Klasifikasi Fungsi Manajerial Menurut Para Ahli

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Banyaknya definisi tentang apa yang dimaksud dengan manajemen, membuat tidak adanya satu kesatuan berkaitan dengan pengertian manajemen yang dapat diterima  secara universal. Namun begitu, secara umum manajemen dapat diartikan sebagai pencapaian tujuan melalui pelaksanaan fungsi-fungsi tertentu. Dalam hal apa saja fungsi-fungsi manajemen itupun, di antara para ahli manajemen juga  belum ada persamaan pendapat. 

Salah seorang ahli yang pertama kali mengklasifikasikan mengenai fungsi-fungsi manajerial adalah Henry Fayol. Ia menyatakan bahwa fungsi-fungsi utama dari manajerial adalah :
  • perencanaan (planning)
  • pengorganisasian (organizing). 
  • pengkoordinasian (coordinating)
  • pemberian perintah (comanding)
  • pengawasan (controlling).


Setelah itu, muncul beberapa ahli manajemen yang menyatakan pendapatnya tentang klasifikasi fungsi-fungsi manajerial, diantaranya adalah :
  • Luther Gullick, menyatakan bahwa fungsi-fungsi utama dari manajerial adalah Planning, Organizing, Saffing, Directing, Coodinating, Reporting, dan Controlling.
  • George Terry, menyatakan bahwa fungsi-fungsi utama dari manajerial adalah Planning, Organizing, dan Actuating.
  • Ernest Dale, menyatakan bahwa fungsi-fungsi utama dari manajerial adalah Planning, Organizing, Staffing, Directing, Innovating, Representing, dan Controlling.
  • Oey Liang Lee, menyatakan bahwa fungsi-fungsi utama dari manajerial adalah Planning, Organizing, Directing, Coordinating, dan Controlling.
  • William Newman, menyatakan bahwa fungsi-fungsi utama dari manajerial adalah Planning, Organizing, Assembling of Resources, Directing, dan Controlling.
  • James Stoner,  menyatakan bahwa fungsi-fungsi utama dari manajerial adalah Planning, Organizing, Leading, dan Controlling.

Ada benang merah yang dapat dihubungkan dari beberapa pendapat para ahli manajemen tersebut berkaitan dengan klasifikasi fungsi manajemen, yaitu adanya beberapa persamaan yang tercermin dalam fungsi planning, organizing, dan controlling. Sedangkan fungsi-fungsi lainnya hanyalah merupakan cara penyebutan yang berbeda tetapi mengandung isi yang sama, di mana pada dasarnya adalah fungsi staffing, directing atau leading.

Baca juga : Hambatan-Hambatan Perencanaan Efektif

Para manajer dalam suatu organisasi dapat diklasifikasikan berdasarkan ruang lingkup kegiatan yang mereka kelola dalam organisasi, yaitu  :
  1. Manajer fungsional. Manajer fungsional mempunyai tanggung jawab hanya atas satu kegiatan organisasi, misalnya seperti produksi, pemasaran, keuangan, personalia, dan lain-lain. Selain itu, manajer fungsional juga bertanggung jawab atas kegiatan-kegiatan dan fungsi-fungsi lainnya, seperti : manajer pemasaran bertanggung jawab atas seluruh kegiatan distribusi tetapi harus minta bantuan kepada manajer personalia untuk masalah-masalah yang berkaitan dengan tenaga penjualnya. 
  2. Manajer Umum. Manajer umum ada pada tingkat manajemen yang lebih tinggi. Manajer umum bertugas mengatur, mengawasi dan bertanggung jawab atas satuan kerja keseluruhan atau divisi operasi yang mencakup semua atau beberapa kegiatan-kegiatan fungsional satuan kerja.

Demikian penjelasan berkaitan dengan klasifikasi fungsi manajerial menurut para ahli.

Semoga bermanfaat.