Mengusir Rasa Jenuh Saat Bekerja

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Jenuh dengan rutinitas pekerjaan, pastinya akan mengganggu produktivitas kerja. Lantas bagaimana mengatasi rasa jenuh tersebut ?

gambar : katashare.com
Pekerjaan atau karier sudah selayaknya menjadi salah satu sumber kebahagiaan hidup bagi orang yang menjalaninya. Kualitas hidup seseorang ditentukan oleh kualitas pekerjaannya. Dua faktor yang sering jadi penentu apakah seseorang bisa menikmati pekerjaan adalah jenis dan lingkungan kerja. Apabila pekerjaan dan lingkungan kerja cocok akan mendatangkan kebahagiaan, kalau tidak ? Tentunya bekerja akan dianggap sebagai sesuatu yang menyebalkan dan penuh tekanan. 

Selain hal tersebut, ada faktor lain yang membuat kinerja seseorang tidak maksimal di tempat kerja, yaitu kejenuhan. Kejenuhan dalam bekerja dapat terjadi saat kita terjebak pada rutinitas. Rutinitas bekerja yang monoton dan dengan orang yang sama sangat berpotensi membuat kita jenuh. Secara psikologis kejenuhan terjadi ketika seseorang merasa tantangan pekerjaan terlalu rendah sementara kapasitas yang dimiliki terlalu tinggi. Kapasitas tersebut meliputi kemampuan dan energi yang ada dalam diri orang tersebut.

Melakukan pekerjaan di saat sedang dilanda kejenuhan tentu bukan hal yang mudah. Pada dasarnya ada banyak hal yang menjadi akar masalah kejenuhan. Salah satunya adalah jenis pekerjaan. Tentunya masih banyak lagi hal-hal yang menjadi sebab kejenuhan dalam bekerja. Untuk mengatasi kejenuhan dalam bekerja, ada beberapa hal yang bisa menjadi renungan anda :
  • Niat. Keinginan dan keyakinan apa yang melandasi niat dalam bekerja. Pikirkan hal tersebut sebelum memilih untuk menekuni sebuah karier. Temukan semangat anda dalam bekerja. Temukan kegiatan apa, dengan siapa, dan di mana yang membuat anda merasa lebih hidup dan bermakna.
  • Anugerah. Kekuatan, sumber daya, aset apa saja yang telah dianugerahkan Tuhan untuk diri anda. Syukuri apa yang sudah dimiliki.
  • Dambaan. Bayangkan masa depan anda dengan cara menggambarkan keberhasilan seperti apa yang sebenarnya anda inginkan. 
  • Inisiatif. Pada titik ini, diharapkan anda sudah menemukan apa inisiatif kreatif yang harus dilakukan.

Kejenuhan yang berkepanjangan akan sangat merugikan. Bagi diri sendiri, kejenuhan akan menghambat kemajuan dan menjauhkan anda dari kebahagiaan dalam bekerja. Bagi tempat anda bekerja, kejenuhan akan menyebabkan penurunan kinerja. Jadi jangan pernah menganggap enteng kejenuhan yang sedang melanda.

Anda harus bisa mengusir kejenuhan saat bekerja, supaya kualitas pekerjaan dapat meningkat kembali. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengusir kejenuhan dalam bekerja :
  • Cari tantangan. Anda bisa minta tanggung jawab yang lebih kepada atasan anda. Berikan alasan yang meyakinkan kenapa anda pantas diberi beban lebih.
  • Pasang target yang tinggi. Tetapkan target untuk diri sendiri, baik dalam segi waktu maupun hasil.
  • Ciptakan suasana baru pada lingkungan kerja. Ubah dekorasi ruangan atau meja anda.Tambahkan hal-hal yang anda sukai agar suasananya lebih segar dan menyenangkan.
  • Sosialisasi. Mungkin anda butuh sedikit sosialisasi dengan rekan sekantor, rekan bisnis, atau yang lainnya. Selain dapat mengusir kejenuhan, sosialisasi seperti ini dapat lebih mempererat hubungan anda dengan lingkungan tempat anda bekerja.
  • Maksimalkan waktu istirahat. Manjakan diri anda dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Anggap ini sebagai bentuk penghargaan pada diri sendiri.
  • Berlibur. Bagi orang yang sibuk dan jenuh dengan pekerjaannya, berlibur akan menjadi suatu kemewahan yang tidak ternilai harganya. Dengan berlibur anda akan mendapatkan suasana baru, sehingga pikiran akan lebih segar. 

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.