Perawatan Agar Cattleya Cepat Berbunga

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Cattleya adalah jenis tanaman anggrek Dendrobium, satu marga dengan anggrek epifit, bunganya yang besar dengan warna yang indah menjadikan tanaman ini sering disebut dengan sebutan queen of orchid (ratu anggrek). Cattleya mempunyai berbagai jenis, diantaranya cattleya corcovado, cattleya gold digger buttercup, cattleya intermedia, cattleya brabantiae, cattleya bicolor, cattleya green emerald, dan masih banyak lagi.

gambar : orchid-tree.com
Membedakan cattleya dengan anggrek lainnya tidaklah sulit, Cattleya mempunyai ukuran bunga lebih besar dan warna bunga lebih mencolok  dibandingkan dengan anggrek lain. Diameter bunga cattleya bisa mencapai 15 cm. Habitat aseli cattleya adalah hidup di dataran tinggi, dengan temperatur suhu antara 15 - 30 derajat celcius. Namun begitu bukan berarti cattleya tidak bisa hidup di dataran rendah. Hanya saja di dataran tinggi cattleya akan berbunga lebih besar dengan warna yang lebih tajam, dibandingkan cattleya yang tumbuh di dataran rendah.

Cattleya tergolong simpodial yaitu pertumbuhan ujung-ujung batangnya terbatas dan akan membentuk rumpun dari tunas-tunas anakan.  Bunga tanaman cattleya tumbuh di ujung batang. Satu batang biasanya hanya ditumbuhi satu bunga. Di hutan, cattleya akan tumbuh horizontal atau merambat di pohon. Saat menanam di pot biasanya menanam dua sampai tiga batang cattleya berukuran 30 cm. Batang-batang itulah yang nantinya akan tumbuh bunga baru. 

Yang mesti diperhatikan jika anda ingin membeli tanaman cattleya ini  adalah memastikan tanaman cattleya ini bisa rajin berbunga atau tidak. Untuk itu sebenarnya sangatlah mudah, anda bisa melihat dari ciri-ciri fisik cattleya tersebut, apabila daunnya lebar dan pendek, itu artinya cattleya rajin berbunga, tapi sebaliknya apabila bentuk daun panjang dan tidak lebar menandakan tanaman ini malas berbungan.

Apabila anda menyukai dan mempunyai tanaman jenis Cattleya dan tanaman Cattleya kesayangan anda tidak atau  sulit berbunga, dan anda menginginkan tanaman Cattleya anda berbunga, cobalah ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Intensitas sinar matahari yang baik untuk Cattleya adalah 30 sampai 50 persen atau temperatur 15 sampai 30 derajat Celcius. Bila tidak mempunyai jaring-jaring untuk meredam sinar matahari, taruh tanaman Cattleya anda di teras rumah.
  • Lakukan penyiraman dua kali sehari, pagi antara jam 07.00 - 09.00 dan sore antara jam 15.00 - 17.00. Di musim hujan anda cukup menyiram Cattleya sehari sekali. Yang perlu diperhatikan jangan terlalu sering menyiram Cattleya, karena tanaman ini bisa mati apabila media tanam terlalu basah. Kelembaban media tanam yang terlalu berlebihan menyebabkan Cattleya menjadi busuk.
  • Pisahkan batang yang terlalu rapat untuk memberikan rongga tumbuhnya bunga. Batang yang terlalu pada menghambat tumbuhnya bunga Cattleya.
  • Berikan pupuk bunga seminggu sekali.
  • Ganti pot tanaman Cattleya setahun atau dua tahun sekali. Tujuan mengganti pot ini untuk mempertahankan keasaman media tanam. Cattleya membutuhkan tingkat keasaman (PH) sekitar 7.
  • Untuk mencegah hama dan penyakit, lakukan penyemprotan insektisida, fungisida, dan bakterisida secara rutin seminggu sekali. 
  • Tanam Cattleya menggunkan media tanam batang pakis atau arang. Jangan menggunakan media tanam tanah sebab hasilnya kurang baik. 

Apabila anda tertarik untuk menanan cattleya, anda bisa membelinya di penjual tanaman, tanaman cattleya yang masih kecil dijual dengan kisaran harga Rp. 75.000,- Sedangkan untuk tanaman cattleya yang sudah jadi dijual dengan harga mulai dari Rp. 150.000 dan bisa sampai jutaan rupiah, tergantung dari jenis cattleya, bentuk dan warna bunga dari tanaman cattleya tersebut.

Selamat menanam... Go Green...