Jinten Hitam ( Habbatus sauda ), Si Hitam Penyembuh Segala Penyakit

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Jinten hitam itu sebutan yang dikenal oleh orang Indonesia, sedangkan di Arab di kenal dengan sebutan Habba Sauda atau Habbatussauda atau Habbatut Barakah, dengan nama latin Nigella sativa, biji kecil berwarna hitam yang sangat bermanfaat bagi dunia kesehatan.

Ibnu Sina dalam bukunya yang berjudul Canon of Medicine menyatakan bahwa jinten hitam dapat menstimulasi energi tubuh, sebagai zat pengencer dahak, dan memacu semangat hidup. Jinten hitam (habbatussauda) mulai menjadi perhatian ilmuwan sejak akhir tahun 1959. Sejak saat itu banyak studi dan penelitian yang dilakukan, yang hasilnya banyak dimuat dalam artikel-artikel yang dipublikasikan dalam berbagai jurnal ilmiah yang membuktikan kebenaran khasiat dari jinten hitam (habbatussauda). Biji jinten hitam dipakai dan direkomendasikan oleh banyak orang dan sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan, yaitu untuk penyembuh berbagai macam penyakit, seperti karininatif, gangguan pencernaan, diuretik, batuk berdahak, memperkuat sistem imum, anti oksidan, memperkuat sistem imunitas, anti mycotic, anti tumor, meningkatkan produksi ASI, anti kolesterol, anti radang, anti nyeri, meningkatkan kadar HB, dan lain-lain. Berdasarkan penelitian medis ditemukan bahwa ternyata dalam  ekstrak  biji  jinten hitam mengandung efek fn vitro terhadap bakteri dan jamur. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa jinten hitam dalam bentuk olahan atau murni dapat membantu proses penyembuhan alamiah.

Jinten hitam bekerja pada bagian atau sistem tubuh tanpa mengganggu keseimbangan alami dalam tubuh. Selain sebagai obat jinten hityam juga mengandung lebih dari 100 unsur yang mendukung kekebalan tubuh terhadap penyakit termasuk juga unsur yang dapat menyembuhkan kanker.

Jinten hitam yang dikombinasikan dengan kandungan nutrisi dan medis tidak hanya membantu penyembuhan penyakit yang ada saat itu, tetapi juga membantu tubuh membentuk daya tahan terhadap penyakit atau gangguan lainnya di masa mendatang. Dalam uji klinis yang pernah dilakukan, jinten hitam memiliki efek bronchodilating, anti bakteri, pengaturan tekanan darah, dan stimulasi aliran empedu.

Mengingat begitu besar manfaat jinten hitam bagi pencegahan maupun penyembuhan penyakit dan tidak menimbulkan efek samping, maka sudah selayaknya kita menjadikan jinten hitam ini sebagai pengobatan pertama sebelum berobat dengan metode pengobatan medis atau lainnya.

Semoga bermanfaat..