Mengkudu Sebagai Obat Alternatif Anti Kanker Dan Penyakit Lainnya

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Mengkudu atau dikenal juga dengan nama pace adalah buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ciri-ciri buah mengkudu adalah saat muda buahnya keras berwarna hijau, ketika buah mengkudu sudah matang berwarna kuning dan terasa lembek,  permukaan buah tidak rata, berbiji banyak, dan berbau tidak sedap. Mengkudu merupakan tanaman daerah tropis, berbatang keras, berdaun lebar warna hijau, dan pohonnya bisa mencapai tinggi 8 meter.

Dibalik baunya yang tidak sedap itu ternyata menyimpan khasiat yang luar biasa. Menurut hasil riset dan penelitian dari ahli pangan Institut Pertanian Bogor, buah mengkudu mempunyai khasiat, antara lain :
  1. Melawan Tumor dan Kanker. Mengkudu secara luar biasa telah terbukti dalam mencegah kanker dan tumor berbahaya. Bila dikonsumsi dalam jangka waktu lama dapat membunuh kanker dan tumor yang sudah mengakar dalam tubuh. 
  2. Menormalkan Tekanan Darah. Buah mengkudu mengandung sejenis fitonutrien, yaitu scopoletin yang berfungsi untuk memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Dalam hal ini  berarti menyebabkan jantung tidak perlu bekerja terlalu keras dalam memompa darah, sehingga tekanan darah menjadi normal kembali. 
  3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. Buah mengkudu dapat merangsang produksi sel T dalam sistem kekebalan tubuh (sel T berperan penting dalam melawan penyakit). Memperkuat sistem kekebalan tubuh atau sistem sistem imun secara tidak langsung dapat membunuh bakteri dan virus yang ada dalam tubuh kita.
  4. Anti-peradangan dan Anti-alergi. Senyawa scopoletin (hidroksi-metoksi-kumarin) sangat efektif sebagai zat anti radang dan anti alergi. Scopoletin telah terbukti berhasil mengobati arthritis, bursitis, car pal tunnel syndrome, dan alergi.
  5. Menghilangkan Rasa Sakit. Dari berbagai riset ilmiah yang telah dilakukan, terbukti senyawa yang terkandung dalam mengkudu sangat baik untuk menghilangkan rasa sakit terutama rasa nyeri dalam tubuh.
  6. Anti-bakteri. Hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal Pasific Science melaporkan bahwa mengkudu mengandung bahan anti bakteri yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit jantung dan masalah pencernaan.
Konsumsi buah mengkudu bisa dilakukan dengan cara pengolahan sebagai berikut : ambil 2 buah mengkudu masak, hilangkan bijinya. Kemudian daging buahnya dihancurkan. diperas dan airnya dikumpulkan. Tambah 20 ml madu asli, lalu diaduk hingga rata. Saring kembali, air hasil saringan buah mengkudu dan madu tersebut lalu ditambahkan lagi 100 ml air masak. Larutan inilah yang kemudian diminum sebagai obat.

Semoga bermanfaat...