Serba Serbi Cerita Tentang Sepeda

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Akhir-akhir ini sepeda kembali mulai eksis. Banyak kalangan masyarakat saat ini kembali memfungsikan sepeda sebagai sarana transportasi baik untuk ke sekolah maupun ke kantor. Tentunya sepeda juga berfungsi sebagai alat rekreasi yang murah sekaligus olah raga.

Alangkah baiknya, kalau para penggiat dan pengguna sepeda itu tahu tentang sejarah kendaraan roda dua tersebut. Berikut sejarah dan serba serbi tentang sepeda :
  • Sepeda ditemukan pertama kali pada tahun 1817 oleh Karl von Drais, seorang bangsawan asal Jerman. Ia membuat kereta tanpa kuda yang bisa membawanya keliling kota lebih cepat. Sepeda buatannya punya dua roda, tanpa pedal, dan berkerak dengan cara melangkahkan kai. Benda ini kemudian diberi namadraisine, sesuai dengan nama penemunya.
  • Kereta roda dua ini baru mempunyai nama pada tahun 1860 : vent a velo.
  • Kakak beradik Orville dan Wilbur Wright adalah sepasang saudara penemu pesawat terbang. Mereka memulai usahanya tersebut dengan membuka tempat reparasi atau servis sepeda pada tahun 1903.
  • Orang pertama yang keliling dunia dengan menaiki sepeda adalah Fred A. Birchmore pada tahun 1935, disaat usianya 25 tahun. Perjalanannya dari Eropa, Asia, sampai Amerika dicapai dengan mengayuh sepeda sejauh kurang lebih 40.000 km.
  • Di China ada 500 juta sepeda. Dan sepeda pertama tiba di China pada tahun 1800-an.
  • Setiap tahun dihasilkan 100 juta sepeda di seluruh dunia.
  • Pada 30 tahun terakhir ini, sepeda menjadi kendaraan yang penting dan semakin meningkat produksinya karena semakin banyak orang sadar bersepeda mengurangi polusi udara.
  • Orang Belanda adalah pemakai sepeda yang setia. Dibandingkan dengan bangsa lain, orang Belanda akan naik sepeda kemana saja.
  • Tour de France adalah lomba balap sepeda paling terkenal di dunia. Pertama kali diadakan pada tahun 1903.
  • Bicycle Moto Cross (BMX), adalah olah raga sepeda yang cukup menantang, pertama kali dilombakan di Olimpiade tahun 2008 di Beijing, China. Maris Strombergs dari Latvia meraih mendali emas untuk kelas BMX putra, dan Anne Caroline Chausson dari Perancis meraih mendali emas kelas BMX perempuan.

Seiring dengan kemajuan teknologi, sepeda yang sekarang dijual di pasaran telah mengalami banyak kemajuan, baik dari bentuk dan bahan baku pembuat sepeda. Hal tersebut dilakukan untuk memanjakan para pemakai dan penghobby sepeda. Sepeda jenis apa yang kita inginkan, tinggal pilih di toko-toko sepeda sesuai dengan selera dan kemampuan dompet kita.

Semoga bermanfaat.