Sanseviera (Lidah Mertua) Tanaman Penyerap Racun, Radiasi dan Polutan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Sanseviera, masyarakat umum mengenal dengan nama lidah mertua tanaman yang sangat banyak ditemui di sekitar tempat tinggal kita. Sanseviera sangat banyak macamnya. Dari hasil penelitian Lembaga
Pertahanan Nasional, yang hasilnya telah dirilis oleh Komunitas Pecinta Sanseviera Indonesia, tanaman Sanseviera mempunyai banyak manfaat, di antaranya adalah :
  1. Di dalam setiap helai daun sanseviera mengandung pregnane glycoside, zat yang mampu mengurai zat beracun menjadi senyawa organik, gula, dan asam amino. Zat beracun yang diurai, seperti karbondioksida, benzen, xilen, formaldehid, kloroform, dan troklorotilen.
  2. Di dalam ruangan, sanseviera bisa menangani sick building syndrom, yaitu keadaan ruangan yang tidak sehat akibat tingginya konsentrasi gas karbondiaoksida, nikotin, dan penggunaan AC. Satu tanaman sanseviera trifasciata lorentii dewasa berdaun 4 atau 5 helai dapat menyegarkan kembali udara dalam ruangan seluas 20 meter persegi.
  3. Sanseviera trifasciata lorentii yang dipotong-potong 5 cm yang ditempatkan di dalam kulkas dapat menghilangkan aroma tidak sedap. Dalam lingkungan industri potongan daun ini disebarkan di ruangan-ruangan produksi industri untuk mereduksi senyawa beracun yang terhirup oleh pekerja.
  4. Dapat mereduksi radiasi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh computer, televisi, radio, dan telephone selular. Maka baik jika tanaman ini ditaruh di samping komputer atau televisi.
  5. Sanseviera atau lidah mertua juga dimanfaatkan menjadi benang dan bahan anyaman. Bahkan seratnya ada yang ditenun untuk dijadikan pakaian. 
  6. Di beberapa negara maju, sanseviera digunakan sebagai bahan dasar parfum. Jika ingin membuktikan aromanya, cobalah berdiri di dekan sanseviera pada sore hari. terlebih saat tanaman ini berbunga.
  7. Untuk kesehatan, getah sanseviera dapat digunakan sebagai obat antiseptik penutup luka, obat wasir, cacar, cacingan, penyakit mata dan telinga, dan juga sebagai bahan minuman penyegar tubuh. Beberapa jenis sanseviera juga berkasiat sebagai obat malaria, anticendawan, antikolesterol, sampai antikanker. Jika direbut akarnya dapat dimanfaatkan sebagai tonik penyegar rambut dan obat wasir. Sedangkan bagian daunnya bila dibakar, bisa menyembuhkan sakit kepala dan demam. Selain dibakar, daun juga bisa direbus untuk perawatan diabetes. Cara penggunaannya : beberapa lembar daun dipotong-potong dan direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa satu gelas. Sisa air ini kemudian diminumkan penderita. Dengan cara yang sama ramuan ini juga sering digunakan oleh penderita ambeien atau wasir. Getah sanseviera juga dapat digunakan sebagai penawar racun ular dan serangga.
Menilik manfaat dan kemampuan sanseviera sebagai tanaman penyerap racun, sangat disarankan untuk menanam tanaman ini di rumah, terutama yang bertempat tinggal di daerah perkotaan yang tingkat pencemaran udaranya sangat tinggi. Budi daya tanaman sanseviera ini sangat mudah, dengan memisahkan anakan tanaman ini dari induknya, sanseviera sudah bisa dikembang-biakan. Anda bisa menanamnya di pot atau langsung ditanam di tanah.

Semoga bermanfaat...