Pengertian Investasi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Istilah investasi berasal dari kata "investire" yang berarti memakai atau menggunakan. Investasi, dalam  Ensiklopedia Indonesia diartikan sebagai penanaman modal atau penanaman uang dalam proses produksi dengan membeli gedung-gedung, mesin-mesin, bahan-bahan cadangan, penyelenggaraan uang kas serta perkembangannya.

Investasi dapat juga diartikan sebagai suatu aktivitas menempatkan dana pada suatu periode tertentu dengan harapan penggunaan dana tersebut bisa menghasilkan  keuntungan dan/atau peningkatan nilai investasi. Orang yang berinvestasi disebut sebagai investor.

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli. Banyak ahli telah mengemukakan pendapatnya tentang apa yang dimaksud dengan investasi, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Sadono Sakirno.
Investasi adalah pengeluaran atau pembelanjaan penanam-penanam suatu modal atau perusahaan untuk membeli barang-barang modal dan juga perlengkapan-perlengkapan produksi untuk menambah kemampuan memproduksi barang-barang dan juga jasa-jasa yang tersedia dalam perekonomian.

2. Jogiyanto.
Investasi adalah penundaan konsumsi sekarang untuk dimaksukkan ke aktiva produktif selama periode waktu tertentu.

3. Sunariyah.
Investasi adalah penanaman modal untuk satu ataupun lebih aktiva yang dimiliki yang biasanya memiliki jangka waktu lama dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan.

4. Mulyadi.
Investasi adalah pengaitan sumber-sumber dana dalam jangka panjang untuk mendapatkan hasil laba di masa mendatang.

5. Salim HS dan Budi Sutrisno.
Investasi adalah penanaman modal yang dilakukan oleh investor, baik investor asing maupun domestik dalam berbagai bidang usaha yang terbuka untuk investasi, yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan.

6. Kamaruddin Ahmad.
Investasi adalah menempatkan uang atau dana dengan harapan untuk memperoleh tambahan atau keuntungan tertentu atas uang atau dana tersebut. Kamaruddin Ahmad menekankan investasi pada penempatan uang atau dana, dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Pengertian investasi menurut Kamaruddin Ahmad tersebut berkaitan erat dengan penanaman investasi di bidang pasar modal.

7. Henry Simamora.
Investasi adalah suatu aktiva yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan kekayaannya melalui distribusi hasil investasi (seperti : pendapatan bunga, royalti, dividen, pendapat sewa, dan lain sebagainya) untuk apresiasi nilai investasi atau juga untuk manfaat lain bagi sebuah perusahaan yang melakukan investasi melalui hubungan dagang.

8. James C. von Horn.
Investasi adalah kegiatan yang dilangsungkan dengan memanfaatkan kas pada sekarang ini, dengan tujuan untuk mendapatkan hasil barang di masa yang akan datang.

9. Ftz Gerald.
Investasi adalah kegiatan yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber yang dipakai untuk mengadakan modal barang pada saat sekarang.

10. Haming dan Basalamah.
Investasi adalah :
  • pengeluaran pada masa sekarang untuk pembelian aktiva riil (properti, mobil, dan lain sebagainya)  atau juga aktiva keuangan dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang lebih besar di masa depan.
  • aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber (dana) yang digunakan untuk mengadakan barang modal pada saat sekarang, dan dengan barang modal tersebut akan dihasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang.

Menurut ilmu ekonomi, investasi dapat dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu sebagai berikut :
  • adanya pembelian jenis-jenis barang modal, seperti peralatan produksi yang digunakan untuk membangun beragam jenis perusahaan ataupun industri.
  • adanya pengeluaran untuk membangun bangunan kantor, pabrik, maupun bangunan penunjang lainnya.  Pembangunan yang dilakukan tersebut ditujukan untuk memproduksi sesuatu sehingga dapat menghasilkan modal kembali.
  • adanya peningkatan nilai dalam persediaan barang-barang yang masih belum terjual.  
Ketiga bagian tersebut apabila dijumlahkan akan diperoleh investasi bruto, yang bertujuan :
  1. untuk menambah hasil produksi di dalam perekonomian. 
  2. berperan mengganti barang modal yang telah didepresiasikan.

Pada pokoknya, investasi merupakan penanaman modal yang berkaitan erat dengan keuangan dan ekonomi. Oleh karenanya, investasi memiliki peranan penting dalam perekonomian, baik di dalam maupun di luar negeri, baik bagi pemerintah maupun bagi swasta. 

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian investasi.

Semoga bermanfaat.