Mengenal Jenis-Jenis Dan Fungsi Sapu

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Sapu, salah satu peralatan yang akrab dengan aktifitas rumah tangga sehari-hari. Dengan sapu kita bisa membersihkan bagian-bagian rumah sampai ke sudut yang sulit sekalipun. Memang dengan kemajuan teknologi sudah ada vacum cleaner, tapi sapu tetap menjadi pilihan favorit ibu rumah tangga, selain harganya relatif murah, penyimpanannya pun tidak memakan tempat.

Baca juga : Merawat Dan Membersihkan Perabot Rumah Tangga

Tapi tahukah anda, kalau dipasaran ada beberapa macam jenis sapu yang dijual, dan tentunya masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda ? Untuk lebih mengenal jenis sapu dan fungsi dari sapu tersebut, berikut adalah penjelasannya :

1. Sapu Ijuk.
Sapu ijuk adalah sapu yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Selain mudah mendapatkannya, harganya pun relatif murah. Dengan bahan baku ijuk, tentunya sapu ini lebih lentur dan mempunyai ketahanan yang lama/awet. Bahan baku ijuk sendiri didapat dari pohon aren. Fungsi dari sapu ijuk adalah sangat cocok digunakan untuk membersihkan lantai dalam rumah dan teras.

Baca juga : Memilih Dan Merawat Peralatan Dapur

2. Sapu Lidi.
Sapu lidi terdiri dari dua macam, yaitu sapu lidi kasur dan sapu lidi halaman rumah. Yang membedakan keduanya adalah jenis lidi yang dipakai dan gagang pegangannya. Untuk sapu lidi kasur, lidanya halus dan gagang pegangannya pendek. Fungsi sapu lidi kasur adalah untuk menyapu material yang bersifat datar, seperti kasur. Sementara sapu lidi halaman rumah, memiliki lidi yang lebih tebal dan jumlah lidi yang lebih banyak dengan gagang pegangannya lebih panjang. Fungsi dari sapu lidi halaman rumah adalah digunakan untuk menyapu bagian luar ruangan yang materialnya bersifat kasar.


Baca juga : Merawat Kompor Dan Tabung Gas

3. Sapu Plastik.
Sapu plastik terbuat dari ijuk sintetis. Fungsi dari sapu plastik adalah untuk membersihkan lantai, sebagai pengganti dari sapu ijuk, karena sapu plastik sangat mudah di dapat, selain itu sapu plastik juga sangat cocok untuk membersihkan karpet. Kelebihan dari sapu plastik adalah sangat mudah dibersihkan dari kotoran yang melekat di sapu.

Baca juga : Merawat Peralatan Rumah Tangga

4. Sapu Jerami.
Sapu jerami saat ini sudah sangat sulit ditemukan dan jarang digunakan di Indonesia. Sapu ini terbuat dari jerami. Fungsi dari sapu jerami adalah untuk membersihakn material yang agak kasar, seperti lantai yang terbuat dari kayu.

Demikian itu jenis dan fungsi dari sapu. Silahkan anda memilih dan menggunakan sesuai dengan fungsinya.