Socratea Exorrhiza (Walking Palm) Dan Bunga Bangkai (Titan Arum) Tanaman Unik

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Di dunia ini sangat banyak tanaman yang tergolong unik, baik dilihat dari bentuk batangnya, bunganya, habitat di mana tanaman tersebut tumbuh, dan lain-lain. Bahkan seringkali jenis tanaman tersebut digunakan untuk simbol atau lambang daerah tertentu. Dua di antara banyak tanaman yang tergolong unik tersebut adalah :

1. Socratea Exorrhiza atau Walking Palm.

Ketika kita melihat tumbuhan di dalam pot ataupun pohon yang tertanam di tanah, kita akan mendapati bahwa tumbuhan tersebut akan tetap berada  pada tempatnya sampai kapanpun juga hingga ada orang yang memindahkannya ke tempat lain.
Hal itu karena tumbuhan bukan layaknya manusia atau hewan yang  memiliki kaki untuk berjalan dan berpindah tempat tanpa bantuan yang lain. Tetapi beda dengan fenomena yang satu ini, yaitu tumbuhan yang bisa berpindah tempat sendiri, layaknya seperti tokoh Ent, pohon raksasa dalam film Lord of The Ring. Tumbuhan ini bisa berjalan layaknya manusia maupun hewan yang memiliki kaki, jadi tumbuhan ini tidak lagi memerlukan bantuan orang untuk memindahkannya ke tempat yang berbeda dari tempat semula.
Socratea exorrhiza, tumbuhan berjenis palm, yang dapat ditemui di hutan hujan tropis Amazon Amerika Selatan. Pohon ini benar-benar bisa berpindah dari tempat semula pohon ini tumbuh, berpindah ke tempat lain. Oleh karenanya Socratea exorrhiza oleh banyak orang sering disebut dengan sebutan Walking Palm.
Yang sering menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara pohon ini berjalan, tentu jawabannya bukan karena pohon ini mempunyai kaki layaknya manusia atau hewan. Berpindahnya pohon tersebut dari tempat semula terjadi semata-mata karena pergerakan akar yang mengikuti arah/mencari cahaya matahari. Karena socratea exorrhiza si walking palm ini tumbuh di hutan hujan tropis Amazon yang terkenal dengan kelebatan hutannya, dimana tidak semua tempat di hutan tersebut terkena cahaya matahari langsung. Akar dari pohon socratea exorrhiza  yang tidak terkena cahaya matahari akan mati dan kemudian digantikan oleh pertumbuhan akar yang baru, yang muncul dari bagian batang pohon. Akar dari socratea exorrhiza  ini kalau diperhatikan seolah-olah bagaikan tentakel gurita.

2. Bunga Bangkai atau Titan Arum.

Titan arum atau bunga bangkai, yang mempunyai nama latin Amorphophallus Titanum Becc, termasuk dalam marga tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae). Bunga bangkai mempunyai beberapa keunikan, diantaranya adalah :
  • Ukurannya. Ukuran bunganya yang besar. Bahkan tanaman ini termasuk salah satu yang mempunyai bunga terbesar di dunia. 
  • Baunya. Bila bunga pada umumnya hampir selalu identik dengan aroma yang wangi dan harum, lain halnya dengan bunga bangkai. Sesuai dengan namanya, bunga bangkai ini mengeluarkan bau seakan-akan ada mayat membusuk.
Bunga yang juga disebut Suweg Raksasa ini ditemukan pertama kali pada tahun 1878, di pulau Sumatera. Walaupun mengeluarkan bau tidak sedap, bunga ini tetap memiliki pesona. Bagian-bagiannya tumbuh tinggi besar. Awalnya, bunga bangkai hanya hidup di daerah hutan hujan basah. Saat ini ada sekitar 170 jenis bunga bangkai yang terdapat di seluruh dunia, dan 25 jenis diantaranya tumbuh dan berkembang di Indonesia, seperti di daerah Semarang, Pontianak, dan Lombok Barat. Di habitat aslinya tanaman ini sudah nyaris punah, sebagai akibat dari pembukaan hutan untuk kemudian dijadikan area perkebunan. Saking langkanya bunga ini sering menjadi incaran para kolektor tanaman unik.
Bunga bangkai membutuhkan banyak cadangan makanan untuk bisa menjadi sebuah bunga raksasa. Fase penyimpanan cadangan makanan ini bisa memakan waktu antara dua sampai empat tahun. Karena membutuhkan waktu yang sangat lama untuk memunculkan satu bunga, kehadiran bunga bangkai jadi sagat ditunggu-tunggu masyarakat. Tidak hanya di Indonesia tapi juga di penjuru dunia. 
Hanya saja, bunga bangkai mekar cuma berlangsung selama satu minggu. Setelah itu, bungapun layu. Umbinya kembali mengempis dan bunga kembali ke ukuran semula. Bila mendapatkan cukup air, tunas daun akan berkembang dan dimulai lagi lah fase pertumbuhan.  

Semoga bermanfaat...