Kelebihan Dan Kekurangan Model Pembiayaan Lewat Modal Ventura

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Modal ventura, dalam  Keputusan Presiden RI Nomor : 61 Tahun 1988 tentang Lembaga Pembiayaan diartikan sebagai usaha pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan (investee company) untuk jangka waktu tertentu. Sebagai salah satu model pembiayaan dari sekian banyaknya model pembiayaan yang ada, modal ventura tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan model pembiayaan yang lain.

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari pembiayaan dengan model modal ventura :

Baca juga : Perusahaan Pasangan Usaha Dalam Modal Ventura

1. Kelebihan Model Pembiayaan Lewat Modal Ventura.
Sebagai suatu institusi lembaga pembiayaan, modal ventura tentunya mempunyai kelebihan dibandingkan dengan institusi lembaga pembiayaan yang lain. Beberapa kelebihan (keunggulan) model pembiayaan lewat modal ventura antara lain sebagai berikut :
  • Merupakan dana jangka pendek dan menengah yang relatif murah dan dengan sistem repayment yang cukup fleksibel.
  • Merupakan sumber dana bagi perusahaan yang baru yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan dana dari sumber pendanaan lainnya.
  • Bantuan manajemen yang diberikan oleh perusahaan modal ventura terhadap perusahaan pasangan usaha biasanya ikut menambah majunya perusahaan.
  • Biasanya perusahaan modal ventura sangat konsern terhadap maju mundurnya perusahaan, sehingga jalannya perusahaan pasangan usaha selalu dimonitor.
  • Tambahan modal baru dapat meningkatkan kemampuan perusahaan untuk memperoleh pinjaman/bantuan dalam bentuk lainnya.
  • Karena umumnya perusahaan modal ventura adalah perusahaan yang sudah mempunyai reputasi, maka dengan penyertaan sahamnya ke dalam perusahaan pasangan usaha, ikut pula menaikkan pamor dari perusahaan pasangan usaha tersebut.
  • Perusahaan pasangan usaha dapat memperluas jaringan usaha lewat partner-partner baru yang dimiliki oleh perusahaan modal ventura.
  • Karena modal ventura ini umumnya diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang masih kecil, maka ini merupakan salah satu upaya untuk mengangkat dan melindungi pengusaha kecil, dan memperluas kesempatan kerja.
2. Kekurangan Model Pembiayaan Lewat Modal Ventura.
Di samping kelebihan-kelebihan dari sistem pembiayaan lewat modal ventura, sebagai suatu institusi lembaga pembiayaan, modal ventura juga mempunyai kelemahan-kelemahan dibandingkan dengan institusi lembaga pembiayaan yang lain. Beberapa kelemahan model pembiayaan lewat modal ventura adalah sebagai berikut :
  • Bila dilihat secara jangka panjang, pendanaan lewat modal ventura ini bisa sangat mahal. Hal ini disebabkan karena pembiayaan lewat modal ventura menggunakan sistem bagi hasil.  Jadi return yang diperoleh oleh perusahaan modal ventura dari perusahaan pasangan usahanya bisa sangat besar, terutama jika bisnis dari perusahaan pasangan usahanya sukses.
  • Bantuan finansial lewat modal ventura hanya dapat diberikan kepada perusahaan tertentu saja, dan biasanya sangat selektif. Hanya terhadap perusahaan yang berprosek super bagus saja yang sapat dilayani oleh perusahaan modal ventura. Dalam praktek, justru lebih banyak perusahaan yang ditolak daripada perusahaan yang diterima proposalnya.
  • Para pendiri perusahaan pasangan usaha yang dibiayai oleh perusahaan modal ventura dapat kehilangan kontrol dan kepemilikan dari perusahaannya berhubung manajemen dan saham yang dipegang oleh perusahaan modal ventura. Apabila perusahaan menunjukkan gejala kegagalannya, perusahaan cenderung di take over atau bahkan langsung dilikuidasi.

Baca juga : Proses Dan Prosedur Serta Kelangsungan Usaha Modal Ventura

Demikian penjelasan berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan model pembiayaan lewat modal ventura.

Semoga bermanfaat.