Menjaga Hubungan Jarak Jauh Dengan Pasangan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Salah satu syarat untuk menjaga hubungan khusus dengan lawan jenis, baik itu pacaran atau hubungan suami isteri, adalah kesetiaan. Kesetiaan saja sebenarnya belumlah cukup kalau tidak juga dilandasi dengan kepercayaan. Apa lagi kalau hubungan itu terjadi dan berlangsung jarak jauh, masing-masing pihak berada di kota yang berlainan. Pasti dibutuhkan lebih dari kesetiaan dan kepercayaan untuk tetap bisa menjaga kelangsungan hubungan tersebut.

Hubungan jarak jauh (LDR) seringkali menimbulkan perasaan kangen dan canggung ketika kembali bertemu. Akibat dari frekuensi pertemuan yang jarang, kadang menyebabkan hubungan menjadi hambar. Dalam situasi seperti ini romantisme harus ditumbuhkan kembali.

Untuk  menjaga  hubungan  jarak jauh  bisa  tetap  romantis, anda  bisa melakukan hal-hal dibawah ini :
  • Kirimkan hadiah kecil yang tidak terduga-duga. Semua orang suka hadiah. Hadiah itu tidak perlu mahal, yang penting anda menggunakan ide yang kreatif dan imajinatif. Anda bisa membuat sendiri hadiah itu dan disesuaikan dengan kepribadian pasangan.
  • Ingatlah bahwa spontanitas itu bermanfaat. Ada saatnya spontanitas justru lebih baik dari rutinitas. Bagi sebagian orang rutinitas itu membuat jenuh, akibatnya suatu ikatan akan menjadi hambar. Dengan memberikan kejutan-kejutan kecil pada pasangan, hubungan anda akan tetap hangat.
  • Telepon pasangan atau kirim pesan singkat saat jam istirahat dan tanyakan kabarnya. Anda mesti tahu dengan pasti  kapan jam istirahat pasangan anda, untuk menghindari kemungkinan mengganggu pekerjaannya. 
  • Ucapkan selamat tidur pada pasangan di malam hari. Hal ini akan menunjukkan perhatian anda pada pasangan anda.
  • Bangunkan pasangan anda dengan meneleponnya di pagi hari. Jangan lupa kalau ada perbedaan waktu antara tempat anda dan tempat pasangan anda tinggal. Jangan sampai anda menelepon dalam waktu yang salah. Tidak perlu meneleponnya setiap hari, tapi katakanlah pada pasangan anda kalau anda mencintainya. Hal ini akan menjadi penyemangat pasangan anda untuk memulai hari baru dan beraktivitas.
  • Kirimkan surat pada pasangan anda. Meskipun saat ini teknologi sudah berkembang pesat, tapi ada orang yang lebih memilih surat melalui pos daripada melalui elektronik, karena terdapat unsur sentimentil yang terkandung di dalamnya. Ada perasaan yang berbeda saat memegang amplop, merasakan tekstur kertas surat, dan membaca tulisan tangan anda. 
  • Buatlah album foto dan kirim ke pasangan anda. Tempellah foto-foto anda maupun pasangan anda dalam sebuah album. Pasangan anda pasti akan sangat senang menerimanya.
  • Manfaatkan sebaik-baiknya kalau ada kesempatan untuk bertemu. Jika memungkinkan pergilah untuk menemui pasangan anda. Isi waktu berdua, biarlah ia memilih tempat yang disukai karena dialah yang mengenal daerah tersebut. Anda berdua juga bisa menghabiskan waktu di rumah saja, bisa masak berdua, makan malam berdua dengan ditemani alunan musik yang disukai anda maupun pasangan anda.
  • Tanyakan hal-hal apa saja yang ia anggap romantis. Setelah itu, lakukanlah untuk menyenangkan hatinya. Anda pun bisa menyampaikan keinginan anda pada pada pasangan anda. Dengan demikian anda berdua bisa kerja sama untuk menjaga hubungan  agar tetap harmonis dan awet.
  • Jangan langsung cemburu kalau pasangan anda pergi dengan teman kantornya. Jangan langsung marah kalau pasangan anda terlambat menjawab telepon atau membalas pesan/surat anda. Yakinlah bahwa ia tetap memikirkan dan merindukan anda.
  • Tetaplah percaya padanya walaupun pasangan anda jauh. Sebuah hubungan tidak akan bisa bertahan tanpa adanya rasa percaya. Kepercayaan itu bisa diperoleh melalui komunikasi yang baik. Jadi usahakan untuk selalu berkomunikasi dengan pasangan anda.
  • Kalau ada masalah bicarakan baik-baik. Carilah waktu yang tepat untuk membahas masalah tersebut. Anda harus tahu terlebih dahulu suasana hati pasangan anda, apakan di kantornya sedang ada masalah atau tidak. Jika masalahnya memang mendesak, minta pasangan anda untuk mengalokasikan waktu untuk membicarakan masalah tersebut. Tetaplah berpikir jernih untuk bisa menemukan solusi terbaik dari masalah tersebut.
  • Biarkan pasangan anda mengutarakan perasaan dan keluh kesahnya. Hal ini penting, terkadang pasangan anda memerlukan seseorang untuk mendengarkan uneg-unegnya. Saat pasangan anda melakukan hal tersebut, jadilah pendengar yang baik.
  • Ucapkan kata-kata manis kepada pasangan anda setiap kali ada kesempatan berkomunikasi. Kata-kata memiliki dampak yang luar biasa terhadap seseorang. Ucapan yang manis akan berakibat positif. Jadi kalau ingin pasangan anda tetap bersemangat, ucapkanlah kata-kata baik yang akan mencerahkan harinya.

Yang terpenting dalam menjalani hubungan jarak jauh adalah menanamkan rasa saling percaya dan menjaga komunikasi agar tetap baik dan lancar. 

Demikian penjelasan berkaitan dengan menjaga hubungan jarak jauh dengan pasangan.

Semoga bermanfaat...