Panjat Pinang, Lomba Favorit Setiap Acara 17-an

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Setiap bulan Agustus, kita memperingati hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Banyak kegiatan yang dilakukan untuk merayakan hari kemerdekaan tersebut. Dari upacara bendera di sekolah-sekolah, di kantor atau instansi pemerintah, sampai digelarnya berbagai macam lomba untuk maramaikan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Dari sekian banyak lomba yang diadakan, panjat pinang merupakan perlombaan yang bisa dibilang identik dengan perayaan kemerdekaan. Panjat pinang selalu menjadi acara puncak dari perayaan kemerdekaan tersebut. Panjat pinangpun tidak hanya dilombakan di daerah-daerah, tapi sudah memasuki tempat-tempat hiburan atau rekreasi. Dalam masyarakat kita, panjat pinang bukan hanya sekedar perlombaan, tapi sudah merupakan hiburan yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan.

Dalam permainan panjat pinang dibutuhkan batang pinang (bisa juga diganti dengan bambu 'petung') yang tingginya mencapai 7 - 9 meter. Di ujung atas batang pinang digantung berbagai barang sebagai hadiah yang nantinya diburu para peserta.  Dengan berbagai macam hadiah, dari pakaian, barang elektronik, sampai sepeda menjadi daya tarik tersendiri masyarakat untuk mengikuti lomba panjat pinang ini.

Sebelum dipanjat, batang pinang akan dilumuri terlebih dahulu dengan oli atau gemuk, bisa juga diolesi dengan menggunakan lemak kambing, sehingga akan menjadi licin saat dipanjat sehingga peserta tidak dapat dengan mudah meraih hadiah. Dibutuhkan kerja keras dan kerja sama untuk bisa mencapai puncak karena peserta akan sering terjatuh yang disebabkan oleh licinnya batang pinang tersebut. Disitulah letak tantangan perlombaan panjat pinang tersebut. Untuk mencapai puncak para peserta memerlukan strategi, dan kerja sama sangat dibutuhkan dalam perlombaan ini. Peserta paling bawah akan saling berpegangan dengan membuat kuda-kuda yang kuat, sementara peserta yang lain akan menaiki bahunya, demikian seterusnya samapi mencapai puncak bayang pinang tersebut. Karja sama para peserta ini yang menjadi tontonan menarik masyarakat, apabila mereka dapat meraih hadiahnya, maka hadiah tersebut akan mereka bagi secara merata atau dinikmati bersama. Biasanya dalam acara tersebut, peserta tidak semata-mata mengincar hadiah yang disediakan, tapi lebih kepada rasa kebersamaan dan serunya permainan yang mereka cari.

Tahukah anda, bahwa sebenarnya panjat pinang ini merupakan tradisi yang sudah lama dilakukan sejak zaman penjajahan Belanda. Orang Belanda saat itu mengadakan perlombaan panjat pinang jika sedang menggelar acara besar, seperti hajatan, pernikahan, dan lain-lain. Yang biasanya mengikuti lomba panjat pinang saat itu adalah masyarakat pribumi. Hadiah yang biasa diperebutkan saat itu adalah bahan makanan dan pakaian. Perlombaan ini menjadi hiburan bangsa Belanda karena dapat menyaksikan orang pribumi yang dengan gigih memperebutkan hadiah yang disediakan. Kendati memiliki latar belakang sejarah yang menyedihkan, perlombaan ini juga mempunyai makna perjuangan yang dalam, seperti kerja keras, pantang menyerah, kerja sama, dan gotong royong.

Semoga bermanfaat.