Kombinasi Warna Putih

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Warna putih masih menjadi pilihan utama untuk melapisi tembok rumah. Selain netral, warna putih juga mampu memberikan kesan luas dan terang. Hanya saja jika seluruh bagian rumah dicat putih tentunya sangat bisa membosankan. 

gambar : otako.org
Agar warna putih di tembok rumah lebih menarik, diperlukan sentuhan warna berbeda yang bisa diaplikasikan pada furniture, hiasan dinding, atau lainnya. Pada dasarnya, warna memegang peranan penting dalam rumah. Rumah dengan konsep arsitektur dan desain menarik pun akan terasa kurang maksimal jika penerapan warnanya kurang pas. Sebaliknya, desain rumah yang sederhana bisa tampil menarik dengan perpaduan warna yang tepat.

Secara umum, pilihan warna akan selalu dipengaruhi oleh tren arsitektur dan interior, lokal maupun global. Adapun untuk aplikasinya tergantung pada kebutuhan masing-masing ruang dan kesan yang ingin dihadirkan. Ciptakan kontras yang efektif memberikan efek hidup, terutama di ruangan-ruangan yang mulai terasa membosankan. Misalnya ruang tamu dan kamar tidur.

Beberapa kombinasi warna dengan warna putih :

1. Warna Merah.
Warna merah akan membangkitkan semangat, Jadi sebaiknya hindari penggunaan warna merah di kamar tidur yang merupakan wilayah untuk beristirahat. Sebaliknya, gunakan warna merah pada ruang tamu. Warna merah dipercaya akan membuat orang semangat untuk mengobrol. Atau warna merah juga bisa digunakan untuk aksen di ruang makan, karena warna merah membuat orang semakin berselera. Kalau ruagan tidak cukup besar atau luas, jangan menggunakan warna merah secara berlebihan. Jika warna merah digunakan secara berlebihan di ruangan yang tidak terlalu besar atau luas, justru akan  membuat ruangan terlihat semakin sempit dan panas. Tetap sisakan warna putih pada tembok agar kesan luas dapat dipertahankan. Sentuhan warna merah bisa digunakan pada taplak meja atau bantal kursi saja.

2. Warna Perak.
Yang dimaksud warna perak di sini adalah warna logam yang terlihat pada setingan meja makan. Rumah yang kecil dan tidak terlalu luas seperti di rumah di perumahan sederhana, tidak menyisakan banyak lahan untuk ruang makan. karena itu pemilihan warna yang cenderung putih diperlukan agar ruangan tetap terlihat luas. Perak adalah pilihan yang sangat pas untuk ruang makan ini.

3. Warna Biru.
Riset membuktikan bahwa warna biru membuat kita tidak berselera makan. Jadi, hindari warna ini di ruang makan. Di sisi lain, warna biru dapat memberi memberi efek tenang dan produktif. Warna biru dapat diaplikasikan di kamar tidur, ruang kerja atau ruang baca. Kamar anak juga bisa menjadi pilihan untuk pengaplikasian warna biru. Kombinasi warna putih dan biru memberikan kesan tenang. Anak akan merasa nyaman dan bisa tidur dengan cepat.

4. Warna Hujau.
Mirip dengan warna biru, warna hijau juga identik dengan ketenangan. Karena sifatnya yang menenangkan, warna hijau cocok untuk diterapkan di tempat tidur, terutam bagi para pekerja. Warna hijau akan membuat pikiran jadi lebih tenang. Agar lebih mengena, dapat ditambahkan aksen warna cokelat yang hangat pada lemari atau furnitur di dalam kamar. (dari majalah Sekar)

Semoga bermanfaat.