Pohon Serut, Beringin Putih, Dan Beringin Dollar Penghias Taman Rumah

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Banyak jenis tanaman yang banyak diburu orang untuk menghias taman rumahnya. Beberapa di antaranya adalah pohon serut, pohon beringin putih, dan pohon beringin dollar. Bentuknya yang artistik membuat ketiga jenis tanaman tersebut sangat populer dan mempunyai penggemarnya masing-masing. Mereka akan rela untuk merogoh kantongnya dalam-dalam hanya untuk mendapatkan tanaman tersebut. Memang ketiga jenis tanaman tersebut termasuk tanaman premium yang harganya relatif mahal.

abi asmana1. Pohon Serut.

Pohon serut, jenis tanaman keras yang biasa hidup di dataran rendah, yang habitatnya banyak ditemukan disekitar kawasan hutan jati.  Pohon liar ini belakangan kembali diburu orang, setelah pada periode tahun 1990-an serut sangat populer sebagai pohon yang digunakan sebagai bahan bonsai.
Pohon serut mempunyai penggemar tersendiri. Dalam ukuran yang besar, pohon serut biasanya digunakan sebagai tanaman taman, tentunya untuk taman yang mempunyai luas tanah yang mencukupi. Sebagai tanaman taman, perawatan pohon serut tidaklah susah, penyiraman air tidak perlu dilakukan setiap hari,  untuk mendapatkan bentuk batang yang kekar dan daun yang sehat perlu dilakukan pemupukan secara berkala, dianjurkan untuk menggunakan pupuk kandang, pemotongan ranting secara teratur dan berkala perlu juga dilakukan untuk mendapatkan bentuk pohon serut yang diinginkan.
Pohon serut rentan dengan hama kutu putih, oleh karenanya diperlukan penyemprotan insektisida dengan ukuran dan dosis tertentu secara berkala, selain mesti juga menjaga tingkat kelembaban dari media tanam pohon serut tersebut.
Dipasaran harga pohon serut bervariasi, dari harga ratusan ribu rupiah, sampai jutaan rupiah tergantung dari besar kecilnya dan bentuk dari pohon serut tersebut. Jadi bagi anda yang hobby dengan tanaman liar untuk menghiasi taman rumah anda, serut merupakan pilihan yang tepat.

2.  Pohon Beringin Putih.
abi-astacala.blogspot.com
Beringin Putih (Ficus Benjamina Variegata), di kalangan pecinta tanaman taman, pohon ini mempunyai tempat tersendiri.  Beringin putih merupakan jenis tanaman pekarangan yang biasa digunakan untuk tanaman taman. Beringin putih merupakan tanaman yang mudah beradaptasi bahkan dalam cuaca yang cukup ekstrim.
Untuk pertumbuhannya spesies asli beringin putih tergolong lambat, oleh karenanya sering dijumpai untuk mendapatkan pohon beringin putih dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan, dilakukan penyambungan dahan beringin putih dengan batang pokok/batang bawah pohon beringin biasa.
Sebagai tanaman taman akan lebih mempunyai nilai artistik, apabila beringin putih ini ditanam pada taman yang mempunyai luas lahan yang mencukupi. Beringin putih tidak memerlukan banyak air, sehingga penyiraman tidak harus dilakukan setiap hari. Untuk menjaga pertumbuhan dan penguatan daun dibutuhkan pupuk yang sesuai dan pemupukan dilakukan secara teratur.
Harga beringin putih dipasaran tidak ada patokan yang pasti, tergantung dari bentuk dan besar kecil ukuran dari pohon beringin putih tersebut.

3. Pohon Beringin Dollar.

abi-asmana.blogspot.comPohon beringin dollar biasanya digunakan untuk tanaman taman outdoor.  Karena sifat asli pertumbuhan tanaman ini relatif lama, maka biasanya petani tanaman ini melakukan penyambungan species asli tanaman ini dengan batang dari jenis pohon beringin, sehingga memperoleh bentuk dan ukuran yang diinginkan.
Pohon beringin dollar ini rentan dengan hama kutu putih, sehingga untuk menghindari hama ini perlu dilakukan penyemprotan insektisida dengan dosis tertentu secara berkala. Untuk perawatan pohon beringin dollar ini relatif mudah, dikarenakan pohon ini tidak terlalu membutuhkan siraman air yang terlalu banyak. Sedangkan untuk bentuk dari pohon ini hanya diperlukan pemotongan ranting dan daun secara berkala untuk mendapatkan bentuk sesuai dengan yang diinginkan. Sebagai tanaman hias taman, pohon beringin dollar dianjurkan untuk ditanam di taman yang mempunyai luas lahan mencukupi dan proporsional.
Di pasaran harga pohon beringin dollar ini belum ada patokan bakunya, hal ini karena pohon beringin dollar masih tergolong sebagai tanaman koleksi. Saat ini harga pohon beringin dollar di pasaran minimal sebesar Rp.1.500.000,00 tergantung dari besar kecil dan bentuk dari pohon beringin dollar tersebut.

Semoga bermanfaat...