Pengertian Etika Komunikasi, Tujuan Dan Manfaat Etika Komunikasi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengertian Etika KomunikasiEtika merupakan seperangkat norma, aturan, atau pedoman yang mengatur segala perilaku manusia, baik yang harus dilakukan dan yang harus ditinggalkan, yang dianut oleh sekelompok masyarakat. Sedangkan yang dimaksud dengan komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan atau berita yang dimaksud dapat dipahami. Etika komunikasi dapat diartikan sebagai norma, nilai, atau ukuran tingkah laku baik dalam kegiatan komunikasi dalam suatu masyarakat.

Sebagai makhluk sosial, manusia dalam hidupnya tidak terlepas dari komunikasi. Dalam kehidupan bermasyarakat terdapat suatu sistem yang mengatur tentang tata cara individu-individu atau kelompok dalam bergaul. Tata cara pergaulan dalam masyarakat tersebut diadakan dengan tujuan :  
  • menjaga kepentingan para pihak yang bersangkutan agar tidak ada yang merasa dirugikan.
  • agar setiap perbuatan, tindakan, dan tingkah laku yang dilakukan oleh individu-individu atau kelompok dalam masyarakat sesuai dengan adat kebiasaan yang berlaku serta tidak bertentangan dengan hak asasi manusia secara umum.

Tata cara pergaulan yang baik antar individu, kelompok, atau antar individu dengan kelompok dalam suatu masyarakat tersebut merupakan manifestasi dari etika komunikasi. Etika komunikasi merupakan salah satu dari etika khusus, karena membahas bagian tertentu dari kehidupan manusia.
Dalam kaitannya dengan komunikasi, etika komunikasi mencakup segala nilai dan norma yang menjadi standar dan acuan setiap orang dalam berkomunikasi dengan orang lain. Etika komunikasi menilai mana yang tindakan komunikasi yang baik dan buruk berdasarkan standar yang berlaku. Sehingga adanya etika komunikasi adalah untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kesalah-pahaman, perselisihan, pertengkaran, dan lain-lain. Etika komunikasi yang tidak diterapkan dalam pergaulan atau dalam komunikasi antar individu, kelompok, atau antar individu dan kelompok dalam suatu masyarakat dapat menyebabkan buruknya hubungan di antara mereka. Tentunya hal tersebut tidaklah baik, karena bagaimanapun juga sebagai makhluk sosial, manusia akan selalu membutuhkan manusia yang lain.

Tujuan Etika Komunikasi. Terdapat beberapa tujuan dari etika komunikasi, diantaranya adalah :
  • membantu individu atau kelompok dalam masyarakat untuk bertindak secara bebas tapi dapat dipertanggung-jawabkan.
  • membantu individu atau kelompok dalam masyarakat untuk dapat mengambil sikap atau tindakan secara tepat.
  • menciptakan rasa saling menghormati dan menghargai.

Baca juga : Filsafat Komunikasi : Pendekatan Filsafat Dalam Ilmu Komunikasi

Manfaat Etika Komunikasi. Dalam pergaulan bermasyarakat, etika komunikasi mempunyai manfaat yaitu :
  • melancarkan komunikasi dengan orang lain, sehingga hubungan yang sudah terjalin akan semakin erat.
  • memahami apa yang dikomunikasikan oleh orang lain, sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik. 
  • dengan mengikuti dan mentaati etika yang berlaku, kita akan diterima dengan baik dalam lingkungan sosial masyarakat.
  • menumbuhkan rasa saling menghargai di antara anggota masyarakat.
  • mencegah individu atau kelompok untuk tidak bertindak atau berperilaku sembarangan atau seenaknya sendiri dalam berkomunikasi.
  • mempererat hubungan dengan orang lain.

Baca juga : Etika Pemasaran (Konsep Etika Dalam Pemasaran)

Etika komunikasi tidak hanya berkaitan dengan tutur kata yang baik, tetapi juga harus berangkat dari niat tulus yang diekspresikan dari ketenangan, kesabaran, dan empati kita dalam berkomunikasi.

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian etika komunikasi, tujuan dan manfaat etika komunikasi.

Semoga bermanfaat.