Menangani Sampah Dan Barang-Barang Tidak Terpakai Di Rumah

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Sampah merupakan sisa-sisa atau barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan atau tidak terpakai lagi. Ada dua jenis sampah yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari kita, yaitu sampah organik, seperti sisa makanan dan sampah non organik, seperti plastik, dan lain-lain. Kedua jenis sampah tersebut apabila tidak dikelola dengan baik, sama-sama akan mencemari lingkungan tempat kita tinggal dan pada akhirnya sama-sama menyebabkan timbulnya bakteri atau kuman bibit penyakit.

Di saat musim penghujan, penumpukan sampah akan semakin menyuburkan tumbuh berkembangnya berbagai macam penyakit di sekitar kita. Oleh karenanya, kita mesti pintar mengelola sampah, terutama benda-benda di rumah kita yang sudah tidak terpakai lagi agar tidak menjadi sarang penyakit dan mencemari lingkungan tempat kita hidup.

Ada banyak cara untuk menanggulangi dan mengelola sampah sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar kita. Beberapa cara penanganan sampah dan barang-barang yang tidak terpakai di rumah  adalah :
  • Pisahkan sampah sesuai dengan jenisnya, sampah organik (yang bisa membusuk)  dan sampah anorganik (yang tidak bisa membusuk, dibagi dua kelompok yaitu yang bisa di daur ulang dan yang tidak dapat di daur ulang ). Sediakan tempat masing-masing untuk jenis-jenis sampah tersebut.
  • Olah sampah organik menjadi pupuk, sehingga bisa bermanfaat untuk menyuburkan tanman anda.
  • Sebelum anda membuang barang-barang, pilihlah terlebih dahulu, gunakan kembali barang atau wadah yang masih bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain. Kalau bisa diperbaiki cobalah diperbaiki terlebih dahulu.
  • Jual atau berikan sampah-sampah yang bisa didaur ulang, seperti plastik, kertas, dan lain-lain kepada pemulung atau tukang loak, sehingga tidak menumpuk dan tidak bermanfaat.
  • Bersihkan tempat sampah secara teratur, cuci tempat sampah dengan memakai sabun atau anti septik.
  • Jangan pernah sekali-kali membakar sampah. Asap yang dihasilkan dari pembakaran sampah akan membuat racun dan menyebabkan polusi udara.
  • Jangan mengubur sampah dalam tanah sebelum dilakukan pengolahan, karena kandungan rancun dalam sampah bisa mempengaruhi kualitas air tanah dan tanaman di sekitarnya.  

Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Apabila lingkungan tempat tinggal kita bersih, tentunya hidup kita akan terasa nyaman, segala jenis penyakit akan menghindari kita. Maka dari itu, mulai sekarang kita galakkan pola hidup hidup bersih demi kesehatan kita, keluarga dan masyarakat sekitar kita.

Semoga bermanfaat.