Penggolongan Penelitian Ilmu Sosial

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Penelitian merupakan salah satu hal yang penting untuk memantapkan peneliti dalam kegiatan keilmuan di bidangnya masing-masing. Dalam penelitian ilmu-ilmu sosial terdapat bermacam-macam dasar pendekatan, pengembangan metode, penentuan strategi, dan teknik penelitian. Hal-hal tersebutlah yang akan menghasilkan hasil penelitian yang diakui dan mendapat legitimasi ilmiah.

Penelitian merupakan suatu kegiatan atau proses sistematis yang dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah untuk memecahkan masalah dengan dukungan data sebagai landasan dalam mengambil suatu kesimpulan. Sebuah penelitian dapat digolongkan berdasarkan beberapa kriteria, yaitu :
1. Penelitian berdasarkan tujuannya, terbagi menjadi :
  • Penelitian Dasar, bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. 
  • Penelitian Terapan, bertujuan untuk memecahkan problem mendesak dan hasilnya dapat dimanfaatkan dengan segera dalam kehidupan praktis. 
2. Penelitian berdasarkan desain metodologinya, terbagi menjadi :
  • Penelitian Eksperimen (Penelitian Kausal Komparatif), bertujuan untuk membandingkan dan mencari hubungan sebab akibat. Eksperimen adalah situasi penelitian di mana peneliti paling tidak mengatur (memanipulasi) suatu variabel penelitian untuk mengetahui apakah terdapat hasil yang berbeda dari pengaturan atau perubahan variabel independen tersebut. 
  • Penelitian Ex Post Facto, peneliti tidak berusaha mengendalikan atau mengatur atau memanipulasi variabel independen, karena variabel penelitinya sudah terjadi. Data yang diperoleh sudah terjadi dan terjadinya bukan pada saat penelitian dilakukan.
  • Penelitian Survey, data yang digunakan pada penelitian tipe ini merupakan current status. Data diperoleh pada saat penelitian dilaksanakan. 
  • Penelitian Historis, bertujuan untuk mendeskripsikan fakta-fakta pada masa lampau. Penelitian ini  merupakan kegiatan penelitian untuk memecahkan masalah. Peneliti akan menggali atau mencari data penelitian yang telah terjadi pada masa lampau.
  • Penelitian Ethnography, merupakan pendeskripsian secara analitik dan mendalam tentang situasi kultural yang spesifik. Pada umumnya digunakan pada penelitiandi bidang Antropologi. 
  • Peneltian Dokumen (Content Analysis), berusaha menganalisa dokumen untuk mengetahui isi dan makna yang terkandung dalam dokumen tersebut.                                                                            
Suatu penelitian akan menghasilkan teori. Teori akan membantu dalam merumuskan problem, pengajuan hipotesis, penyususnan design, pengembangan instrumen, pengumpulan dan analisa data, serta membantu dalam menginterpretasi data.

Demikian penjelasan berkaitan dengan penelitian ilmu sosial.

Semoga bermanfaat.