Hypnoterapi, Tetap Langsing Walaupun Banyak Makan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Banyak orang, terutama perempuan, menganggap berat badan berlebih merupakan momok dalam hidupnya. Banyak cara ditempuh untuk memiliki berat badan dan bentuk tubuh ideal. Segala macam metode penurunan berat badan akan dengan rela mereka jalani.

Ada tiga hal yang menyebabkan berat badan seseorang tidak juga berkurang, yaitu :
  • Makan ketika sedang emosional (emotional eating). Salah satu cara seseorang melarikan diri dari masalahnya adalah dengan makan. Akibatnya mereka terbiasa melakukan apa yang dinamakan emotional eating. Walaupun sebenarnya perut sudah kenyang, tapi kita tetap tidak berhenti untuk terus mengunyah. Yang dipikirkan hanyalah makan dan makan.
  • Diet secara berlebihan (obsessive dieting). Diet sebenarnya adalah seperangkat aturan tentang yang boleh dan tidak boleh soal makanan, tentang yang sehat dan tidak sehat, tentang yang baik dan tidak baik. Begitu seseorang lepas dari diet, biasanya berat badannya akan bertambah karena ia akan melampiaskannya pada makanan. 
  • Pemrograman yang keliru (faulty programming). Seringkali dipikiran banyak orang sudah tertanam anggapan-anggapan yang salah tentang kegemukan. Banyak orang menghubungkan badan yang gemuk dengan kesuksesan dalam hidup atau berhubungan dengan anak yang lucu. Hal-hal tersebut dan apapun yang dikatakan tersebut akan mudah tertanam di alam bawah sadarnya dan tanpa disadari, ia akan menggemukkan badannya.

Banyak orang yang gagal menurunkan berat badan terjebak dalam tubuh gemuk dan merasa tidak percaya diri. Dan hal tersebut membuat mereka stres, dan sebagian dari mereka mencari rasa nyaman dengan makan. Akibatnya mereka akan semakin gemuk dan semakin tidak percaya diri. Apabila kita merasa gagal dalam program penurunan berat badan, yang perlu dilakukan adalah memrogram ulang pikiran bawah sadar kita. Tujuannya adalah untuk menghentikan emotional eating, mempercepat metabolisme tubuh, dan merasa nyaman dengan diri kita sendiri. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjalankan metode hipnoterapi.

Dengan hipnoterapi, kita mengubah keyakinan-keyakinan yang keliru dalam diri kita. Mengubah pemahaman tentang dirinya, kebiasaannya, penurunan berat badannya, makanan, emosi, dan lain sebagainya. Semuanya tanpa diet, tanpa minum pil, atau cara-cara yang lain.

Dalam hipnoterapi dikenal ada lima aturan ajaib (magic rules) yang diterapkan, yang semuanya adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, yaitu :
  1. Makanlah ketika lapar fisik. Biasakan makan ketika tubuh mulai memberikan sinyal rasa lapar. Dan berhentilah makan ketika sudah terasa tidak lapar dan tidak terlalu kenyang. Atau saat tubuh telah memiliki cukup tenaga untuk bergerak. Lebih dari itu, hendaknya kita bisa membedakan antara lapar fisik dan lapar emosional. Emotional eating datang secara tiba-tiba, mendesak, dan tidak bisa dipuaskan dengan makanan. Sedangkan lapar fisik datang secara bertahap, perlahan, dan dapat dipuaskan dengan makanan. 
  2. Makanlah apapuin yang diinginkan. Kita harus berdamai dengan makanan. Biarkan tubuh kita makan apapun tanpa syarat. Bagitu tahu bisa makan apapun yang diinginkan, kita akan cenderung tidak makan sebanyak sebelumnya karena merasa akan selalu ada hari esok.
  3.  Makanlah secara sadar dan perlahan. Makan dengan sadar dan perlahan bertujuan untuk mengenali sinyal tubuh, apakah sudah netral, sudah nyaman, atau sudah kenyang. Makan dengan tergesa-gesa membuat kita tidak memperhatikan sinyal dari perut yang mengatakan bahwa kita sudah kenyang. Kalau sudah begitu, perut kita akan semakin buncit dan berat badan bertambah.
  4. Katika netral, berhentilan makan. Berhenti makan sebelum terasa kekenyangan, dengan begitu kita akan memiliki energi untuk beraktivitas dan metabolisme tubuh akan lancar. Kita mesti latihan untuk bisa memahami sinyal-sinyal tersebut. Cara mudah adalah dengan menakar porsi makanan sebelum makan karena kita sendiri yang tahu kebutuhan kita.
  5. Tingkatkan aktivitas tubuh. Yang paling gampang, menyenangkan, dan tidak membebani adalah dengan lebih banyak berjalan. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan olah raga, misalnya berenang. 

Berikut adalah tingkatan-tingkatan lapar dan kenyang, berikut tanda-tandanya.

1. Tingkatan lapar adalah :
  • Starving (benar-benar kelaparan). Kelaparan yang ditandai kelelahan fisik, seperti pusing atau lemas.
  • Extremely hungry (amat sangat lapar). Ditandai dengan berkurangnya daya konsentrasi dan lekas marah.
  • Very hungry (sangat lapar). Dorongan untuk makan sangat kuat, perut terasa keroncongan.
  • Hungry (lapar). Tubuh mulai memberikan sinyal rasa lapar, mulai berpikir tentang makanan.
  • Neutral (netral). tidak lapar, tapi juga tidak kenyang. Tubuh akan memiliki cukup tenaga untuk bergerak.

2. Tingkatan kenyang adalah :
  • Comfortable (nyaman). Merasa cukup.
  • Full (penuh). Lebih dari cukup. 
  • Uncomfortably full (penuh atau kenyang yang tidak nyaman). Mulai merasa sakit karena kekenyangan.
  • Very uncomfortably full (sangat penuh atau kenyang yang tidak nyaman ). Merasa mual dan sangat tidak nyaman sampai ingin mengendurkan ikat pinggang.
  • Stuffes (penuh sesak). Sangat kenyang sampai tidak bisa bergerak lagi dan tidak mau makan minum lagi.

Semoga bermanfaat.