsi silikon sebagai bahan perawatan rambut adalah untuk membuat rambut mudah diatur dan bercahaya. Jika rambut anda keriting, pilihlah produk perawatan rambut yang mengandung silikon untuk membuat rambut keriting anda jatuh lebih bagus.  

Berikut ini cara perawatan rambut keriting, membantu anda untuk mengurangi kekusutan rambut keriting anda :
  • Keramas dengan sampo rambut seperti biasa.
  • Pijat dengan conditioner, biarkan selama 5 menit, lalu bilas.
  • Serap air dari rambut dengan memijat kepala perlahan menggunakan handuk. Jangan menggosok dengan handuk karena gerakannya menjadikan rambut kusut dan susah diatur.
  • Jangan pernah menyisir rambut ketika masih basah. Gunakan sisir bergigi lebar, sehingga dapat melewati rambut dengan mudah dan merapikannya dengan cepat. Gigi sisir yang rapat dan tipis dapat membuat rambut semakin kusut.
  • Aplikasikan serum rambut yang mengandung silikon dengan jari, mulai dari ujung sampai akar rambut.
  • Bagi rambut jadi dua bagian, atas dan bawah. Jepit bagian atas. Sisir rambut dengan perlahan dari bawah. Gunakan juga blow dry sambil menyisir dari akar sampai ujung rambut. Lakukan hal yang sama pada bagian atas rambut.
  • Kemudian bagi lagi rambut menjadi dua, lakukan hal yang sama dengan langkah sebelumnya, hanya saja kali ini gunakan catok rambut.
  • Terakhir gunakan lagi serum dengan jari, mulai dari ujung sampai akar rambut.
  • Dengan pemakaian produk mengandung silikon dan blow dry atau catok secara rutin, anda akan memiliki rambut keriting yang lembut dan mudah diatur.

8. Perawatan Rambut Ikal.
Kurang berkilau merupakan salah satu masalah yang sering ditemui para pemilik rambut ikal. Penyebabnya adalah tekstur kasar dan permukaan batang rambut yang tidak datar. Rambut jadi tidak bisa memantulkan cahaya dengan baik. Maka tak heran kalau pemilik rambut ikal lebih memilih gaya wetlook (tampilan rambut yang seolah-olah basah), agar lebih tampak berkilau. 

Untuk  perawatan rambut ikal sehari-hari, dapat dilakukan dengan cara :
  • Cuci rambut dengan shampo dan kondisioner yang bisa menghaluskan tekstur rambut dan membuat rambut tampak lebih berkilau. Agar lebih merata pada tiap batang rambut, gunakanlah sisir bergigi lebar saat mengaplikasikan kondisioner. Setelah itu bilaslah rambut dengan menggunakan air dingin untuk membantu memantulkan permukaan rambut agar lebih berkilau. Saat mengeringkannya dengan handuk, usahakan untuk tidak menggosok permukaan rambut terlalu keras. Cukup tekan-tekan permukaan rambut dengan handuk yang tebal dan lembut.

Untuk memiliki rambut ikal dengan gelombang yang indah, dapat dilakukan dengan cara :
  • Tambahkan sedikit produk penata rambut pada seluruh bagian rambut secara merata, lalu keringkan dengan hair dryer. Kalau sedang berkunjung ke salon, mintalah kapster rambut anda untuk mengeringkan rambut ikal anda dengan hair dryer khusus berbentuk corong (diffuser). Sebelumnya aplikasikan mousse pada rambut.

9. Mencegah Uban Sejak Dini.
Sebagian besar orang menganggap uban identik dengan usia tua. Namun coba lihat dan perhatikan disekitar anda, banyak orang berusia muda tapi sudah ubanan. Umumnya kemunculan si rambut putih ini membuat kesal, kuatir, dan membuat tidak percaya diri. Sebetulnya kemunculan uban dapat kita cegah sejak dini. Berikut ini cara mencegah uban yang dapat anda lakukan :
  • Cukupi asupan vitamin B dan zat besi. Kekurangan keduanya akan memicu tumbuhnya uban seperti pada penderita anemia atau kekurangan sel darah merah.
  • Makan makanan berprotein. Kurang gizi dapat membuat jumlah enzim pembentuk pigmen berkurang dan ubanpun muncul tanpa permisi. Makanan cukup protein sangat diperlukan tubuh untuk membentuk enzim tersebut dan menghambat tumbuhnya uban.
  • Hindari polusi dan alkohol. Semuanya bisa menambah radikal bebas dalam tubuh dan memicu pertumbuhan uban.
  • Olah raga teratur. Dengan berolah raga syaraf dan pikiran jadi tenang sehingga berpengaruh untuk memperlambat timbulnya uban.

