Seputar Jerawat Dan Cara Mengatasinya

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Jerawat memang selalu menjadi problem, terutama pada anak-anak remaja. Timbulnya jerawat pada remaja, biasanya disebabkan karena perubahan hormon selama masa pubertas, yang membuat kelenjar sebasea (kelenjar penghasil minyak) di kulit menjadi lebih aktif dan menghasilkan minyak yang berlebih. Biasanya jerawat pada remaja akan muncul di wajah, leher, dada, punggung, dan bahu. Timbulnya jerawat pada remaja merupakan hal yang normal. Seiring bertambahnya usia, kelenjar minyak akan berproduksi normal kembali dan jerawat akan hilang dengan sendirinya.

Jika salah dalam penanganan, jerawat akan meninggalkan noda bekas di kulit yang tentunya kurang sedap untuk dipandang mata. Untuk mengatasi jerawat, selain datang ke dokter kulit atau salon kecantikan kulit, anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Beberapa cara penanganan jerawat yang bisa anda dilakukan adalah sebagai berikut :
  1. Air hangat dan dingin. Air hangat dan air dingin ketika dibasuhkan di wajah ternyata memiliki manfaat. Air hangat, sangat baik untuk melancarkan peredaran darah, melembabkan kulit, merevitalisasi kulit, serta memberi tambahan oksigen pada kulit. Uap dari air hangat juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kotoran pada wajah. Uap air hangat dapat membuka pori-pori, sehingga komedo dan bakteri pada jerawat dapat keluar. Sedangkan air dingin, dapat bermanfaat untuk menyegarkan wajah dan meredakan kemerahan pada jerawat di wajah. Air dingin juga bisa merapatkan kembali pori-pori kulit wajah setelah membersihkan wajah dengan air hangat. 
  2. Kulit tomat dan mentimun. Gosokkan kulit bagian dalam dari buah tomat atau mentimun secara perlahan pada kulit wajah selama lebih kurang 15 menit, kemudian cuci wajag dengan air bersih. Manfaat dari kulit tomat atau mentimun adalah untuk mengecilkan pori-pori kulit, serta mengurangi kadar minyak dalam kulit, yang merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat.
  3. Putih telur. Kocok putih telur sebentar dan oles secara merata pada wajah, kemudian diamkan selama lebih kurang 15 menit, lalu bilas wajah dengan air bersih.
  4. Pasta gigi. Gunakan pasta gigi yang berbentuk pasta, jangan yang berbentuk gel. Oleskan pasta gigi pada bagian wajah yang berjerawat ketika hendak berangkat tidur.
  5. Daun lidah buaya. Dengan mengoleskan daun lidah buaya yang sudah dipotong-potong dan dikupas kulit luarnya pada bagian wajah yang berjerawat. Lakukan hal tersebut setiap pagi dan sore selama tiga hari, maka jerawat akan mengering dan mengelupas.
  6. Es batu. Gunakan es batu untuk merapatkan kembali pori-pori kulit wajah, setelah jerawat sembuh. Caranya dengan mengusap-usapkan es batu pada wajah selama lebih kurang 15 menit.

Jika anda berjerawat jangan sekali-kali pernah melakukan hal-hal di bawah ini :
  • Menyentuh wajah dengan tangan langsung, karena sangat rentan terkena kotoran dan bakteri. 
  • Memencet jerawat, karena akan membuat kulit menjadi bengkak karena infeksi, sehingga proses penyembuhan jerawat akan semakin lama.
  • Mengoleskan terlalu banyak krim penghilang jerawat, karena ada beberapa zat yang terkandung dalam krim penghilang jerawat yang bisa mengakibatkan iritasi kulit.

Untuk mendapatkan kulit  wajah yang terlihat halus tanpa adanya jerawat atau noda bekas jerawat, banyak cara bisa dilakukan. Berikut ini cara mudah untuk terhindar dari noda dan jerawat yang mengganggu :

1. Bersihkan. 
Cuci wajah anda dengan pembersih yang bebas minyak dan parfum. Lebih baik jika menggunakan pembersih dengan pH seimbang. Apabila memiliki kulit berminyak, gunakan pembersih yang mengandung asam salisik. Ketika membersihkan wajah, jangan meggosok terlalu keras karena akan mengakibatkan iritasi. Anda tiak perlu menggunakan toner kecuali wajah anda sangat berminyak. Apabila kulit wajah anda memang berminyak, dan harus menggunakan toner, cukup sapukan pada daerah T. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air. Membiarkan toner tanpa dibilas akan membuat kulit keriput. Gunakan masker tiga hari sekali untuk menyerap minyak berlebih.

2. Rawat. 
Gunakan salep khusus jerawat yang biasanya mengandung benzoil peroksida, asam glikolik, dan asam salisik. Sapukan ke seluruh wajah, jangan hanya di bagian yang ada jerawatnya. Dimalam hari, gunakan produk khusus untuk megeringkan jerawat dan pelembab yang bebas minyak. Pagi harinya, usapkan tabir surya yang juga bebas minyak ke seluruh wajah.

3. Samarkan. 
Dengan menggunakan kuas kecil, sapukan consealer atau cream foundation yang berwarna sama dengan kulit anda. Aplikasikan hanya pada daerah yang bernoda. Selanjutnya gunakan jari untuk menyingkirkan concealer yang berlebih. Jika perlu, sapukan sekali lagi concealer di daerah tersebut.

Demikian penjelasan berkaitan dengan seputar jerawat dan cara mengatasinya.

Semoga bermanfaat.