10. Merawat Rabut di Balik Kerudung.
Memakai kerudung bukan berarti rambut tidak perlu dijaga. Agar tetap terjaga keindahan dan kesehatannya diperlukan perawatan yang tepat. Selain keramas dan menggunakan kondisioner secara teratur, gunakan masker rambut seminggu sekali untuk menjaga kesehatan dan kekuatan akar rambut. Pilihlah masker rambut yang sesuai dengan jenis rambut. Misalnya, untuk jenis rambut kering gunakan masker sari alpukat, untuk jenis rambut berminyak pilihlah masker sari jeruk nipis, sedangkan untuk menguatkan akar rambut pilihlah yang mengandung ginseng. Yang harus diperhatikan, jangan menggunakan kerudung saat rambut dalam kondisi basah, karena akan mempertinggi kadar kelembaban rambut dan bisa menyebabkan rambut rontok. Biarkan rambut kering secara alami. Jika harus mengeringkan rambut dengan mesin pengering rambut, gunakan temperatur rendah dengan jarak 10 - 15 centimeter dari rambut.

Agar rambut dibalik kerudung tetap segar dan wangi, semprotkan hair mist, yang bisa diperoleh di toko-toko perawatan kecantikan dengan berbagai pilihan aroma dan kandungan nutrisi untuk rambut, setelah rambut kering dan sebelum menggunakan kerudung. Selain mengandung vitamin yang dapat membuat rambut indah, hair mist dapat membuat rambut wangi. Walaupun memakai kerudung seharian penuh, rambut tetap akan segar dan sehat.

11. Ketombe Dan Penyebabnya.
Ketombe atau dandruff dengan nama ilmiah Pityriasis capitis merupakan pengelupasan kulit mati yang berlebihan di kulit kepala. Sel-sel kulit mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal, bila pengelupasan itu jumlahnya sedikit. Namun ada juga pengelupasan kulit mati yang terjadi secara terus menerus dalam jumlah besar dan diikuti dengan kemerahan dan iritasi. Bila disertai kemerahan dan iritasi maka adanya ketombe dapat merupakan gejala dermatitis seboroik atau psoriasis.

Penyebab adanya ketombe adalah :
  • Kulit kepala kering. Kulit kering biasa dialami pada bagian kulit yang terbuka, terutama terjadi pada tangan, kaki, dan kepala. Kulit kering adalah salah satu penyebab umum adanya ketombe.
  • Psoriasis, yaitu kondisi gangguan kulit yang menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati yang menjadi kerak kulit berwarna perak. Kondisi ini biasa terjadi pada kulit kepala, lutut, dan siku.
  • Eksim, adalah gangguan kulit yang dapat terjadi pada banyak tempat di permukaan tubuh, termasuk kulit kepala.
  • Iritasi pada kulit kepala berminyak. Kondisi kulit kepala berminyak dapat menyebabkan ketombe yang ditandai dengan kulit berminyak dan kerak kulit berwarna putih atau kuning.
  • Melassezia, adalah sejenis jamur biasanya hidup pada kulit kepala orang dewasa sehat tanpa menyebabkan masalah. Namun kadang-kadang pertumbuhannya tidak terkendali, dan jamur ini makan dari minyak yang dikeluarkan folikel (lubang kecil) rambut. Hal ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala dan menyebabkan sel-sel kulit kepala tumbuh lebih banyak dan bergabung dengan minyak kulit kepala, sehingga menyebabkan ketombe.

Hal yang bisa dilakukan untuk mencegah ketombe adalah dengan selalu menjaga kebersihan rambut, keramas secara teratur, dan jangan membiarkan rasa gatal selalu ada di kepala. Dengan mencuci rambut secara teratur, kulit-kulit mati akan terlepas sebelum terkumpul banyak dan terlihat. Shampo yang tepat akan membantu mengembalikan tingkat keasaman kulit kepala, memecah minyak, dan mencegah sel-sel kulit mati bertumpuk menjadi serpihan yang terlihat (ketombe).

12. Penutup Kepala Bukan Penyebab Kebotakan.
Banyak pria yang berpikir sering memakai topi, kopyah, atau penutup kepala lainnya yang menjadi faktor penyebab kebotakan karena kulit kepala tidak bisa bernafas. Anggapan tersebut salah, karena faktanya adalah folekil rambut memperoleh oksigen dari sirkulasi darah, bukan lewat udara. Terlalu sering menggunakan penutup kepala jenis apapun memang dapat berkontribusi pada ekskresi dan akumulasi sebum (zat lilin) dan minyak rambut.

Karena sebum tersebut disekresikan oleh kelenjar sebaceous di kulit ke folikel rambut, yang menimbulan plak (pengerasan) sehingga mengganggu sirkulasi oksigen dan darah ke folikel rambut. Namun dampak-dampak ini hanya menyebabkan rambut rusak, bukan rontok. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga agar rambut tidak rusak sebagai akibat pemakaian penutup kepala adalah :
  • Mencuci (keramas) rambut secara teratur untuk menghentikan penumpukan bakteri, minyak, atau sebum pada kulit kepala.
  • Cuci topi atau penutup kepala lainnya secara berkala untuk membunuh bakteri.
  • Hindari pemakaian topi atau penutup kepala lainnya yang ketat agar tidak menghalangi aliran darah dan sirkulasi oksigen ke folikel rambut.

Demikian penjelasan berkaitan dengan seputar permasalahan dan perawatan rambut.

Semoga bermanfaat.